Mohon tunggu...
Endro Satriyo Wicaksono
Endro Satriyo Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IAIN Kendari

Saya adalah seorang mahasiswa aktif IAIN KENDARI yang menekuni marketing dan pengiklanan, hobi saya membaca dan dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran Konsep dan Ruang Lingkup

23 Maret 2024   20:41 Diperbarui: 23 Maret 2024   20:43 355
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. Pentingnya pemasaran

Pemasaran merupakan hal yang fundamental dalam dunia bisnis, mengingat bahwa peranan pemasaran sebagai media promosi barang ataupun jasa yang yang ditawarkan sehingga sampai kepada konsumen.

Dalam dunia bisnis, setidaknya ada tiga hal penting yang harus diperhatikan yakni produksi, pemasaran, dan distribusi. Pemasaran adalah sumber informasi bagi para konsumen sebagai penarik minat terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Terkadang, barang dan jasa dengan kualitas yang baik akan kalah saing dengan kompetitor yang memiliki pemasaran yang baik, mengingat di-era digitalisasi publikasi terhadap produk akan sangat mempengaruhi penjualan.

 Sekarang di-era berkembangnya pengetahuan pemasaran juga dapat di-aplikasikan bukan hanya dalam dunia bisnis, ada banyak bidang yang membutuhkan pemasaran Contohnya institusi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

2. Ruang lingkup pemasaran

 Pemasaran adalah segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan identifikasi kebutuhan konsumen, distrubusi, promosi, penetapan harga produk serta pelayanan kebutuhan konsumen.

Dulunya pemasaran hanya dipakai di bidang bisnis saja, namun kini sudah banyak bidang yang membutuhkan konsep pemasaran. Contohnya institusi pendidikan, dan organisasi kemasyarakatan sebagai penyebar informasi  dan citra kelembagaan sebagai daya tarik bagi masyarakat umum.

Pemasaran memiliki beberapa ruang lingkup. Secara spesifik terdapat lima ruang lingkup pemasaran yakni:

A. Organisasi 

Pemasaran dipakai untuk meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Organisasi bertugas untuk merancang kegiatan perusahaan agar berjalan dengan baik. Selain itu, organisasi juga bertanggung jawab pada perancangan produk, riset pemasaran, promosi dan distribusi.

B. Pasar

Pasar bisa diartikan sebagai target utama pemasaran produk atau tempat penjualan dilakukan. Misalnya pangsa pasar produk makanan Korea lebih ditujukan ke penyuka Korea. Contoh lainnya mall dijadikan tempat untuk memasarkan dan jual beli produk perusahaan.

C. Produk 

Artinya produk yang akan dipasarkan dan dijual ke publik. Sebelumnya, produk harus melalui serangkaian tahapan, seperti tahap perencanaan, penentuan target pasar, produksi dan distribusi.

D. Penentuan harga 

Sebelum produk dipasarkan, perusahaan haruslah menentukan harga yang sesuai. Biasanya dalam menentukan harga, perusahaan akan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Misalnya jika target pasarnya mahasiswa, berarti harganya harus tergolong murah.

E. Promosi 

Promosi merupakan cara efektif untuk menawarkan dan memasarkan produk perusahaan supaya laris. Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan brosur, memasang iklan di media sosial atau lainnya.

3. Konsep-konsep pemasaran

 Konsep pemasaran adalah konsep yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk memaksimalkan keuntungan dan efesiensi dalam prosesnya. Dasar utama dalam konsep pemasaran adalah dengan memahami kemauan konsumen sebagai tolak ukur dalam metode pemasaran. Dalam konsep pemasaran selalu menimbang simbiosis mutualisme antara produsen dan konsumen sehingga terjadi kesepakatan yang tidak merugikan kedua belah pihak, dilain sis produsen mendapatkan ke- untungan dan konsumen mendapatkan kepuasan terhadap penawaran. Dalam menimbang metode apa yang akan diambil, produsen selalu memperhatikan tiga hal yakni:

A. Kebutuhan (needs) 

 yaitu sesuatu yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan. Contohnya seperti makanan, tempat tinggal, dan keamanan.

B. Keinginan (wants)

yaitu sesuatu yang diinginkan dalam kehidupan manusia yang tidak berpengaruh dalam kebutuhan untuk mempertahankan hidup.

C. Permintaan (demands)

yaitu di saat kebutuhan dan keinginan disertai dengan kemampuan makan akan muncul tuntutan.

Dalam pemasaran terdapat lima konsep yang harus dipahami yakni:

A.  Konsep produksi 

Konsep ini memiliki asumsi bahwa konsumen akan menyukai produk yang memiliki harga murah dan tersedia dalam jumlah yang banyak. Konsep ini akan membuat bisnis untuk fokus terhadap proses produksi dan juga distribusi.

Kelebihan dari konsep ini adalah harga yang murah sehingga mampu menarik banyak pelanggan. Namun, kekurangan dari konsep ini adalah kualitas produk yang cenderung rendah karena sangat mengedepankan sisi kuantitatif. Contohnya pabrik pakaian yang memberikan harga murah untuk produknya namun mengorbankan kualitasnya sehingga target pemasaran dari produk ini adalah kalangan yang lebih memilih harga yang murah meskipun kualitasnya tak sebanding dengan produk yang lain.

B. Konsep produk 

Konsep produk merupakan konsep dengan asumsi bahwa konsumen akan menyukai produk yang berkualitas, berguna, dan memiliki fitur yang bermanfaat. Konsep ini perlu fokus terhadap kualitas produk dan memenuhi permintaan konsumen.

Pada konsep produk, terdapat kelebihan yaitu kualitas produk yang tinggi sehingga akan memberikan kepuasan terhadap sejumlah konsumen. Namun, kekurangan dari konsep produk adalah harganya yang relatif mahal sehingga tidak mampu dijangkau oleh beberapa kalangan.

Kebalikan dari konsep produksi, konsep ini menekankan dalam segi kualitas sehingga target pemasaran dari konsep ini adalah kalangan keatas yang suka terhadap kepuasan barang yang berkualitas.

C. Konsep penjualan 

Konsep ini adalah konsep yang memfokuskan kepada melakukan penjualan dan promosi dalam skala besar. Konsep ini mengharuskan pelaku bisnis untuk memikirkan cara promosi terbaik dalam rangka menarik konsumen.

Konsep ini memiliki kelebihan terhadap penjualan yang tinggi jika mampu menemukan strategi promosi yang tepat. Namun, jika pelaku bisnis gagal melakukan promosi maka penjualan akan menurun sehingga menurunkan keuntungan, bahkan kerugian.

D. Konsep pemasaran 

Konsep ini adalah konsep yang akan menempatkan konsumen sebagai fokus utama mereka. Perusahaan yang menggunakan konsep ini percaya bahwa dengan berfokus kepada kebutuhan dan keinginan target market maka perusahaan bisa memberikan value yang lebih baik daripada kompetitornya.

Beberapa cara yang bisa digunakan dalam konsep pemasaran adalah content marketing, iklan, atau social media marketing. Konsep ini memiliki kelebihan bahwa perusahaan akan memahami konsumen, sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup tinggi.

E. Konsep pemasaran sosial 

Konsep pemasaran sosial adalah konsep pemasaran yang bisa mendatangkan keuntungan sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, konsep ini mengedepankan keseimbangan alam.

Kelebihan dari konsep ini adalah meningkatkan kesetiaan pelanggan karena mampu menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Namun, segmentasi pasarnya lebih terbatas karena hanya konsumen yang memiliki kepedulian terhadap isu sosial saja yang akan menggunakan produk tersebut.

4. Perubahan manajemen pemasaran

 Mengingat bahwa di setiap masa dan waktu akan selalu terjadi perubahan dan ini juga berlaku pada manajemen pemasaran. Terjadinya perubahan metode yang disebabkan oleh perubahan zaman menuntut pelaku manajemen pemasaran harus mengubah metode dalam pelaksanaannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan manajemen pemasaran

A. Teknologi

Hal yang mempengaruhi perubahan manajemen pemasaran adalah teknologi. Dulu pemasaran banyak dilakukan lewat media cetak seperti koran,brosur dan majalah. Sekarang seiring berkembangnya zaman manajemen pemasaran mulai memasuki dunia maya sehingga terjadi perubahan besar-besaran dalam pemasaran.

B. Trend

Selanjutnya adalah trend, memasuki zaman yang bergerak didunia maya (sosial media) contohnya Instagram, Facebook, tik tok dll maka para pelaku manajemen pemasaran juga beralih kepada media sosial mengejar trend yang ada.

C. Krisis

Krisisjuga dapat merubah manajemen pemasaran. Perubahan perilaku konsumen selama masa krisis juga mempengaruhi cara dan metode dalam pemasaran contohnya selama masa covid 19 semua pekerjaan dilakukan secara online.

D. Perubahan kebiasaan atau gaya hidup

Adanya perubahan masyarakat terhadap pola hidup yang  dimana penggunaan gadget secara berlebihan menyebabkan para pelaku pemasaran merubah pola pemasaran mereka dengan mengoptimalkan penggunaan internet.

E. Pendatang baru

Dengan adanya pendatang baru akan memicu kreativitas dan inovasi baru kompetitor sehingga terjadi perubahan strategi pemasaran.

5. Hal yang diperlukan untuk mensukseskan manajemen pemasaran

Hal yang diperlukan untuk mensukseskan manajemen pemasaran:

A. Memperhatikan produk

Sebagai konsumen pasti akan memilih produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai.

B. Memperhatikan kemauan konsumen 

Ingat untuk selalu memperhatikan kemauan konsumen, apa yang mereka inginkan dan butuhkan

C. Mengukur kemampuan konsumen

Jika memilih target menengah kebawah maka selalu ingat dengan produk yang sesuai dengan budget mereka. Namun, apabila targetnya adalah kalangan atas maka penuhilah sesuai dengan kriteria kualitas mereka dan tentunya seimbang sesuai harga.

D. Melihat trend yang ada

Seorang pebisnis dan pelaku pemasaran harus selalu memperhatikan trend yang ada agar tidak tertinggal oleh kompetitor yang lain.

E. Selalu siap dengan perubahan

Seperti yang kita tahu, pasti selalu ada perubahan disetiap masa sehingga kita harus selalu siap akan perubahan-perusahaan yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun