Maraknya wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia sangat berbahaya. Indonesia merupakan salah satu negara yang terjangkit Covid-19. Setiap hari kasus penyebaran terus meningkat. Hal ini menyebabkan pemerintah menutup sekolah sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Semua kegiatan belajar harus tetap dilaksanakan meskipun siswa dilarang bersekolah. Pendidik tetap menjalankan perannya dalam membimbing peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran meskipun tidak secara langsung bertatap muka dengan peserta didik. Surat Edaran Kemendikbud No.4 Tahun 2020 melarang perguruan tinggi melakukan perkuliahan tatap muka dan memerintahkan pembelajaran daring. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Pembelajaran daring bertujuan untuk memberikan layanan pembelajaran berkualitas secara daring, yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau siswa.
Pengembangan pembelajaran daring harus dilakukan secara sistematis dan metodis untuk memberikan manfaat sebagaimana mestinya. Pembelajaran daring memiliki siklus evaluasi sebelum, selama, dan setelah pembelajaran. Evaluasi dalam pembelajaran diperlukan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Secara umum evaluasi pembelajaran adalah mengukur dan menilai pembelajaran dimana seorang pendidik mengukur atau menilai peserta didik dengan menggunakan tes atau instrumen. Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dapat dilihat dari tujuan dan fungsi evaluasi serta sistem pembelajaran itu sendiri. Evaluasi tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran, sehingga mau tidak mau pendidik harus mengevaluasi pembelajaran. Pada akhirnya pendidik akan mendapatkan gambaran tentang efektivitas proses pembelajaran. Dalam pembelajaran online perlu dipilih instrumen yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Quizizz adalah salah satu platform online yang digunakan dalam proses pembelajaran. Aplikasi Quizizz sendiri digambarkan sebagai web tool yang dapat diakses melalui www.Quizizz.com yang memiliki karakteristik lebih unggul dibanding media pembelajaran online lainnya. Quizizz membuat siswa lebih fokus tanpa merusak konsentrasi mereka selama mengerjakan kuis. Terlebih lagi, mereka hanya perlu fokus pada perangkat mereka karena pilihan pertanyaan dan jawaban hanya muncul di perangkat mereka tetapi tetap mengikuti waktu. Kemudian, dengan menggunakan Quizizz, setiap siswa tidak memiliki kesempatan untuk menyontek karena pilihan soal dan jawaban diacak. Oleh karena itu, masing-masing akan mendapatkan hasil yang adil. Singkatnya, Quizizz mungkin memiliki banyak manfaat untuk membuat siswa lebih termotivasi. Alat seperti Quizizz dapat membantu siswa menikmati dan terus melakukan tugas yang biasanya tidak mereka lakukan.
Quizizz memungkinkan siswa untuk menjawab pertanyaan secara aktif dan membantu siswa meningkatkan keterampilan mereka dan lebih fokus pada topik. Selain itu, Quizizz juga mempengaruhi cara guru mengatasi kecemasan siswa saat ujian. Quizizz adalah salah satu platform yang disukai siswa untuk mengurangi kecemasan mereka saat mengikuti ujian. Sebagian besar siswa tertarik untuk melakukan tes dengan Quizizz. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi untuk menciptakan sesuatu yang relevan dengan minat siswa. Dengan demikian, kesempatan untuk mencapai tujuan pembelajaran akan lebih memungkinkan. Selain itu, unsur gamifikasi sangat penting untuk dilibatkan dalam proses pembelajaran untuk membangkitkan motivasi siswa.
Quizizz telah digunakan sebagai media pembelajaran selama proses pembelajaran bahasa di berbagai tempat pendidikan. Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai penelitian tentang implementasi Quizizz dalam pembelajaran bahasa dari berbagai tempat. Selain itu, Quizizz dapat mendorong rasa percaya diri mereka untuk membuat siswa lebih termotivasi dan meningkatkan kemampuan mereka untuk belajar.
Quizizz dapat membantu guru untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi. Selain itu, fungsi lain dari Quizizz adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa karena membuat proses pembelajaran menjadi tidak menyenangkan. Quizizz berkontribusi untuk meningkatkan motivasi siswa dan keterlibatan siswa. Quizizz adalah instrumen penilaian web sebagai aksi kelas multipemain yang menyenangkan yang memungkinkan semua siswa berlatih di samping gadget mereka.
Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz merupakan upaya pembelajaran daring untuk menekan penyebaran Covid-19. Pengembangan instrumen evaluasi ini menggunakan model pengembangan menurut Triagarajan & Semmel yaitu Define (tahap Definisi), Design (tahap Desain), Develop (tahap Pengembangan), dan Disseminate (tahap Deployment). Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop (tahap Pengembangan). Proses pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz melalui tahap validasi ahli materi dan ahli evaluasi serta analisis soal tes untuk menentukan kelayakan instrumen evaluasi. Sebelum dikembangkan menggunakan aplikasi Quizizz, soal evaluasi dianalisis daya pembeda, tingkat kesukaran, validitas, dan reliabilitas butir soal.
Quizizz mudah dibuat dan digunakan dalam pembelajaran. Pendidik hanya perlu membagikan tautan dan/atau pin untuk akses masuk bagi peserta didik. Waktu pelaksanaan instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya pandemi Covid-19, diperlukan instrumen evaluasi yang praktis untuk dilaksanakan pada waktu dan tempat tanpa mengurangi nilai evaluasi sebagai alat ukur pencapaian pembelajaran. Aplikasi Quizizz memudahkan dosen atau pendidik dalam mengolah data evaluasi pembelajaran karena Quizizz menyediakan data dan statistik tentang kinerja mahasiswa dalam bentuk Ms. Excel yang dapat didownload oleh pendidik. Pendidik dapat memantau siswa selama evaluasi pembelajaran.
Penilaian siswa terhadap instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz dinilai sangat baik. Siswa termotivasi untuk menjadi yang terbaik selama ujian evaluasi menggunakan aplikasi quizizz. Konsentrasi siswa sebagai pembelajar dalam mengerjakan tes evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz berada pada kategori sangat baik. Instrumen evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz menyenangkan dan menarik bagi siswa. Berdasarkan hasil analisis butir, penilaian ahli materi dan ahli evaluasi serta tanggapan dosen dan mahasiswa. Dapat disimpulkan instrumen evaluasi pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Quizizz sebagai upaya penyebaran Covid-19 dikatakan sangat layak untuk digunakan.
Â
REFERENSI
Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794-4801.
Kusuma, Y. A. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring (online) fisika pada materi usaha dan energi kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Sanata Dharma University.
Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H