1.4.a.4.3. Keyakinan Kelas
Tahapan menciptakan Program Kebajikan
Pertanyaan
Lihat daftar kebajikan yang telah disusun bersama (contoh pada pembelajaran 2.1).
Tentukan nilai-nilai kebajikan yang ingin dijadikan perhatian utama di sekolah Anda. Curah pendapat dalam kelompok.
Sempurnakan beberapa daftar nilai-nilai kebajikan yang utama, bahas kembali dalam kelompok utama.
Buatlah poster atau muat di sosial media keyakinan sekolah/kelas Anda.
Jawaban
Berdasarkan Diskusi Kelompok pada tanggal 09 Desember 2022 kami bersama teman-teman kelompok CGP angkatan 135 Kabupaten Trenggalek mengadakan diskusi terkait keyakinan kelas halaman 3 tahapan menciptakan program kebijakan
- Menganalisis daftar kebijakan pada pembelajaran 2.1 yaitu
a. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa (pembiasaan berdoa sebelum kegiatan)
- Mandiri (budaya literasi)
- Bernalar kritis (memberikan ide atau gagasan)
- Berbhineka global (menyanyikan lagu wajib nasional)
- Gotong royong (diskusi atau Jumat bersih)
- Kreatif ( membuat project)
b. IBO
Sikap murid
- Toleransi (menghargai atau menghormati teman yang berbeda agama)
- Rasa hormat (menghargai pendapat orang lain)
- Integritas (cinta tanah air mengikuti upacara)
- Mandiri (mengerjakan tugas tepat waktu)
- Menghargai (memberi dukungan kepada teman)
- Antusias (menyampaikan pendapat)
- Empati (menolong teman)
- Keingintahuan ( menggali informasi dari sumber informasi)
- Kreativitas (pembuatan hasil karya)
- Kerjasama (melaksanakan belajar kelompok atau diskusi)
- Percaya diri (berani tampil di depan kelas)
- Komitmen ( tidak berpengaruh dengan lingkungan yang negative)
c. Sembilan Pilar Karakter (Indonesian Heritage Foundation/IHF)
- Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNYA ( Saling menyayangi dan mengasihi )
- Kemandirian dan Tanggung jawab ( kemandirian dalam mengerjakan tugas )
- Kejujuran (Amanah), Diplomatis ( Tidak menyontek, tidak berbohong, tidak mencuri )
- Hormat dan Santun ( menghormati peritah guru / orang yang lebih tua )
- Dermawan, Suka Menolong dan Gotong Royong ( melaksanakan kegiatan infak)
- Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja Keras ( mampu memberikan ide atau gagasan di depan kelas )
- Kepemimpinan dan Keadilan ( menjadi contoh rekan sejawat)
- Baik dan Rendah Hati ( tidak sombong dan angkuh )
- Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan ( saling menghormati sesame teman )
d. Petunjuk Seumur Hidup dan Keterampilan Hidup (LIfelong Gu...
Keterampilan Hidup
Dapat dipercaya ( tepat waktu dalam mengerjakan tugas )
Lurus Hati ( tidak mudah terpengaruh )
Pendengar yang Aktif ( memberikan respon yang potif )
Tidak Merendahkan Orang Lain ( Â tidak bullying )
Memberikan yang Terbaik dari Diri (motivasi diri terkait tujuan )
Petunjuk Hidup
Peduli ( bisa merasakan kesusahan teman yang lain)
Penalaran ( berfikir kritis dalam memberikan ide atau gagasan )
Bekerja sama ( berkolaborasi )
Keberanian ( mengutarakan pendapat )
Keingintahuan ( berfikir kritis )
Usaha ( bersemangat dan termotifasi )
Keluwesan/Fleksibilitas ( bisa menempatkan diri dalam kondisi apapun )
Berorganisasi ( bermusyawarah mufakat )
Kesabaran ( telaten dalam membuat suatu bekerjaan )
Keteguhan hati (kosisten terhadap prinsip 0
Kehormatan ( bisa menjaga diri )
Memiliki Rasa Humor ( ceria, menyenangkan,)
Berinisiatif ( memiliki ide )
Integritas ( mematuhi aturan yang ada  )
Pemecahan Masalah (diskusi )
Sumber pengetahuan ( literasi )
Tanggung jawab ( menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu )
Persahabatan ( mewujudkan cinta kasih dan kepedulian )
e. The Seven Essential Virtues (Building Moral Intelligence,...
Empati ( peduli terhadap sekitar / lingkungan )
Suara Hati ( percaya diri )
Kontrol Diri ( menata diri / sabar )
Rasa Hormat ( sopan dan santun terhadap orang yang lebih tua )
Kebaikan ( menolong teman yang lain )
Toleransi ( menghargai hasil karya teman )
Keadilan (saling berbagi, berkolaborasi dalam bekerja kelompok )
PEDULI
PERSAMAAN
PERBEDAAN
Semua sudah di integrasikan kedalam aktivitas pembelajaran di kelas melalui pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran / RPP yang dilaksanakan pada waktu proses kegiatan belajar mengajar
Tidak ada perbedaaan yang signifikan antara penerapan  Profil Pelajar Pancasila the virtues Project pada bagian Peduli  Â
Nilai-nilai kebajikan yang ingin dijadikan perhatian utama di sekolah Saya. Dari Curah pendapat dalam kelompok. Adalah Profil Pelajar Pancasila.
Penyempurnaan beberapa daftar nilai-nilai kebajikan yang utama, yang di bahas  dalam kelompok utama adalah
- Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Kami meyakini bahwa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan landasan utama belajar
- Mandiri, Kami meyakini bahwa pentingnya Kemandirian diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan
- Bernalar Kritis, Kami meyakini bahwa pentingnya berpikir kritis dalam mengambil keputusan
- Berkebinekaan Global, Kami meyakini bahwa pentingnya berkebinekaan global ditunjukkan dengan sopan santun
- Bergotong royong, Kami meyakini bahwa pentingnya gotong royong ditunjukkan dengan belajar kelompok dan pembiasaan jumat bersih
- Kreatif, Kami meyakini bahwa pentingnya kreatif ditunjukkan dengan menghasilkan karya/proyek
Poster atau muat di sosial media keyakinan sekolah/kelas Anda
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H