Tugas 1
1. Peristiwa Positif dan Negatif yang saya tuliskan disana
Peristiwa Positif
Ketika saya berumur 14 tahun waktu itu saya duduk dikelas 2 SMP, tidak diduga kalua saya bisa terpilih menjadi tim Basket dari sekian teman yang mengikkuti penyeleksian dan akhirnya saya salah satu diantara teman-teman yang bisa lulus untuk ikut bergabung dalam tim basket inti di sekolah kami, puji Syukur yang tak terhingga karena harapan dan kesungguhan saya berlatih sebelumnya dapat membawa saya terpilih dan bisa bergabung dalam tim basket andalan dari sekolah
Peristiwa Negatif
       Ketika saya berumur 10 tahun saya masih duduk di kelas 4 sekolah dasar, Bersama tiga teman saya bermain ditempat yang sangat jauh karena menempuh jarak kurang lebih 2 KM, Ketika itu saya bermain Bersama teman dengan mengajak adik saya masih berumur kelas 2 SD tanpa berpamitan dengan orangtua km ber lima pergi main menuju temapat baru yaitu lokasi yang mau dibuat Pemerintah tempat rekreasi yang bangunannya mungkin masih 70% tapi kami berani bermain disana, sesampai disana kami melihat danau buatan yang kami tidak tahu kalua dilarang mandi dan bermain disana karna tidak ada orang dewasa atau penunggunya dikala itu kami tetap masuk dan bermain dalam danau itu, sekejam mata terdengar ada teman saya berteriak kalua adik saya tenggelam, dengan perasaan cemas,takut dan tidak tahu harus berbuat apa melihat kejadian itu, karena ada teriakan orang sekitar menghampiri dan membantu kami. Kejadian itu tidak bisa saya lupakan yang sempat membuat saya tidak pearcaya diri beberapa tahun karena kelalaian dan keanakalan saya diwaktu itu untungnya kedua orangtua cepat memahami keadaan kami yang masih kecil, besar rasa ingin tahu sesuatu dan orangtua menyadari hal yang sudah terjadi akibat kecelakaan
2. Orang-orang terlibat di dalam masing-masing peristiwa :
Dalam peristiwa positif tersebut adalah saya, teman- teman yang tearpilih dan pelatih atau pendamping
Dalam Peristiwa Negatif adalah saya, adik, 3 teman saya  ( eva, Sulastri, santi), penjaga taman
3. Dampak emosi yang saya rasakan hingga sekarang (menggunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan saya di masa
  itu adalah tuk danpak emosi positif ada perasaan bangkit, percaya, senang dan gembira
  Untuk danpak emosi negative ada penyesalan, sedih dan duka
4. Momen yang terjadi dimasa sekolah masih dapat ssaya rasakan dan masih dapat mempengaruhi diri saya sampai saat ini karena tidak bisa dipungkiri itu semua menjadi
Pelajaran dan pengalaman yang berharga bagi saya, peristiwa positif menjadikan motivasi saya untuk lebih bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu jika ingin
mencapai kesuksesan sebaliknya peristiwa negative membuat saya leabih hati-hati untuk melangkah lebih jauh dan dalam bertindak
5. Pelajaran hidup yang saya peroleh dari kegiatan trapezium usia adalah  usia dan roda emosi terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik adalah
   a. pembelajar bagi saya selalu memberi ekspresiasi dan dukungan penuh terhadap siswa yang berprestasi sehingga memberikan kekuatan pada diri peserta didik untuk dapat
     meningkatkan prestasinya
   b. saya harus dapat mengontrol emosi saya dan bersikap professional menghadapi pekerjaan dan masalah pribadi saya
6. Nilai-nilai yang saya yakini sebagai guru dalam kalimat menggunakan kata " guru, belajar, makna dan peran " adalah " saya sebagai guru harus berinovasi membuat pembelajaran yang menyenangkan sehingga belajar siswa menjadi lebih bermakna
Tugas 2
Nilai-nilai dan Peran guru penggerak bagi saya :
- Nilai-nilai yang dapat membantu dan mengajak serta berkaloborasi untuk suatu komunitas, dalam menggerakan murid dan dan rekan guru. Saya harus mampu memberi suri tauladan pada siapa saja terlebih pada peserta didik dari sikap, dan semua aspek untuk suatu perubahan yang lebih baik. Dengan demikian sebagai guru penggerak peran saya harus lebih besar berinspirasi, berkaloborasi dan menciptakan komunikasi yang baik terhadap semua warga sekolah dan Masyarakat
- Peran saya selama ini dalam menggerakan murid rekan guru dan kumunitas sekolah adalah saya menunjukkan menjadi guru harus terus banyak belajar, tidak banyak menuntut, berani memberi pelayanan kepada murid sebesar-besarnya, menjadi teman belajar di dalam maupun di luar kelas dan berusaha membangun kepercayaan siswa, rekan guru dan semua warga sekolah untuk membangun kemajuan serta perkembangan sekolah dengan segala Upaya dan usaha demi mencerdaskan murid dan menempatkan murid sebagai manusia yang mendapatkan keselamatan serta kebahagiaannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H