3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3
CGP Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek : Endah Wahyuni, S.Pd. Fasilitator : SUYATNO, S.Pd., M.Pd
Pengajar Praktik : Ika Vidiasari Aristawati, S.Pd.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Instruksi Penugasan
Jika pada tahapan Ruang Kolaborasi Ibu/Bapak baru sebatas mengeksplorasi gagasan dan membuat gambaran umum, maka di tahapan ini Ibu/Bapak akan mencoba membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin Ibu/Bapak terapkan. Ibu/Bapak dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut, Â Ibu/Bapak CGP harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.
Ibu/Bapak CGP dapat memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah Ibu/Bapak sendiri. Kemudian, gunakanlah kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA tersebut dengan mempertimbangkan:
- poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,
- aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,
- mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.
- bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.en: klik disini.
Pengerjaan  Tugas
Nama Program  :Â
Optimalisasi BUPRI
Penjelasan Program :Â
Pengisian secara kontinyu BUPRI (Buku Pribadi} oleh murid untuk bisa dimanfaatkan oleh pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, Â pembimbingan dan pengembangan yang berpihak pada murid. BUPRI menggali potensi murid adapun isi dari buku pribadi tersebut adalah
- Asesmen Diagnostik Kognitif ( Hasil nilai UAS SMP, Prestasi yang pernah diraih, Nilai Raport SMP, dan Nilai Raport di SMK)
- Asesmen Diagnostik Non Kognitif (Data Pribadi, Otobiografi, Denah Rumah, Peta Perjalanan dari Rumah ke Sekolah, Tes Who Am I, Study Habbit, Angket Sosiometri, Gaya Belajar, Problem Cek List, Angket Bakat Minat, dan Hasil Tes Psikologi"
Latar Belakang Program :Â
Bermula dari pembelajaran dan pembimbingan yang masih secara konfensional yang masih belum merancang sebuah pembelajaran dan pembimbingan yang berdasar pada data riel pribadi murid, sehingga pembelajaran dan pembimbingan yang di berikan tidak berpihak pada murid yang menyebabkan murid bosan dan ogah-ogahan ketika di ajar. Hal ini terjadi karena kita masih minim melaksanakan asesmen sebelum merancang pembelajaran, atau karena  kita sudah melakukan asesmen tetapi karena penyimpanan yang kurang tepat akhirnya ketika mau digunakan data tersebut hilang. Oleh karena itu kita harus membuat trobosan baru supaya proses asesmen berjalan baik dan data tersimpan dengan baik yaitu dengan mengoptimalkan BUPRI yaitu  membukukan hasil asesmen dan mengoptimalkan pengisian dan pemanfaatanya sehingga ketika dibutuhkan tersedia dengan baik. dan data atau potensi siswa yang ada dalam BUPRI bisa kita manfaatkan dengan baik untuk pendidikan dan pengembangan murid.
Tujuan Program:
Untuk mengembangkan potensi murid melalui pemanfaatan "Buku Pribadi" dengan optimal
Tahapan  BAGJA :
Hasil dari praktik supervisi akademik dan percakapannya dengan paradigma berpikir Coaching bisa dilihat dalam link You tube berikut ini  https://youtu.be/GmzqNd9iP48
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H