Mohon tunggu...
Endro Satriyo Wicaksono
Endro Satriyo Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IAIN Kendari

Saya adalah seorang mahasiswa aktif IAIN KENDARI yang menekuni marketing dan pengiklanan, hobi saya membaca dan dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Jasa dan Produk

23 Maret 2024   22:43 Diperbarui: 23 Maret 2024   22:55 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Apa Perbedaan Strategi Pemasaran Jasa dan Produk ?

Strategi pemasaran jasa dan produk tidaklah jauh berbeda, namun terdapat point-point yang membedakan antara keduanya. Hal yang paling mendasar yang membedakan adalah bentuk fisik, seperti yang kita ketahui bahwa jasa bersifat nonmaterial sehingga dalam meyakinkan konsumen terdapat perpedaan dalam strategi pemasaranya. Secara lebih rinci akan dijelaskan sebagai berikut.

1.strategi pemasaran jasa

Strategi pemasaran jasa memiliki perbedaan yang cukup subtansial jika dibandingkan dengan strategi pemasaran produk yang fisiknya Nampak. Seperti yang kita ketahui bahwa pemasaran jasa yang bersifat nonmaterial akan berdampak pada pola strategi yang akan digunakan. Dalam pemasaran jasa, kemampuan untuk meyakinkan melalui kata-kata sangat menjadi krusial terkadang  tergantung pada kesaksian konsumen yang telah menggunakan jasa alias mouth to mouth. Dalam pemasaran terdapat tiga jenis variasi pemasaran jasa yang berkembang:

A.Bisnis ke konsumen (B2C)

Merupakan pemberian layanan dari perusahaan langsung ke konsumen akhir. Contohnya perusahaan telekomunikasi, industry, perhotelan, dan juga jasa perbaikan.

B.Bisnis ke Bisnis (B2B)

Merupakan pelayanan perusahaan sebagai pemasok untuk perusahaan lain. Perusahaan ini meliputi layanan keuangan, tekonologi, media, dan lain sebagainya.

C.Layanan Pasca Pembelian

Jenis pemasaran layanan ini dilaksanakan setelah konsumen melakukan pembelian. Perusahaan ini mencakup layanan garansi dan asuransi.

Adapun strategi umum dalam pemasaran jasa terdapat terdapat sepuluh  point yakni:

1. Segmentasi Pasar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun