Mohon tunggu...
EMILIA EPI
EMILIA EPI Mohon Tunggu... Guru - GURU

hobi saya olah raga, saya orangnya humoris, konten yang paling saya suka adalah cerita fiksi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

5 Februari 2024   05:40 Diperbarui: 5 Februari 2024   05:40 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE

 

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN  MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS 5

DI SD NEGERI 02 MUNGGUK

 PPG DALJAB KATEGORI 3

 

DI SUSUN OLEH

    

                                      NAMA             : EMILIA EPI, S.Pd.

                                      NIM                 : 23021141527

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

UNIVERSITAS PGRI MADIUN

 TAHUN 2023

LK 3.1 Menyusun Best Practice

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD Negeri 02 Mungguk

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran  Matematika Materi Penyajian Data

Penulis

EMILIA EPI, S.Pd.

Tanggal

22 Januari 2024

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas V di SD Negeri 02 Mungguk diketahui bahwa :

1. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran Matematika

2. Kemampuan dasar matematika siswa masih rendah

3. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran

Berdasarkan latar belakang tersebut, kemudian dilakukan identifikasi penyebab masalah antara lain:

1. Pembelajaran yang diberikan masih berbasis teacher  center.

Siswa belum diberikan bimbingan secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dasar matematis

Kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran

  • Siswa kurang terampil dalam menjelaskan solusi masalah matematika
  • Mindset peserta didik terhadap mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan.
  • Guru belum memahami metode pembelajaran Numerasi Berbasis Asesmen.
  • Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan.

Guru kurang menggunakan media pembelajaran yang inovatif

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Best practice penting untuk dibagikan karena diharapkan dapat menjadi refensi, rujukan atau sumber informasi bagi rekan guru lainnya yang memiliki permasalahan yang sama untuk menyiapkan rencana pembelajaran serta implementasinya di dalam kelas.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Saya sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa dengan melakukan proses pembelajaran secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik materi dan siswa, sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan yaitu meningkatkan keaktifan  siswa pada pembelajaran  Matematika materi pokok Penyajian Data.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :

Siswa belum diberikan bimbingan secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dasar matematis

Kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran

  • Siswa yang kurang aktif dan  terampil dalam menjelaskan solusi masalah matematika
  • Guru belum memahami metode pembelajaran Numerasi Berbasis Asesmen.
  • Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan.

Guru kurang menggunakan media pembelajaran yang inovatif

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

Pemilihan metode pembelajaran 

a. Strategi yang dilakukan dalam pemilihan metode pembelajaran yaitu memilih metode pembelajaran yang variatif, dan tidak monoton, yaitu menggunakan metode diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

b. Proses pemilihan metode pembelajaran ini dimulai dari mempelajari materi yang akan disampaikan dan memasukkan metode pembelajaran pada kegiatan sesuai urutan pada materi.

c. Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode pembelajaran antara lain pengetahuan guru dalam penggunaan metode diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

Strategi apa yang digunakan :

  • Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL) karena model PBL ini mempunyai kelebihan diantaranya :

Keterampilan berpikir  kritis dan analitis

Keterampilan menyelesaikan masalah

Belajar disiplin ilmu

Belajar mandiri

Belajar menggali informasi

Belajar berkolaborasi dan

7. Belajar keterampilan berkomunikasi

  • Video penyajian data, dan slide power point
  • Membuat bahan ajar
  • Memanfaatkan LKPD


  • Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat

    Proses yang dilakukan untuk mengatasi tantangan

    tersebut adalah :

    • Kegiatan rencana aksi menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar siswa mudah memahami materi. Dalam pelaksanaannya siswa sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan pembelajaran hari itu.
    • Mula-mula saya menyampaikan tujuan pembelajaran sesuai sintaks atau tahapan pada model PBL, kemudian saya mengarahkan siswa untuk memperhatikan media berupa tayangan video tentang Penyajian Data. Setelah materi tersampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan tugas kelompok dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan penyajian data. Dalam kegiatan memecahkan masalah siswa terlibat aktif berdiskusi agar pemecahan masalahnya terselesaikan.
    • Dalam mengerjakan evaluasi siswa juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah memahami materi yang telah disampaikan.
    • Pada aksi kedua ini, perangkat yang saya gunakan antara lain ; laptop, LCD, Proyektor, tripod, HP. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengambil video pada saat pembelajaran. 
  • Siapa saja yang terlibat?

    Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu :

    • Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 Universitas PGRI MADIUN
    • Kepala beserta rekan guru SD Negeri 02 Mungguk
    • Siswa kelas V SD Negeri 02 Mungguk
  • Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

    • Pengetahuan mengenai model pembelajaran
      Problem Based Learning (PBL).
    • Penyusunan media pembelajaran
    • Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik
    • Penyusunan soal evaluasi yang menarik
    • Laptop, HP, dan LCD, proyektor

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Penyajian Data. Selain itu Pemahaman siswa tentang materi tersebut sangat baik.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?

Hasil dari rencana aksi yang sudah dilakukan sangat efektif. Hal ini dikarenakan oleh model pembelajaran yang menarik media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

  • Kepala sekolah dan teman sejawat merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna.
  • Siswa merasa senang dan bahagia karena proses pembelajaran menerapkan media yang bervariasi dan menarik sehingga pemahaman tentang materi mudah dipahami.

  • Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
  • Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap mengkondisikan kelas, media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik
aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah
guru harus kreatif merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada siswa dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa yang meningkat, siswa memiliki keberanian dalam memberikan pertanyaan maupun pendapat, dan siswa menjadi lebih aktif.

 

D. Daftar Pustaka 

Ismiyati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 

Masdar dan Nila :estari 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas II SD . PEDAGOGI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 8, No. 1.2022, pp.16-21 https://siakad.univamedan.ac.id/ojs/pedagogi/article/view/239/204 

Diakses pada 02/01/2024 19.05 WIB.

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id )  

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id) 

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id) 

Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id) 

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id) 

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun