PENDIDIKAN PANCASILA FASE E / KELAS X
INFORMASI UMUM
Identitas Modul
Penyusun                   : Endang Winarsih,S.Pd
Sekolah                     : SMK Manahijul Huda
Mapel                      : Pendidikan Pancasila
Fase/Kelas                   : E / X
Domain                     : Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
Alokasi Waktu               : 2 x 2 jp
Komponen Inti
Elemen
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
Indikator Capaian pembelajaran
Pertemuan I
Mengidentifikasi pengenalan norma dalam kehidupan sehari hari sdenagan     berlandaskan nilai ketuhanan yang maha esa (A2)
Menganalisis norma yang sesuai dan yang tidak sesuai  di masyrakat (C3)
Menyajikan norma-norma yang sesuai dan yang tidak sesuai yang ada di         masyarakat (P2)
Menampilkan sikap sesuai aturan norma-norma yang berlaku  dimasayarakat (A2)
Pertemuan II
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan norma dalam kehidupan seehari-hari (A2)
Menganalisis Upaya mempertahankan norma dalam kehidupan bermasyrakat (C4)
menyajikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma (P2)
menerapkan sikap norma yang sesuai di lingkungan keluarga, sekolah dan masyrakat (A2)
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Peserta didik mampu  menganalisis norma dan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat. (C4)
Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu mempresentasikan contoh contoh norma  yang ada di masyarakat (P2)
Melalui metode example and non example peserfta didik mampu membandingkan norma yang sesuai dan tidak sesuai di masyarakat (C5)
Peserta didik mampu menerapkan norma yang sesuai dalam kehidupan sehari-hari (A1)
Pertemuan II
Peserta didik Mampu Menganalisis upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-hari (C4)
Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu menggali informasi (C3) tentang contoh-contoh upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-har
Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu menyajikan contoh upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-har (P2)
Setelah adanya pembelajaran diharapkan peserta didik mampu menerapkan upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-har (C2)
Konsep Utama
Pertemuan I
Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
Pertemuan II
Upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-hari
Kompetensi Awal
Pertemuan I
Pengetahuan awal
Pengetahuan awal peserta didik tentang norma dan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat .
Keterampilan awalÂ
Peserta didik memiliki keterampilan tentang penerapan norma dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat
Pertemuan II
Pengetahuan Awal
Peserta didik Mampu menganalisis upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-hari
Ketrampilan awal
Peserta didik Mampu menerapkan  upaya mengembangkan  sikap patuh pada  norma kehidupan sehari-hari
Â
Profil Pelajar Pancasila
bergotong royong, kreatif, dan bernalar kritis.
Pemahaman Bermakna
Pertemuan I
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan analisis norma dan memahami norma yang sesuai dan tidak sesuai yang ada di masyarakat serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat.
Pertemuan II
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan  Upaya Mengembankan sikap Patuh terhadap norma dalam kehidupan sehari hari serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat
Pertanyaan Pemantik
Pertemuan I
Apakah akibatnya jika dalam suatu masyrakat tidak ada norma
Pertemuan II
apakah masyarakat sekarang tingkah lakunya masih sesuai dengan tatanan norma"
Target Peserta didik
Peserta didik reguler/tipikal            : 30 orang
Peserta didik dengan kesulitan belajar    : 3 orang            Â
Peserta didik dengan pencapaian tinggi   : 27 orang
Model Pembelajaran
Pertemuan I
problem based learning dengan berbantuan  example non example dengan metode ceramah dan diskusi
Pertemuan II
problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi
Sarana Prasarana
Sarana          : Laptop/HP, Google form,  Youtube.,proyektorÂ
Prasarana       : LKPD, alat tulis, buku, pulpen, jaringan internet, bahan tayang,papan tulis
Â
Kegiatan Pembelajaran
Pertamuan I
Â
 Â
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengawali
Pembelajaran
Peserta didik dan guru memulai pembelajaran dengan berdoa bersama
Guru menyapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran peserta didik
Peserta didik bersama dengan guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai kepada peserta didik
Asesmen Diagnostik
- Guru menanyakakan keadaan peserta didik dan memeriksa kesiapan kelas sebelum pembelajaran dimaualai dari kondisi kebersihan kelas samapi kondisi Kesehatan sisswa
- Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menstimulus siswa "Apakah akibatnya jika dalam suatu masyrakat tidak ada norma"
Kegiatan Inti
Kegiatan 1 Orientasi peserta didik kepada masalah
Guru memotivasi peserta didik dengan cara menyampaikan konsep norma dan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat
Guru memberikan masalah pada LKPD 1 kepada peserta didik, dan memberikan penjelasan umum tentang masalah-masalah yang terdapat pada LKPD 1
Assesmen formatif
Guru memberikan penialain formatif kepada peerta didik, dengan melihat sikap siswa selama preses menerima pembelajaran, dan penialain ketrampilan dalam meaparkan hasil laporan
Kegiatan 2 Mengorganisasikan peserta didik
Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. Anggota kelompok dipilih dengan memperhatikan sebaran kemampuan (heterogen)
Guru menjelaskan cara kerja dalam kelompok belajar, yaitu membaca sumber belajar yang diperlukan secara individu (namun dalam situasi kerja kelompok), dilanjutkan dengan berdiskusi untuk menyelesaikan
masalah dan menyiapkan laporan hasilnya
Kegiatan 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Peserta didik berdiskusi mengidentifikasi data-data kunci dalam permasalahan dan merumuskan apa yang hendak diselidiki  dan dihasilkan dengan dibimbing guru
Peserta didik  memilih   strategi   yang   digunakan   dalam menyelesaikan masalah dengan dibimbing guru.
Peserta didik melaksanakan strategi penyelidikan yang dipilih  dalam rangka menyelesaikan masalah
Peserta didik mengecek kesesuaian dan  kecukupan hasil
penyelesaian masalah dengan tuntutan permasalahan.
Kegiatan 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Peserta didik merumuskan jawaban masalah pada lembar jawaban dan juga pada kertas plano untuk dipaparkan kepada peserta didik lain
Peserta didik menyampaikan hasil penyelesaian permasalahan dan memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi dan memberi pendapat terhadap
Presentasinya
Kegiatan 5 Menganalisa dan mengevaluasi proses    pemecahan masalah
Guru memberikan penguatan hasil diskusi dan penguatan  pemahaman materi untuk peserta didik
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran dari awal sampai akhir
Guru memberikan assesmen sumatif kepada siswa melalui google form https://forms.gle/ruqnB68Uij2PTRzJ6
Kegiatan Penutup
Refleksi
- Guru bersama peserta didik baik secara individual   maupun kelompok         melakukan     refleksi     hasil
Pembelajaran melaui pertanyaan
Bagaimana pembelajaran yang sudah kita lakukan?
Apakah kalian senang dengan cara pembelajaran yang sudah kita lakukan?
Penutup
Doa penutup
Diakhiri salam
Â
Pertamuan II
Â
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengawali
Pembelajaran
Peserta didik dan guru memulai pembelajaran dengan berdoa bersama
Guru menyapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran peserta didik
Peserta didik bersama dengan guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai kepada peserta didik
Asesmen Diagnostik
- Guru menanyakan keadaan siswa dari kondisi Kesehatan dan kesiapan belajar kondisi kebersihan kelas
- guru memberikan peserta didik pertanyaan pematik untuk menstimulus awal pembelajaran " apakah masyarakat sekarang tingkah lakunya masih sesuai dengan tatanan norma"
Kegiatan Inti
Kegiatan I
Stimulation (Stimulasi/ Pemberian rangsangan)
- Â Guru mereview Kembali materi sebelumnya yaitu nilai, dan macam macam norma
- Guru memotivasi peserta didik dengan cara menyampaikan norma yang sesuai dengan lingkungan sekitar dan hubungan antar norma yang saling terkait
Kegiatan II Problem statement (Identifikasi/ pernyataan masalah)
Guru membentuk kelompok heterogen
Guru menyampaikan masalah yang terdapat pada LKPD 2 kepada peserta didik.
Secara berkelompok  peserta didik  diminta  memahami  apa masalah yang ada di LKPD 2 tersebut dan bagaimana cara           penyelesaiannya.
Asesmen Formatif
Â
Guru melakukan asesmen formatif dengan melakukan pengamatan proses pembelajaran dapat dilihat dari sikap peserta didik dalam menerima pelajaran dan kemampuan siswa dalam keaktifan pembelajaran
Kegiatan III
Data collection
(pengumpulan data)
Secara berkelompok peserta didik berdiskusi mengerjakan  LKPD 2. Peserta didik dipersilahkan membaca atau mencari informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah pada LKPD 2, baik dari buku peserta didik, referensi lain, ataupun dari sumber di internet
Kegiatan IV
 -  Peserta didik berdiskusi bersama kelompoknya untuk
menyelesaikan masalah yang diberikan pada LKPD 2
Data processing
(pengolahan data)
dengan memamfaatkan berbagai informasi yang telah
diperoleh
Kegiatan V Verification (pembuktian)
- Â Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya temuan yang mereka peroleh berdasarkan penyelesaian masalah pada LKPD 2 dengan cara menerapkan temuan tersebut untuk
menyelesaikan masalah yang lain.
Peserta didik mempresentasikan hasil temuan permaslahan yang mereka peroleh dan kelompok lainnya menanggapi
Kegiatan VI Generalization (menarik kesimpulan/ generalisasi)
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan menegenai hubungan antar norma Â
Guru memberikan pengutan diskusi dan penguatan materi
Guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
Kegiatan Penutup
Refleksi
- Â Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun
kelompok melakukan refleksi hasil pembelajaran
Setelah mendapat pelajran hari ini apa manfaat yang kalian peroleh dari pembelajaran hari ini?
Apakah pembelajaran hari ini akan membawa dampak perunahan sikap kalian kedepannya?
Evaluasi
 Guru melakukan asesmen sumatif dengan memberikan soal yang terkait dengan konsep norma dan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam kedudukannya sebagai peserta didik maupun sebagai warga masyarakat melalui google form https://forms.gle/ruqnB68Uij2PTRzJ6
Penuup
Doa penutup
Diakhiri salam
Asesmen
- Asesmen diagnostik
Asesmen diagnostik non kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif dilakukan dengan cara tanya jawab dengan peserta didik. Beberapa informasi dan pertanyaan kunci yang ditanyakan sebagai berikut.
Asesmen diagnostik kognitif
- Tujuan pembelajaran yang dinilai
Pesera didik dapat melaksanakan penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa sekarang ini secara kritis dan kreatif
- Waktu pelaksanaan asesmen
- Saat pembelajaran akan dimulai
- Teknik asesmen
Teknik asesmen yang digunakan:
- Instrumen asesmen
- ASSESMENT FORMATIF
- Â Â Â Â Â Â Â Â Assessment formatif ini dilakukan pada saat inti pelajaran dimulai, penilaian formatif ini dilakukan melalui kegiatan diskusi kelompok dan penialaian mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok dengan rubrik assessment sebagai berikut :
RUBRIK ASESMEN PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK
INSTRUMEN PENILAIAN: PROSES DAN PRODUK
- Penilaian ketrampilan Penilaian proses diskusi Pedoman penilaian
N
o
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab (berargumentasi)
Memberi masukan/saran
Mengapresiasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Keterangan       : diisi dengan tanda cek (v)
Katerori penilaian : 4= sangat baik, 3=baik, 2=cukup, 1=kurang Nilai = Skor perolehan:16x100
Pedoman penskoran (rubrik)
No
Aspek
penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan Menjawab (berargumentasi)
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Memberi masukan/saran
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
4
Mengapresiasi
Skor 4, apabila selalu memberi pujian
Skor 3, apabila sering memberi pujian
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi pujian
Skor 1, apabila tidak pernah memberi pujian
- Penilaian proyek
Pedoman penilaian
No
Nama Peserta Didik
pengelolaan
relevansi
keaslian
kreativitas
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Keterangan       : diisi dengan tanda cek (v)
Katerori penilaian  : 4= sangat baik, 3=baik, 2=cukup, 1=kurang Nilai = Skor perolehan:16x100
- Pedoman penskoran (rubrik)
No
Aspek
penskoran
1
Pengelolaan
Ketentuan
mengelola waktu dengan baik mencari informasi dengan baik penulisan laporan denagn baik
Skor 4, apabila memuat tiga ketentuan
Skor 3, apabila memuat dua dari ketentuan
Skor 2, apabila memuat satu ketentuan
Skor 1, apabila tidak memuat ketentuan
2
Relevansi
Ketentuan
Kesesuaian dengan topik Akurasi
Kesesuaian dengan KD
Skor 4, apabila memuat tiga ketentuan
Skor 3, apabila memuat dua dari ketentuan
Skor 2, apabila memuat satu ketentuan
Skor 1, apabila tidak memuat ketentuan.
3
Keaslian
Skor 4, apabila hasil karya siswa sendiri
Skor 2, apabila hasil karya siswa dengan bantuan pihak lain
4
Kreativitas
Skor 4, apabila hasil karya belum pernah ada sebelumnya
Skor 3, apabila hasil karya merupakan modifikasi dari karya sebelumnya
Skor 2, apabila mencontoh hasil karya sebelumnya
- Â
- ASSESMENT SUMATIF
 "Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah perta- nyaan berikut."
- Apa perbedaan nilai dengan norma?
- Berikan contoh norma dalam kehidupan sehari-hari!
- Ceritakan pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat se- kitar atau di sekolah!
- Apakah hukuman yang ditrtima Ketika sesesorang melanggar norma sosial
- Mengapa norma itu sangat penting di masyarkat?
- Kisi-kisi Assesmen sumatif
No
- Elemen
- Materi pokok
- Indikator soal
- Level kognitif
- Bentuk soal
- 1
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
- Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
- Membandingkan nilai dan norma dalam masyarakat
- C3
- essay
- 2
- Menganalisa implementasi norma dalam kehidupan sehari hari
- C4
- essay
- 3
- Menceritakan penerapan norma dalam lingkungan sekitar
- C3
- essay
- 4
- Menganalisis hukukuman pelanggaran norma sosial
- C3
- essay
- 5
- Menganalisa manfaat norma dalam kehidupan sehari hari
- C4
- essay
Pedoman penilaian :
Â
 Jawaban benar       : 3
 Jawaban salah       : 2
 Tidak menjawab      : 0
Total nilai           :
     Â
                                                Pati,  Juni 2022
Mengetahui,
Kepala SMK Manahijul Huda                          Penyusun
Drs. H. Masrukan                                   Endang Winarsih,S.Pd