Mohon tunggu...
Emi NurAsiyah
Emi NurAsiyah Mohon Tunggu... Guru - Calon Guru

Calon guru profesional

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Topik 1 Elaborasi Pemahaman Prinsip Pengajaran dan Asesment Ii

11 Juni 2024   20:28 Diperbarui: 11 Juni 2024   20:59 1149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

TOPIK 1

PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMENT II SEMESTER 2

02.02.b.3-T1-5 Elaborasi Pemahaman

PPG Gel. 2_PGSD 2_TAHUN 2023

Dosen : Para mitta Purbosari, M.Pd.

Nama   : Emi Nur Asiyah                               

NIM    : 2322520020

Mahasiswa PPG Prajabatan yang berbahagia, bagaimana hasil asesmen awal terhadap karakteristik peserta didik yang telah Anda laksanakan? Apakah Anda sudah memahami hal-hal berikut ini:

Bagaimana Anda mempertimbangkan teknik asesmen awal yang Anda pilih?

Jawab :

Saya mempertimbangkan teknik asesment awal yang saya pilih dengan disesuaikan ujuan awal. Saya melakukan asesment untuk mengetahui kemampuan awal dan mengelompokkan pesertaddidik dalam kelompok belajar berdasarkan tingkat kemampuannya.sehingga teknik asesmen yang digunakan asesment kogniti berupa tes tertulis pilihan ganda, teknik asesment awal yang saya gunakan disesuaikan dengankompetisi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Bagaimana Anda memutuskan instrumen asesmen yang Anda susun untuk melaksanakan asesmen awal?

Jawab :

Cara saya dalam memutuskan instrument asesmen yang sayasusun untuk melaksanakan asesment awal ialah disesuaikan dengan teknik asesment awal sebelumnya yaitu tes tertulis pilihan ganda, sehingga instrument yang saya susun berupa rubrik penilaian tes tertulis pilihan ganda dengan jumlah soal 10 nomor, yang mana jika jawaban benar akan mendapatkan skor 1 dan jika salah akanmendapatkan sekor 0. Dengan demikian akan diperoleh nilai akhir denganperbandingan total skor yang diperoleh dengan totalskor nilai 100. Dari nilai tersebut saya dapat menggunakannya untuk memetakan peserta didik berdasarkan kemampuannya.

Bagaimana pelaksanaan asesmen awal? Apakah ada hal-hal menarik yang dapat Anda pelajari?

Jawab :

Proses pelaksanaan asesment awalnya berjalan dengan lancar, tetapi selama pengerjaan saya mendapati ada beberapa peserta didik yang mengalami kesusahan dalam menemukan jawaban soalnya dan berusaha untuk saling berbagi jawaban, tetapi saya langsung mendekati dan menyarankan untuk dapat dikerjakan secara individu sesuai dengan apa yang diketahui.

Bagaimana kualitas data asesmen awal yang Anda peroleh?

Jawab :

Kualitas data asesment awal yang saya peroleh cukup baik yang terlihat dari hasil pemetaan sesuai skor yang diperoleh yaitu peserta didik dengan kategori tinggi lebih banyak dari kategori sedang dan rendah.

Apakah Anda menemui hambatan dalam mengolah data asesmen awal?

Jawab :

Ada sedikit hambatan yang saya peroleh dalam mengolah data asesment awal, yaitu saat memetakan peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh sesuai dengan rentang skornya, dimana banyak peserta didik yang mendapatkan skor tinggi sehingga dalam kelas tersebut lebih dominasi oleh kelompok dengan kategori tinggi.

Bagaimana Anda dapat menemukan pemetaan karakteristik peserta didik terhadap penyusunan rancangan pembelajaran dan asesmen?

Jawab :

Saya dapat menemukan pemetaan karakteristik peserta didik terhadap penyusunan rancangan pembelajaran dan asesmen melalui asesment awal kognitif yang dibuat berupa tes tertulis pilihan ganda, kemudian dari hasil asement awal ini saya melakukan pemetaan sesuai dengan kategori skor menurut Guttman sehingga peserta didik akan dikelompokkan berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Dari hasil pemetaan tersebut selanjutnya saya akan merancang pembelajaran dan asesment yang sesuai dengan karakteristik peserta didik tersebut berdasarkan tingkat kemampuannya, dan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik yaitu pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun