Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

(Imlek Komed) Zaman Orde Baru Imlek dalam Diam, Sekarang Penuh Keceriaan

7 Februari 2019   12:30 Diperbarui: 7 Februari 2019   12:39 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melihat pernak pernik Imlek di Glodok (dok.pri)

Sejak dahulu saya senang sekali menikmati perbedaan budaya dari berbagai macam suku dan etnis. Saya mengikuti ajaran Bung Karno yang menekankan bahwa kekayaan budaya adalah anugerah Tuhan untuk Indonesia yang harus dijaga dengan baik.

Pada berbagai macam perayaan, banyak ditampilkan tari tradisional. Saya senang dan bangga, betapa indahnya negeri ini dengan berbagai macam ragam budaya. 

Ketika masih zaman Orde Baru, memang tidak se-leluasa sekarang. Terutama untuk menyaksikan kemeriahan dari etnis keturunan Cina. Ada larangan bagi mereka untuk merayakan secara besar-besaran.

Tetapi larangan semacam itu justru membuat saya penasaran. Memangnya kenapa kok tidak boleh, apakah karena hanya ada lima agama resmi yang diakui? Bagaimana pun, etnis keturunan telah ada sejak zaman dahulu.

Beberapa tetangga saya merupakan etnis keturunan Cina. Dua di antaranya adalah wartawan. Saya justru pernah belajar dari mereka karena waktu itu saya masih mahasiswa jurusan jurnalistik.

Menjelang Imlek, mereka juga bersiap merayakannya dengan membuat kue keranjang. Biasanya mereka berbagi pada tetangga lain meskipun agamanya Islam.

Kue keranjang di Glodok (dok pria)
Kue keranjang di Glodok (dok pria)
Selain dari tetangga, saya juga mendapat kue keranjang dari toko emas dan kelontong langganan di pasar. Jadi, kami di rumah panen kue keranjang.

Almarhumah ibuku, senang menggoreng kue keranjang dengan telur, jadi rasanya gurih manis. Paling enak buat teman minum kopi. 

Namun bukan hanya makan kue keranjang yang saya sukai. Bersama seorang sahabat kuliah, saya menyusuri kawasan Glodok. Sebab, Glodok dikenal sebagai wilayah Pecinan di Jakarta.

Kami senang sekali melihat pernak pernik yang dijual untuk menyambut Imlek. Bahkan ikut juga membeli lilin merah dan Ohio yang dibakar untuk menghormati leluhur. Harganya murah kok, dan warnanya cantik.

Selain itu saya juga senang membeli gelang giok. Batu giok adalah batu favorit etnis keturunan Cina karena dianggap membawa keberuntungan.  Tak lupa juga membeli kue bulan dan kue jahe yang enak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun