3.2.a.9. Aksi Nyata - Modul 3.2
CGP Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek : Endah Wahyuni, S.Pd. Fasilitator : SUYATNO, S.Pd., M.Pd
Pengajar Praktik : Ika Vidiasari Aristawati, S.Pd.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.
Instruksi Penugasan
Mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara kolaboratif agar semua warga sekolah dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dapat dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya.
Jawaban Tugas:
Refleksi 4 P
Peristiwa (Fact)
Pada kegiatan modul 3.2 ini yaitu tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya Sekolah dengan Mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Saya melakukan tahapan sebagai berikut:
- Hari ke-1
Pada hari Selasa Tanggal 30 Mei 2023, ini saya melakukan wawancara secara langsung dengan teman sejawat, murid dan orang tua murid
- Hari Ke-2
Pada hari Rabu Tanggal 31 Mei 2023, ini saya melakukan wawancara secara langsung dengan tokoh masyarakat dan dilaksanakan di rumah tokoh masyarakat tersebut.
- Hari ke-3
Pada hari Selasa Tanggal 06 Juni 2023 ini saya melakukan wawancara secara langsung dengan kepala sekolah.
- Hari ke-4
Pada hari Selasa Tanggal 13 Juni 2023 ini saya melakukan diskusi secara kolaboratif dengan ke tiga teman CGP dan para aktor yaitu kepala sekolah, teman sejawat, murid, orang tua murid, tokoh masyarakat dan keterwakilan gender. Kegiatan dilaksanakan di ruang siding SMK Negeri 1 Trenggalek. Kegiatan berjalan baik dan lancar.
Perasaan (Feeling)
- Dalam menjalankan tahapan ini saya sangat
1. Bahagia, karena saya mengikuti pendidikan guru penggerak ini yang mana saya mendapat ilmu yang banyak tentang 7 aset atau modal Sekolah yang bisa sebagai penunjang program-program sekolah.
2. Tertantang, untuk memanfaatkan 7 modal tersebut kedalam program yang berpihak kepada murid.
3. Berharap banyak supaya 7 modal stau aset sekolah terserap dengan baik.
Pembelajaran (Finding)
Dalam menjalankan tahapan ini saya dapat mengambil pembelajaran yaitu
- Sekolah mempunyai 7aset dan modal yang bisa di manfaatkan untuk program-program di sekolah baik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler yang mana semua bermuara pada perkembangan siswa kea rah yang baik.
- Dengan aset dan modal yang ada kita harus merubah cara berpikir dan bertindak yang sebelumnya berbasis kekurangan atau masalah menjadi berbasis kelebihan atau kekuatan sehingga kita akan menjadi pribadi yang positif.
Penerapan Ke Depan (Future)
- Dengan mengetahui dan memahami 7 aset atau modal sekolah saya mampu memanfaatkanya dengan baik dan optimal, untuk terlaksananya program-program di sekolah baik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan baik dan efektif.
- Merubah cara berpikir saya dari berbasis kekurangan atau masalah menjadi berbasis kelebihan atau kekuatan sehingga kita akan menjadi pribadi yang positif.
Hasil dari Aksi nyata modul 3.2 tentang “PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA” bisa dilihat dalam link You tube berikut ini
- Identifikasi 7 Modal atau aset bagian 1 https://youtu.be/OZpbyDV7jfo
- Identifikasi 7 Modal atau aset bagian 2 https://youtu.be/eXtoxJr7Am4
- Diskusi secara kolaboratif https://youtu.be/hWLs3MxYQwY
Sekian Aksi Nyata 3.2 saya semoga bermanfaat dan Terimakasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H