3.3.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 3.3
Â
CGP Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek : Endah Wahyuni, S.Pd. Fasilitator : SUYATNO, S.Pd., M.Pd
Pengajar Praktik : Ika Vidiasari Aristawati, S.Pd.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid..
Instruksi Penugasan
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dapat memandu Anda saat melakukan refleksi.
- Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
- Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
- Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara Modul ini dengan modul-modul sebelumnya?
- Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid. Bagaimana seharusnya program-program  atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?
Jawaban Tugas:
Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
- Senang  Karena  saya menjadi tahu  ternyata mengelola sebuah program baik intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler , murid merupakan pertimbangan utama dan selanjutnya, sejauh mana kita dapat menempatkan murid dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran tersebut.
- Merasa tertantang untuk menjadikan murid sebagai pemimpin bagi proses pembelajarannya sendiri dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri sehingga potensi kepemimpinannya dapat berkembang dengan baik.
- Bangga: Karena saya sebagai guru yang mempunyai peran penting untuk ikut andil dalam mendorong dan memotivasi siswa sebagai "student agency".
- Sedih Karena selama ini saya berpikir bahwa program sekolah baik intrakurikuler kokurikuler maupun ekstrakurikuler dalam pengelolaannya hanya menempatkan murid sebagai objek program tetapi sekarang saya berpikir bahwa kita sebagai pendidik dapat mendorong kemungkinan murid melalui pengelolaan program-program di sekolah dengan baik.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!