- Assalamualaikum. Wr. Wb... Perkenalkan nama saya Encep Nurdin S.Pd, saya seorang guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah tulisan singkat dengan judul " Pemimpin dan Pengelolaan Sumber Daya di SMAN 1 PARONGPONG" sebagai tugas dari diklat CGP Jabar 2024 Modul 2.5.
Hal pertama yang saya lakukan sebagai CGP adalah mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki oleh sekolah.Â
Aset sekolah adalah semua barang, properti, dan sumber daya yang dimiliki atau dikelola oleh sekolah untuk mendukung kegiatan pendidikan dan operasionalnya. Aset ini dapat berupa fisik, seperti bangunan, peralatan, dan fasilitas, maupun non-fisik, seperti hak cipta atau lisensi perangkat lunak.
Jenis-jenis aset sekolah meliputi:
Aset Fisik:
- Bangunan dan Tanah: Gedung sekolah, lahan bermain, laboratorium, dan perpustakaan.
- Peralatan: Komputer, meja, kursi, papan tulis, proyektor, dan peralatan laboratorium.
- Kendaraan: Bus sekolah, mobil dinas, atau kendaraan operasional lainnya.
Aset Non-Fisik:
- Sumber Daya Pendidikan: Buku, materi ajar, perangkat lunak pendidikan, dan kurikulum.
- Hak Cipta dan Lisensi: Hak cipta atas materi yang dikembangkan oleh sekolah, lisensi perangkat lunak, dan hak penggunaan lainnya.
- Merek dan Logo: Nama sekolah, logo, dan identitas visual lainnya yang digunakan untuk branding.
Pentingnya Manajemen Aset Sekolah:Manajemen aset sekolah yang baik memastikan bahwa semua sumber daya dimanfaatkan secara optimal, dipelihara dengan baik, dan dapat memberikan dukungan terbaik bagi proses belajar mengajar. Pengelolaan aset yang efektif juga membantu dalam perencanaan anggaran, pemeliharaan, dan pengambilan keputusan terkait investasi masa depan untuk pengembangan sekolah.
Aset Utama SMAN 1 PARONGPONG Hasil Diskusi Antara Kepala Sekolah dengan Tokoh Masyarakat meliputi :
1. Modal Manusia
2. Modal Sosial
3. Modal Finansial
4. Â Modal Fisik
5. Modal Lingkungan/Alam
6. Modal Politik
7. Modal Agama dan Budaya
1. Modal Manusia
a. Guru
- Terdapat 53 guru yang memiliki sertifikat pendidik sehingga lebih kompeten dalam proses pembelajaran.
- Terdapat 64 ASN dari total 79 guru sehingga kualitas pembelajaran semakin meningkat.
- Terdapat 8 orang GP yang dapat mendorong kemajuan sekolah.
- Terdapat 4 orang guru yang menjadi konten kreator video pembelajaran di youtube.
b. Tenaga Kependidikan
- Kepala sekolah membawahi langsung tugas TAS di sekolah, karena untuk tahun ini tingkat SMA tidak terdapat Kepala TU di sekolah. Jadi kepala sekolah langsung memberikan tugasnya kepada Tenaga Administrasi Sekolah (TAS).
c. Komite
- Komite yang terdiri dari tokoh masyarakat sekitar dan perwakilan orang tua siswa sangat kooperatif dalam melaksanakan program sekolahnya.
d. Pengawas
- Pengawas sekolah rutin mengadakan pembinaan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran.
2. Modal Sosial
a. Tata Tertib
- Tata tertib dibuat agar seluruh peserta didik dapat mengikuti aturan sekolah.
b. MGMP
- Kegiatan MGMP sebagai media komunitas guru dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar.
3. Modal Fisik
a. Ruang Kelas
- Tempat murid belajar
b. Lab IPA
- Tempat kegiatan praktikum dan dapat digunakan sebagai ruang pertemuan rapat dengan guru.
c. Lab Komputer
- Tempat kegiatan praktikum TIK
- Tempat input data pendaftaran PPDB online
- Tempat Ujian Asesmen Nasional
d. Perpustakaan
- Tempat sarana murid untuk belajar,
e. Toilet
- Tempat untuk BAK, BAB atau ruang ganti baju setelah olahraga.
f. Kantin
- Tempat jajan murid saat jam istirahat.
3. Modal Fisik
a. Ruang Guru
- Tempat guru istirahat setelah mengajar
- Tempat guru mengoreksi hasil pekerjaan murid
b. Ruang Kepala Sekolah
- Tempat kepala sekolah beristirahat dan melaksanakan tugasnya serta menyimpan arsip/dokumen penting.
- Tempat rapat internal dengan guru dan wakasek.
- Tempat menerima tamu
c. Ruang TU
- Tempat menyimpan berkas dan dokumen
- Tempat mengerjakan tigas-tugas administrasi sekolah
d. Lahan Parkir
- Tempat menyimpan kendaraan kepala sekolah, guru dan murid
e. Lapangan
- Tempat upacara bendera, olahraga, kegiatan kultum, perpisahan dan lain-lain.
4. Modal Lingkungan/Alam
a. Banyaknya Tempat Wisata
- Lokasi sekolah berdekatan dengan beberapa tempat wisata alam.
b. Udara Sejuk
- Proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas menjadi lebih nyaman.
c. Banyak Pepohonan
- Kondisi sekolah tidak terlalu panas sehingga pembelajaran lebih nyaman.
5. Modal Finansial
a. Dana BOS
- Sumber utama keuangan sekolah dalam mendukung operasional sekolah.
b. Komite
- Membantu sekolah dalam mendukung kegiatan sekolah.
c. Koperasi
- Membantu guru dalam hal finansial
- Melakukan jual beli perlengkapan sekolah
6. Modal Politik
a. Kerjasama dengan Puskesmas
- Kerjasama dilakukan saat kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 atau penyuluhan tentang menjaga kesehatan murid
b. Kerjasama dengan Polisi/TNI
- Kerjasama dilakukan saat memberikan pemberian sosialisasi bahaya Narkoba
- Sosialisasi pentingnya memakai helm saat berkendara motor
- Adanya komunikasi antara Polisi/TNI dengan sekolah jika ada pelanggaran tata tertib murid dijalan misal jika ada kecurigaan tindakan tawuran antar sekolah
c. Kerjasama dengan Dinas Pendidikan
- Melakukan pelatihan atau Workshop Guru
- Mengadakan diklat untuk peningkatan kompetensi guru dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Pendidikan
d. Kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup
- Kerjasama dalam membersihkan sekolah dengan mengambil sampah setiap minggunya
7. Modal Agama dan Budaya
a. Kegiatan 5S
- Menumbuhkan rasa hormat kepada sesama
b. Kultum Jum'at
- Menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT
c. Peringatan Hari Besar Keagamaan
- Menumbuhkan keimanan dna ketaqwaan kepada Alloh SWT
d. Solat Dzuhur Berjamaah
- Menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT
e. Pengajian Rutin di Jam Pertama
- Menumbuhkan keimanan dna ketaqwaan kepada Alloh SWT
f. Sumbangan Takziah
- Menumbuhkan keimanan dna ketaqwaan kepada Alloh SWT.
Diskusi Identifikasi Aset Sekolah Bersama Perwakilan Murid (OSIS)
Aset Utama SMAN 1 PARONGPONG Hasil Diskusi Antara Perwakilan Murid (OSIS)Â
1. Modal Manusia
2. Modal Sosial
3. Modal Finansial
4. Â Modal Fisik
5. Modal Lingkungan/Alam
6. Modal Politik
7. Modal Agama dan Budaya
1. Modal Manusia
a. Kepala Sekolah
- Kepala Sekolah yang tegas dan disiplin dalam menjalankan tugasnya
b. Guru
- Guru yang baik, ramah dan menyenangkan dalam memberikan pembelajaran
c. Murid
- Murid SMAN 1 PARONGPONG yang mempunyai kemampuan dan karakter bervariasi
d. Orang Tua Murid
- Orang tua murid memiliki keterampilan dalam memasak dan membuat kerajinan tangan, yang dapat membantu anaknya dalam program P5 dan tugas sekolah
 2. Modal Sosial
a. Keyakinan Kelas
- Keyakinan kelas dibuat agar murid memiliki motivasi intrinsik agar bertindak sesuai kesepakatan bersama
3. Modal Fisik
a. Ruang Kelas
- Ruang kelas yang rapi sehingga murid menjadi nyaman
b. Meja Kursi
- Sebagian besar meja kursi masih baru, sehingga belajar menjadi nyaman
c. Lapangan
- Lapangan yang luas untuk kegiatan olahraga
d. Kamar Mandi
- Kamar mandi banyak dan nyaman, untuk BAK atau ganti baju
e. Kantin
- Ada 18 stand jajanan untuk peserta didik jajan saat istirahat
4. Modal Lingkungan/Alam
a. Banyak pepohonan di sekitar sekolah, bahkan di belakang sekolah ada perkebunan masyarakat dengan pepohonan yang membuat udara menjadi segar dan asriÂ
b. Akses jalan yang bagus, banyak peserta didik yang rumahnya dekat sekolah sehingga jarang yang kesianganÂ
5. Modal Finansial
Uang kas berjalan dengan baik  di setiap kelas, dikelola oleh bendahara kelas masing-masing dan digunakan untuk keperluan kelasÂ
6. Modal Politik
Alumni membantu kegiatan ekstrakurikuler disekolah, misalnya melatih pramuka dalam kerjasama dengan alumni.
7. Modal Budaya dan Agama
a. Solat Dzuhur Berjamaah
Menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWTÂ
b. Kultum Jum'at
Menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWTÂ
c. Bersalaman dengan Guru
Menerapkan sopan santun dan etika  pada guruÂ
Demikian ringkasan aksi nyata yangd apat saya buat dari judul Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya di SMAN 1 PARONGPONG, semoga bermanfaat salam untuk semua guru hebat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H