Assalamualaikum.WR.WB,
Tergerak bergerak dan menggerakan, saya Endik Kuswantoro, S.Kom calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SMKN 1 Trenggalek Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan guru penggerak dari materi modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Jurnal Dwi Mingguan ini saya tulis memnggambarkan refleksi saya setelah mempelajari modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah mempelajari modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai calon guru penggerak. Saya akan menuliskan pengalaman dan yang dirasakan selama mempelajari modul 1.3 dalam artikel ini. kegiatan yang saya pelajari dalam modul 1.3 saya merefleksikan dengan model 4F yang di prakarsai oleh Dr.Roger Greenaway diantaranya yaitu :
1. Facts ( Peristiwa)
Pada Modul ini calon guru penggerak diarahkan  untuk merumuskan visi guru penggerak  yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Mempelajari bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif yaitu Inkuiri apresiatif dengan menggunakan tahapan BAGJA (B-uat pertanyaan,A-mbil Pelajaran,G-ali mimpi,J-abarkan rencana,A-tur eksekusi). Pada minggu ke 3 bulan november yaitu tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri.Â
Pada bagian ini diarahkan menggambarkan Imajiku tentang murid di masa depan, kemudian membuat satu gambar mengenai murid yang didambakan 5-10 tahun mendatang, setelah itu menyusun kalimat rumpang dengan sungguh -- sungguh sepenuh hati yang kemudian dari kalimat tersebut disusun VISI guru penggerak dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing -- masing yang sesuai dengan profil pelajar pancasila.Â
Pada bagian ini intinya adalah memahami pentingnya visi guru penggerak yang berpihak pada  murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan ,memahami bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dengan menggunakan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran,Gali mimpi,Jabarkan rencana, Atur eksekusi. Pada tanggal 23 November 2022 ada kegiatan pendampingan individu yang pertama oleh pengajar praktis (PP) yaitu Ibu DR. Dhina Lupikasari, M.Pd.Berlangkung pukul 09.00-11.30 WIB, dalam pendampingan tersebut calon guru penggerak di beri arahan , masukan serta motivasi untuk kemajuan calon guru penggerak dalam penerapan di sekolah. Pada tanggal 25 November 2022 saya melaksanakan gmeet dalam ruang kolaborasi dengan fasilitator yaitu Suyatno,S.Pd.,M.Pd tentang visi guru penggerak dengan menggunakan kanvas BAGJA, dalam diskusi kami dibagi tiga kelompok ,kebetulan saya sekelompok dengan Ibu lilik, Ibu Siti Nur, Ibu Alif, dan Ibu Chandra. Hasil diskusi kami dipresentasikan  pada tanggal 26 November 2022. Diskusi sangat mengasyikan karena terjadi perbadaan pendapat dan saling menambah ilmu pengetahuan tentang alur BAGJA.
Kemudian tgl 27 Desember dilaksanakan Lokakarya 1 bertempat di SMPN 4 Trenggalek yang diisi oleh pengajar praktik mendiskusikan mengenai membangun, menumbuhkan, dan merawat komunitas belajar, materi yang disampaikan sangat menarik ada game ice breaking yang dapat mencairkan suasana belajar dengan rekan pengajar praktik maupun rekan calon guru penggerak lain dari berbagai tingkatan sekolah.
Kemudian pada tanggal 28-29 november2022 mempelajari demontrasi kontektual. pada tanggal 2 desember 2022 kita masuk keruang elaborasi pemahan dimana semua calon guru penggerak masuk melalui room yang telah disediakan dan sesuai  dengan jadwal pada kesempatan ini kita memahamibagaimana kita membuat visi yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, menentukan prakarsa perubahan membuat kanvas BAGJA untuk renccana perubahan yang sesuai dengan inkuiri apersiatif.
2. Feelings(Perasaan)