TOPIK 2
COMPUTATIONAL THINKING SEMESTER 2
SEL.09.2-T2-2. Mulai dari Diri
PPG PRAJAB GEL. 2 KELAS PGSD 2
Nama  : Emi Nur Asiyah
NIM Â Â : 2322520020
Bagaimana pendapat Anda mengenai keberadaan CT di dalam Kurikulum Merdeka?
Jawab:
Menurut pendapat saya mengenai keberadaan Computational Thinking di dalam Kurikulum merdeka merupakan keputusan yang sangat bagus. Karena dalam proses menstransfer ilmu tentunya sangat membutuhkan trik dan strategi pemecahan masalah yang efektif agar didapat pemahaman ilmu yang bermakna. Dalam proses belajar dan pembelajaran pada kurikulum merdeka siswa dihadapkan dengan berbagai kasus yang harus dipecahkan peserta didik itu sendiri. Sehingga keberadaan Computational Thinking sangatlah membantu peserta didik dan pendidik dalam proses belajar dan mengajar, Computational Thinking sendiri dapat diterapkan sejak sekolah dasar pada fase A, Fase B, dan Fase C, Melalui fase -fase tersebut peserta didik di bimbing, diarahkan dalam pemecahan masalah kecil maupun komples dengan Computational Thinking, dengan Computational Thinking siswa dapat dengan mandiri memecahkan masalah secara efektif dan efisien serta optimal, karena sejak sekolah dasar sudah terlatih pemecahan masalah secara Computational Thinking sehingga dijenjang berikutnya peserta didik sudah dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang ditemuinya dengan permasalahan-permasalahan yang lebih komplek.
Karena CT berada dalam kurikulum, CT dipandang sebagai sesuatu yang perlu dipelajari oleh peserta didik. Menurut Anda, mengapa CT tidak diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri?
Jawab: