AKSI NYATA MODUL 1.3
Salam bahagia,dan semangat pagi untuk kita semua, khususnya semua guru hebat di seluruh Indonesia.
Mohon izin memperkenalkan diri. Saya Endang Sri Rejeki sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari Kota Bandung, Jawa Barat.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi dengan semua guru di Indonesia tentang Aksi Nyata Modul 1.3 yang telah saya lakukan di SD Taruna Bakti Bandung dimana saya mengabdi. Aksi nyata ini merupakan implementasi dari rencana manajemen perubahan yang saya susun dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif. Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif dimana seseorang dapat mengidentifikasi hal yang baik yang telah ada di sekolah dan mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik.
Latar Belakang Aksi Nyata
Latar belakang dari Aksi Nyata  Modul 1.3 yang saya lakukan didasarkan pada tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara, yaitu untuk menuntun segala kodrat anak-anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan sejati, baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai manusia yang berkualitas.
Sebagai Calon Guru Penggerak, saya memiliki peranan yang sangat  penting dalam menuntun, membimbing, serta mengembangkan kepemimpinan siswa agar murid dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang dapat dilakukan melalui pengajaran dan pembiasaan  sesuai dengan kondisi, situasi di sekolah masing-masing.
Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif, saya mencoba merumuskan visi tentang "Mewujudkan Pembelajaran Kolaboratif".
Visi tersebut bertujuan untuk mendukung profil pelajar Pancasila
Beberapa  tujuan yang terkait dengan visi ini sbb:
- Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan mendorong mereka untuk bekerja sama, berbagi pengetahuan, dan berkolaborasi dalam proyek atau tugas pembelajaran.
- Mengembangkan keterampilan sosial, seperti komunikasi efektif, kerjasama, kepemimpinan, sehingga siswa dapat sukses berkolaborasi dengan individu lain dalam berbagai konteks.
- SMemanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran kolaboratif.
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi dalam menciptakan solusi baru, gagasan kreatif, atau proyek inovatif dalam lingkungan pembelajaran.
- Mendorong siswa untuk bekerja sama dengan individu dari berbagai latar belakang kultural dan etnis, sehingga mereka dapat memahami dan menghargai keragaman budaya.
- Membangun alat pengukuran yang efektif untuk mengevaluasi kemajuan siswa dalam kolaborasi, seperti peningkatan dalam pemecahan masalah kelompok, hasil proyek yang sukses, dan respon siswa terhadap kerjasama.
- Merancang ruang belajar fisik yang mendukung interaksi dan kolaborasi siswa, dengan berbagai fasilitas yang sesuai.
- Memastikan bahwa siswa mengembangkan minat dalam pembelajaran kolaboratif yang berkelanjutan, pembelajaran sepanjang hayat.
Tujuan Aksi Nyata
Tujuan dari aksi nyata ini adalah untuk
- Menciptakan siswa yang memiliki karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila
- Memberikan dampak positif pada siswa dan sekolah secara keseluruhann.
- Meningkatkan  motivasi yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan kolaboratif.
- Mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran kolaboratif.
- Membangun keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pembelajaran.
- Mengorganisir proyek kolaboratif antar-siswa yang menuntut kerja tim, pemecahan masalah bersama, dan mencapai tujuan bersama.
Tahapan Aksi Nyata
Berikut adalah tahapan aksi nyata yang saya lakukan:
Persiapan
Pada tahap persiapan, saya merencanakan strategi penerapan aksi nyata dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan Kepala Sekolah, rekan sejawat untuk mempersiapkan pelaksanaan aksi nyata. Hal yang saya koordinasikan berkaitan dengan kegiatan dalam mewujudkan pengajaran kolaboratif.
Observasi
CGP melakukan observasi untuk mengidentifikasi pembelajaran kolaboratif dan mencari informasi mengenai cara meningkatkan pembelajaran kolaboratif.
Perencanaan Kegiatan
Berdasarkan hasil observasi dan informasi yang telah saya kumpulkan, saya merancang kegiatan dalam pembelajaran maupun pembiasaan yang dapat mewujudkan pembelajaran kolaboratif. Saya juga merencanakan kegiatan berkelanjutan agar kegiatan ini dapat menjadi budaya positif di sekolah.
Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan, saya mengimplementasikan prakarsa perubahan diri yang telah saya rencanakan. Kegiatan ini mencakup berbagai aktivitas dalam proses belajar mengajar dan pembiasaan yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran kolaboratif. Beberapa kegiatan yang telah terlaksana antara lain adalah kerja kelompok, presentasi kelompok, kegiatan projek TOS (Tanaman Obat Sekolah), menanam tanaman, membersihkan lingkungan, serta berbagai tugas lainnya yang memungkinkan pembelajaran kolaboratif  siswa dapat berkembang.
Refleksi
Setelah pelaksanaan, saya menulis jurnal refleksi mengenai pengalaman, perasaan, dan pembelajaran yang saya peroleh selama proses aksi nyata. Saya juga membuat rencana tindak lanjut untuk perbaikan di masa mendatang, serta menerima kritik dan saran dari rekan sejawat dan siswa.
Testimoni dari Rekan Guru dan Siswa
Saya sebagai Calon Guru Penggerak mendapatkan dukungan dan apresiasi yang saya terima dari rekan guru dan siswa. Salah satu rekan guru, Ibu Lina Julita Silalahi, S.Pd. sebagai Wakil Kepala Sekolah SD Taruna bakti yang mengatakan bahwa aksi nyata yang saya lakukan berdampak positif bagi siswa dan sekolah. Ia melihat bahwa kegiatan kolaboratif yang saya lakukan baik dalam pembelajaran dan pembiasaan, telah membentuk karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
" Salam Sejahtera, Saya Ibu Lina Julita Silalahi, S.Pd., mengucapkan selamat kepada Ibu Endang Sri Rejeki yang telah mempraktikkan aksi nyata dalam menerapkan prakarsa perubahan diri yang telah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik".
" Saya melihat Ibu Endang Sri Rejeki  sebagai guru yang bersemangat, mau mencoba, menyenangkan, percaya diri, dan memiliki dedikasi tinggi. Prakarsa perubahan diri yang telah dilaksanakan oleh Ibu Endang Sri Rejeki telah memberikan dampak positif bagi siswa dan sekolah". Dengan metode pengajaran dan pembiasaan yang telah diterapkan, saya yakin bahwa Ibu Endang Sri Rejeki telah berusaha membimbing siswa-siswa dengan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan berusaha mempraktikkan pembelajaran kolaboratif. Saya berharap dengan semangat dan dedikasi yang sama, Ibu Endang Sri Rejeki dapat terus melanjutkan visinya sebagai guru penggerak, dan meraih kesuksesan dalam mendukung perkembangan pendidikan di masa depan. Semoga kita semua dapat terus berupaya memberikan perubahan positif bagi perkembangan sekolah dan Pendidikan".  "Terima kasih atas dedikasi dan kontribusi Ibu Endang Sri Rejeki,  Tuhan Memberkati."
Sementara itu, salah satu siswa, Ratu Nares, menyampaikan bahwa ia merasa senang belajar dengan saya. Ia merasa bahwa kegiatan yang kami lakukan bersama telah meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian, tim work, tanggung jawab, serta gotong royong. Ratu Nares juga juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilanjutkan untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan.
Aksi nyata yang telah saya lakukan sebagai Calon Guru Penggerak merupakan langkah konkret dalam mewujudkan visi Pendidikan khususnya Visi SD Taruna Bakti. Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif, saya telah mengidentifikasi aset-aset positif dalam diri guru dan lingkungan sekolah untuk mewujudkan pembelajan kolaboratif yang dapat meningkatkan pembentukan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
Tahapan aksi nyata yang telah saya lakukan, mulai dari persiapan, observasi, perencanaan kegiatan, pelaksanaan, hingga refleksi, merupakan bagian yang saling tekoneksi untuk mencoba melakukan proses perubahan. Testimoni dari rekan guru dan siswa menjadi bukti bahwa upaya ini telah memberikan dampak positif dalam mewujudkan pembelajaran kolaboratif.
Aksi Nyata yang saya lakukan bukanlah akhir dari perjalanan saya untuk tetap belajar. Saya akan terus mengembangkan diri, memperbaiki diri, dan mengembangkan strategi lebih lanjut untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih luas. Semoga aksi nyata yang telah saya lakukan bisa menjadikan  inspirasi bagi rekan guru khususnya untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif dimanapun kita berada khusunya di lingkungan sekolah. Marilah kita semua tergerak, bergerak, dan menggerakkan semua warga sekolah dalam mewujudkan pembelajaran yang kolaboratif.
Terima Kasih
Tuhan Memberkati kita semua
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H