Pertemanan di kantor seringkali penuh misteri. Boleh berkawan dengan siapa saja tapi tetap perhatikan batasan-batasannya.
Tidak bisa kita pungkiri, kantor, selain bekerja kita pasti akan menemukan juga yang namanya rekan kerja,teman kantor bahkan sahabat di kantor. Ketiganya kata orang mempunyai perbedaan.
Rekan kantor lebih kepada teman kantor dalam urusan pekerjaan-pekerjaan rutin ataupun tidak rutin di kantor. Intinya hubungannya hanya sebatas pekerjaan saja dan tidak ada hubungan di luar pekerjaan.
Nah teman kantor lain lagi.Biasanya selain urusan pekerjaan, teman ini bisa juga di luar urusan jam kerja. Misalnya teman nongkrong bareng, teman nonton bioskop bareng dan aktivitas lainnya di luar jam pekerjaan. Biasanya lagi, teman kantor yang mengikuti kegiatan setelah jam kerja, tidak cuma 1-2 orang tapi beberapa yang punya minat dan niatan yang sama untuk sekedar melepas lelah usai bekerja.
Tidak jarang, sesama teman kantor ini juga mengadakan perjumpaan lagi di kala weekend atau hari libur. Entah bentuknya piknik bersama keluarga atau sekedar mengadakan arisan bersama dari rumah ke rumah. Kalau sudah berkeluarga, bisa jadi arisannya melibatkan keluarga juga.Â
Sahabat di kantor bisa lebih dari teman biasa. Tempat berkeluh kesah khususnya soal pekerjaan bahkan kadang-kadang saling tahu sama tahu urusan yang lebih pribadi. Kadang jadi teman makan siang yang menyenangkan juga.
Tak jarang juga saling tolong menolong, baik urusan pekerjaan sampai urusan di luar pekerjaan. Termasuk, bisa jadi saling meminjamkan uang di kala yang satu dalam kesulitan. Tentu ada unsur kepercayaan di dalamnya sehingga tidak menunggak dan memutus silaturahmi hehe.
Namun tulisan ini, kita fokus dengan pertemanan di kantor saja. Jadi mereka yang disebut teman ini, bukan sekedar rekan saja tapi juga tak masuk dalam kategori sahabat di kantor. Posisinya biasa-biasa saja dalam pertemanan
Ada 5 hal prinsip pertemanan di kantor yang wajib disadari siapapun yang aktivitas sehari-harinya di kantor :
*Â Jaga hubungan baik dalam pertemanan
Namanya juga pertemanan, wajib banget dijaga hubungan baik.Apalagi hubungan pertemanan dalam dunia kerja dan hampir tiap hari bertemu kan?Â
Tetap tidak saling menyinggung perasaan atau menyakiti dan berprilaku baik. Sesekali membahagiakan teman kantor juga boleh,misalnya membawakan oleh-oleh atau makanan buat dimakan bersama di kantor.Â
* Saling support dan menguatkan kerjasama tim
Dalam satu kantornya artinya berada dalam satu tim. tentu apapun jenis pertemanan, tentu harus saling support dan sedapat mungkin bekerja sama dengan baik. Apalagi dalam satu tim, atau satu proyek pekerjaan.
*Dilarang menggosip soal teman kantor apalagi soal bos
Ini yang seringkali terjadi. Terutama di jam-jam tertentu. Contohnya jam makan siang, dimana ada keleluasaan waktu untuk berbincang agak panjang dengan teman kantor. Sedapat mungkin hindari obrolan soal kejelekan teman kantor dan bos.Walau kadang memang sangat menjengkelkan.Â
* Terbuka dan antusias terhadap saran kritik
Kadang ada saja teman kantor yang suka mengkritik, mulai kinerja sampai yang nggak ada hubungan dengan pekerjaan kantor. Sedapat mungkin hargai pendapatnya.
*Tetap jadi diri sendiri
Ini hal terpenting dari pertemanan di kantor. Walau kantor dan lingkungan kadang sangat berpengaruh dengan kehidupan kita ,usahakan tetap menjadi diri sendiri. Simpelnya, kita tak harus selalu sama dengan teman kantor dalam gaya hidup atau perilaku lainnya.
Misalnya tidak harus selalu ikut acara nongkrong selepas jam kerja. Kalau sesekali tidak apa-apa.Mungkin kita punya kepentingan dan pertimbangan lain mengapa tak perlu ikutan menghabiskan terlalu banyak waktu di luar jam kerja bersama teman-teman kantor, misalnya karena ada keluarga yang menanti di rumah.Â
Demikian 5 prinsip pertemanan dasar yang harus kit sadari ketika berada di lingkungan kerja.
Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H