Kasus penahanan Supriyani, seorang guru honorer di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, karena menegur dan diduga melakukan kekerasan fisik terhadap murid, telah menimbulkan kontroversi di masyarakat dan memicu protes dari kalangan guru. Kasus ini membuka kembali perdebatan mengenai hak-hak dan tanggung jawab guru dalam mendidik siswa, serta batasan-batasan yang harus dipatuhi dalam mendisiplinkan anak di lingkungan sekolah.
Hak Guru dalam Mendisiplinkan Siswa
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, terutama Pasal 39 dan 40, menjelaskan bahwa guru memiliki kewenangan untuk mendisiplinkan siswa yang melanggar norma, baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Teguran atau hukuman yang diberikan oleh guru diharapkan bersifat mendidik, dengan memperhatikan kaidah pendidikan yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan siswa belajar untuk bertanggung jawab terhadap perilaku mereka.
Namun, penting untuk diingat bahwa sanksi yang diberikan oleh guru harus berada dalam batas-batas yang wajar dan sesuai dengan kode etik pendidikan. Guru tidak boleh menggunakan kekerasan fisik sebagai alat untuk mendisiplinkan siswa, karena hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak dan bertentangan dengan prinsip-prinsip pendidikan yang seharusnya menumbuhkan rasa aman dan nyaman di sekolah.
Perlindungan Hukum bagi Guru
Pasal 40 dan 41 dari PP No. 74 Tahun 2008 juga memberikan perlindungan kepada guru dalam menjalankan tugasnya. Guru berhak mendapatkan perlindungan hukum dari tindakan kekerasan, intimidasi, atau perlakuan diskriminatif dari peserta didik maupun orang tua. Hal ini sangat penting mengingat profesi guru memiliki risiko dalam menghadapi berbagai tantangan dari pihak-pihak yang mungkin tidak puas dengan metode pendidikan yang diterapkan.
Dalam kasus Supriyani, isu utama adalah dugaan kekerasan fisik yang dilakukannya terhadap siswa. Jika benar terjadi kekerasan, maka tindakan tersebut jelas melanggar batas kewenangan seorang guru. Namun, proses hukum harus memastikan bahwa semua fakta diungkap secara adil, dan hak-hak Supriyani sebagai seorang guru juga dilindungi. Mediasi yang telah dilakukan sebanyak empat kali tanpa hasil menunjukkan betapa rumitnya kasus ini. Penting bagi pihak berwenang untuk memeriksa kasus ini secara objektif, mengutamakan kebenaran, serta memastikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak.
Yurisdiksi Mahkamah Agung: Guru Tidak Bisa Dipidana Karena Mendisiplinkan Siswa
Mengacu pada yurisprudensi Mahkamah Agung yang menyatakan bahwa guru tidak bisa dipidana karena mendisiplinkan siswa, ini menjadi salah satu pertimbangan penting dalam menilai kasus Supriyani. Jika teguran yang diberikan bersifat mendidik dan tidak melanggar kode etik, maka tindakan guru seharusnya tidak dikenakan pidana. Namun, jika ada elemen kekerasan fisik, hal ini perlu dikaji lebih lanjut untuk memastikan apakah benar tindakan tersebut merupakan bagian dari upaya mendisiplinkan siswa atau merupakan penyalahgunaan wewenang.
Tantangan yang Dihadapi Guru Honorer
Kasus ini juga menyoroti kondisi guru honorer di Indonesia, termasuk Supriyani yang telah bekerja selama 16 tahun dengan status honorer. Guru honorer seringkali berada dalam posisi yang rentan, baik dari segi kesejahteraan maupun perlindungan hukum. Mereka tidak jarang harus menghadapi tekanan dari pihak-pihak eksternal, termasuk orang tua siswa yang berpengaruh, seperti yang terjadi dalam kasus ini. Hal ini menambah urgensi untuk memberikan perlindungan lebih kepada guru honorer, baik dalam bentuk jaminan hukum maupun peningkatan status kepegawaian mereka.
Solusi dan Langkah ke Depan
Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, harus memastikan bahwa guru memiliki ruang gerak yang cukup untuk mendidik dan mendisiplinkan siswa tanpa rasa takut akan konsekuensi hukum yang tidak adil. Namun, di sisi lain, pemerintah juga harus memberikan pemahaman kepada para guru mengenai batasan-batasan dalam memberikan sanksi kepada siswa agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.
Kasus Supriyani ini diharapkan dapat menjadi pelajaran penting bagi semua pihak, baik guru, orang tua, maupun pihak berwenang, untuk menjaga keseimbangan antara hak mendisiplinkan siswa dengan kewajiban menjaga keselamatan dan kesejahteraan mereka. Dengan demikian, pendidikan yang berkualitas dapat tercipta di Indonesia, di mana guru dan siswa sama-sama terlindungi oleh hukum yang adil dan berkeadilan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H