Indonesia adalah negara tropis dengan sinar matahari melimpah. Sinar matahari merupakan berkah tersendiri karena menjadikan  negeri ini sangat kaya dengan aneka tanaman dan wilayah hijau. Namun di sisi lain, sinar matahari dirasakan sebagai suatu beban berat ketika musim kemarau tiba. Pada saat itu sinar matahari begitu terik dan menyengat. Kulitpun mudah terbakar dan berubah warna.
Walau sudah terbiasa dengan udara tropis yang panas, tetapi orang-orang Indonesia juga tetap berusaha sedapat mungkin untuk menghindari sinar matahari langsung menimpa tubuh. Â Selain melindungi kulit agar tidak menjadi gelap, juga supaya tubuh tidak terlalu lelah. Udara yang panas mampu menyedot energi dari tubuh kita sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.Â
Apalagi jika kita sedang melakukan perjalanan di siang hari. Dalam masa kemarau, sinar matahari bahkan menyusup ke dalam kendaraan. Meski sudah menggunakan Air Conditioner, kita masih saja merasa panas. Lalu bagaimana kita bisa merasa segar jika sepanjang perjalanan merasakan panasnya sinar matahari? Maka kendaraan membutuhkan adanya pelapis kaca atau kaca film yang dapat meredam panasnya sinar mentari.
Ternyata tidak semua kaca film dapat memberikan perlindungan yang kita inginkan. Semua harus dilihat berdasarkan kualitas dari suatu merek kaca film. Kita harus pandai mencari dan memilah kaca film yang terbaik untuk kendaraan yang kita gunakan.  Kaca film yang bernilai plus-plus tidak hanya mampu melindungi kita dari sengatan matahari, tetapi juga memberikan fungsi tambahan seperti  menjaga privasi pengendara, meningkatkan efisiensi kendaraan, menghindarkan diri dari bahaya sinar UV yang merusak, serta bahaya pecahan kaca jika terjadi kecelakaan.
Ada beberapa cara untuk memilih kaca film yang terbaik, a.l:
1. Produsen berkelas internasional; Kita harus memilih brand kaca film yang sesuai dengan standar internasional.
2.  Kualitas produk; Kaca film ada dua jenis yaitu absorptance (menyerap panas) dan reflectance (menolak panas). Jenis Absorptance seperti spons yang menyerap air, sehingga jika telah melebihi kapasitasnya, kemampuannya akan menurun. Karena itu jenis Reflectance menjadi pilihan yang terbaik.
3. Layanan Purna jual. Merek kaca film ternama pasti memberi kartu garansi yang menjamin kualitas  dan keasliannya. Selain itu, kaca film ini mudah didapati di dealer resmi yang ada di seluruh Indonesia. Kemudian brand itu didukung teknisi yang trampil dan berpengalaman yang hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Terakhir, kita bisa mengecek melalui situs resmi brand tersebut.
V-KOOl
Sebagian besar kendaraan kelas atas menggunakan V-KOOl. Beberapa kali saya menemui ada stiker I am V-KOOl di kaca bagian belakang mobil mewah. Sebuah pengakuan atau jati diri penggunanya yang fanatik menggunakan kaca film dengan merek tersebut. Apa sih yang membuat mereka memilih V-KOOl? Kenapa sampai 'segitunya' sih sama V-KOOl? Pertanyaan saya terjawab ketika kami (para kompasianer) diajak bertandang ke kantor atau flagship outlet V-KOOl di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, dalam acara Coverage: rasakan Kenyamanan Berkendara Dengan Perlindungan V-KOOl, Minggu, 29 Mei yang lalu.
 Brand kaca film ini sudah merajai tanah air selama lebih dari 21 tahun. Tak heran jika memiliki jaringan 77 dealer yang  merata tersebar di 39 kota di Indonesia. Mengapa V-KOOL bisa bertahan selama itu? Jaminan garansinya tidak main-main, yaitu 5 tahun dengan kualitas lengkap termasuk delaminasi, demetalisasi, terkelupas, oksidasi dan pemudaran warna. Selain itu, pemasangan kaca film dilakukan oleh teknisi yang terlatih dan terbaik yang menjalani pelatihan selama 6-18 bulan.
Monita, ManagerPromotion and advertising V-KOOL memperkenalkan beberapa ragam kaca film dari brand tersebut. Ada V-KOOL 70 yang memiliki kegelapan 20%, ada V-KOOL 55 dengan kegelapan 30%, ada V-KOOL 40 dengan kegelapan 40%, ada V-KOOL VIP yang tingkat kegelapannya 60%. Ada  V-KOOOL x15 yang kegelapannya juga 60% serta V-KOOL X05 yang memiliki tingkat kegelapan hingga 80%. Biasanya yang digunakan untuk kaca depan adalah V-KOOL dengan tingkat kegelapan 40%, sedangkan untuk kaca samping atau belakang antara 60-80%. Maksudnya adalah untuk memberikan privasi kepada penggunanya agar tidak mudah terlihat dari luar. Sedangkan pengendara tetap bebas melihat dari dalam mobil.
Beberapa uji coba diperlihatkan kepada kami. Pertama adalah roating heat demo dimana sebuah lemari kaca yang diisi dua lampu besar yang dikelilingi empat jenis kaca yaitu kaca polos, kaca yang dilapisi brand lain, kaca yang dilapisi V-KOOL VIP dan V-KOOL 70. Dengan tangan yang didekatkan pada kaca tersebut, kami dapat merasakan perbedaannya. Kami merasa tangan menjadi sangat panas pada kaca polos, dan masih merasa panas dengan kaca film dari brand lain. Namun ketika didekatkan dengan kaca fillm V-Kool, panas tersebut nyaris tidak terasa terutama V-KOOL 70 yang mampu menolak energi solar 55% dan menolak sinar infra red 94%.
Namun ketika menjajal kendaraan yang telah dipasang kaca film V-KOOL, wah rasanya sangat berbeda. Walau lampu sorot begitu dekat, tetapi hanya terasa seperti hangat-hangat kuku. Dalam measure, terlihat sinar infra red 5%, Ultra violet )% dan cahaya tampak 84%. Inilah cara mengukur kualitas kaca film. Cahaya tampak harus lebih dari 40% agar kita bisa melihat jelas keluar, terutama untuk melihat jalan raya.Â
V-KOOL Untuk Bangunan
Kaca film V-Kool tidak hanya efektif untuk kendaraan. Kaca film ini banyak pula digunakan di rumah-rumah dan gedung-gedung. Maklum, sinar matahari menyinari semua tempat. Jika kita ingin terlindung dari UV dan infra red dari sinar matahari, maka selayaknya kita juga memasang kava film V-KOOL di rumah atau di kantor.
Flagship oulet V-KOOL juga menggunakan kaca film ini untuk pintu dan jendela-jendela kaca. Di lantai dasar, yang merupakan lobi dan tempat resepsionis, hanya menggunakan kaca biasa. Sedangkan di lantai atas menggunakan kaca film V-KOOL. Perbedaannya menjadi jelas, di lantai bawah kami masih bisa merasakan panas menembus dinding kaca, sementara di lantai atas udara menjadi lebih sejuk dan nyaman.
"Kalau ada penagih hutang ditempatkan di bawah saja. Tapi kalau pelanggan yang baik, diajak ke lantai dua," seloroh Billy, yang memberikan penjelasan kepada para kompasianer.
Lantai dua falgship outlet V-KOOL memang istimewa. Selain menjadi ruangan yang sangat nyaman, juga dilengkapi berbagai fasilitas bagi pelanggan setia. Ada meja biliard, ada kursi pijat, ada bar mini dan televisi yang ditempatkan di tengah bufet buku yang menempel ke dinding. Beberapa set kursi yang nyaman membuat kita menjadi bertambah betah kongkow-kongkow di sana dengan teman-teman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H