Mohon tunggu...
Encep Nurdin S.Pd
Encep Nurdin S.Pd Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG

Saya seorang guru Biologi alumni dari UNPAS Tahun 2001 yang mempunyai hobby sebagai Fotografer, Membaca dan Menulis, Videografer dan Editor untuk konten-konten film pendek, video tutorial, Fotografer Wedding dan lain-lain. Selain itu saya juga seorang penulis Artikel dan sedang belajar menulis puisi dengan tema bebas yang berhubungan dengan kemanusiaan serta menyukai traveling, camping dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam. Contact Person : 0881022164165

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 2.6 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

12 Agustus 2024   17:44 Diperbarui: 12 Agustus 2024   17:55 1661
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tahapan B-uat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri

Assalamualaikum. Wr.Wb... Perkenalkan nama saya Encep Nurdin S.Pd, saya guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG. Pada kesempatan ini saya akan menulis sebuah ringkasan mengenai "Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid".

Perubahan tidak dapat dimulai dari atas semuanya berawal, dan berakhir di guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. AMBILLAH LANGKAH PERTAMA.

(Nadiem Makarim)

Ungkapan tersebut menyiratkan kepada kita sebagai guru untuk selalu mengambil langkah yang tepat dan cepat dan mau merubah sikap kita menjadi lebih baik sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Tujuan Khusus Pembelajaran :

1. CGP dapat menjalankan tahapan B (buat pertanyaan), 7A ambil pelajaran berdasarkan model prakarsa perubahan BAGJA yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan demonstrasi.

2. CGP membuat dokumentasi tahap pelaksanaan tahapan yang telah dilaksanakan tersebut.

Prakarsa Perubahan :

Meningkatkan Literasi pada peserta didik melalui kegiatan membaca bersama di kelas setiap hari rabu di jam pertama, sudah berjalan 2 tahun ini. 

Tujuan Program :

1. Meningkatkan Literasi dan Numerasi peserta didik.

2. Menambah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan cara berfikir kritis dan logis dari kegiatan membaca.

3. Menumbuhkan karakter mandiri, bernalar kritis, kreatif dan gotong royong sehingga dapat mencapai profil pelajar pancasila.

Tahapan B-uat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri
Tahapan B-uat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri

Implementasi tahap B-uat pertanyaan, diskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat :

Implementasi tahap B-uat pertanyaan, diskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat. Sumber Foto. Dokpri
Implementasi tahap B-uat pertanyaan, diskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat. Sumber Foto. Dokpri

Implementasi tahap B-uat pertanyaan diskusi dengan peserta didik. Sumber Foto. Dokpri
Implementasi tahap B-uat pertanyaan diskusi dengan peserta didik. Sumber Foto. Dokpri

Catatan Refleksi Tahapan Buat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri
Catatan Refleksi Tahapan Buat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri

Catatan Refleksi Tahapan Buat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri
Catatan Refleksi Tahapan Buat Pertanyaan. Sumber Foto. Dokpri

Implementasi Tahap A-mbil Pelajaran Observasi Literasi Numerasi yang Sudah Berjalan. Sumber Foto. Dokpri
Implementasi Tahap A-mbil Pelajaran Observasi Literasi Numerasi yang Sudah Berjalan. Sumber Foto. Dokpri

Catatan Refleksi Tahapan Ambil Pelajaran :

"Makin banyak aku membaca, makin banyak aku berfikir. Makin banyak aku belajar makin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apapun" (Voltaire).

Demikian ringkasan aksi nyata yang dapatsampaikan, semoga bermanfaat. Salam sukse untuk smeua guru hebat pembelajar sepanjang hayat.

  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun