Potret  realitas ada dengan mengandalkan  Cinta dan AkalÂ
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, manusia disebutkan sebagai alam kecil yang merupakan bagian dari alam besar yang ada di atas alam. Ia adalah makhluk yang bernyawa, makhluk antromorphen dan merupakan binatang yang menyusui, akan tetapi juga merupakan makhluk yang dapat mengetahui dan menguasai kekuatan-kekuatan alam di luar dan di dalam dirinya, baik lahir maupun batin. Â
Realitas  dari  kalimat  ini  telah  sejak  lama  hidup  dalam  Masyrakat  Adat  Baduy , yang  sampai  sekarang  masi  tetap  eksis  dan  menjadi  bagian  dari Alam  yang memberi  mereka kemasyuran  kehidupan. Â
Sejatinya  pengenalan  kami  dengan  masyrakat  adat Baduy  telah  memberikan   pemahaman  tertinggi  tentang  keistimewaan  corak  hidup  yang  berdampingan  dengan  Alam . Realitas  yang tertinggi  ini  menjadi  landasan  Bagi  masyrakat  baduy  untuk  Tidak  menerima  atau  membuka  diri  terhadap  Perkembangan  Dunia  Moderen. Â
Dengan  segala  aspek  kehidupan ,  Masyrakat  baduy  memiliki tanggung  jawab Moral  untuk  mempertahankan  segala  bentuk  kebudayaan  Praktis  yang  diwariskan  oleh  Nenek  moyang  mereka .Â
Hal  ini  terwujud  dalam  setiap ucapan  dan  perbuatan  mereka  baik terhadap  Masyrakat  pendatang  maupun  dengan  masyrakat  baduy  sendiri dan juga  dengan  alam . saya  berpikir bahwa Kalau demikian, maka dengan mempelajariSuku  baduy berarti kita dibawa ke dalam panorama pengetahuan yang sangat luas, dalam dan kritis, yang menggambarkan esensi manusia denga  Alam . Panorama pengetahuan seperti itu, paling tidak memiliki manfaat ganda yakni manfaat praktis dan teoritis bagi  Kita  semua.Â
                  Â
Dokpri
Untuk apa manusia hidup, bagaiman ia harus hidup, dan apa hakekat manusia hidup?????
Untuk  menjawaba  pertanyaan  diatas  kita  mesti  melakukan  banyak  hal dan pastinya  untuk  sampai  pada  pemahaman  yang  tertinggi itu tidaklah  muda  sebab  pertanyaan diatas  adalah  gambaran  kecemasan  manusia tentang kehidupan dan kebingungan . Â
Bagi  saya  ketika  kita  melihat  realitas  Kehidupan  masyrakat  baduy ,  pertanyaan  ini  dapat  dengan  mudah  mereka  menjawab  sebab  bagi saya  inti  jawaban  atas pertanyaan ini  hanya  bisa  diucapkan oleh mereka yang  sudah  memahami  bagaimana  alam  dan pribadi  kita  berinteraksi  untuk  mendapatkan  kenikmatan  baik  secara  substansi maupun  secara  fisik  di  dunia .Â
Jauh  dari pada  itu  masyrakat  baduy pasti  melihat  bahwa  pencipta  telah  menetapkan  sesuatu  untuk kehidupan  dan  mesti  harus  dijaga  dan  dilestarikan  dengan potensi  yang  dimiliki, Karena hal  itu dapat membantu dalam memberikan pemaknaan  terhadap segala yang dipertanyakaan . Â
Dalam  prektik  hidup  masyrakat  baduy  sangat  mencolok  gambaran  bahwa  kedudukan  serta  pemahaman  tentang  dunia  sangatlah  luas  dan  mampu  menembut  batas  dan  dimensi  akal  sehat manusi  yang  menginjak  diri dalam  dunia  Moderen. Â
Bagaimana  ia  harus  hidup???  Pertanyaan  ini  secara spesifik  memancarkan  sebuah  analisis  secara  Filosofis  artinya  untuk  sampai  pada pemahaman  yang mendalam  kita mesti mengaitkan  dimensi  horisontal dan dimensi  Vertikal dalam setiap  kehidupan.Â
Melihat  praktik kehidupan  masyrakat  baduy yang  hidup selaras  dengan  Alam , membuktikan  bahwa konsep  kehidupan  ini  telah tersistematis  dibentuk secara  alamiah dan  kebiasaan yang lahir karena  interaksi  dengan  Alam.Beginilah  pertanyaan  ini  bisa  dijawab  oleh  masyrakat  badui  tanpa  perlu diabstrakan dengan kalimat  Filosofis.
Cinta  adalah sikap dasar ideal untuk kehidupan  bersama.
 Fenomena  yang sangat  menarik  yang ditunjukan  oleh  Alam  , memberikan  ruang kepada  manusia  untuk melihat  dengan  banyak aspek kehidupan untuk memahaminya  .  Â
Seperti halnya  masyrakat  baduy  mempu  membaca  gejala  alam  dengan  Cinta  akan  kepercayaan yang mendasar  dalam  ruang  batin. Hal ini  tentu sangat menarik perhatian  kita agar melihat  kedalaman  cinta  masyrakat  baduy dengan sistem adat dan kepercayaan  dengan landaskan  Cinta. Praktik nyata  bahwa keberadaan  rasa  mencintai terwujud dalam kelompok masyrakat  Baduy yang sangat menjunjung tinggin  manusia  seperti apapun  rupanya dan keseluruhan  yang ada yang diciptakan  Oleh  Sang  Pencipta .Â
Bagi  saya  wujud  tertinggi  cinta  manusia  adalah seperti praktik kkeselurhan kehidupan  dari masyrakat  baduy.  penguatan  klompok  Adat masyrakat  adat Baduy yang sampai saat ini tetap berdiri  kokoh  , sangat  jelas  mencerminkan sebuah  landasan  Cinta  yang  mendalam terhadap  ciptaan lain. Ini  menjadi  salah  satu  wujud  nyata  dari  keadaan  Cinta  yang dihidupi  di dasar  Rasa dan di ujung Akal.Â
                  Tulisan  ini hanya  sekedar  refleksi dari pengunjung dan kemudian  diabstrakanÂ
                  sesuai gaya  bahasa penulis,yang  tidak digunakan  oleh penulis  pada umumnya .
          Â
Yang  Singgah  tak  Harus  Bermukim
sebab  rindu tidak membutuhkan ruangÂ
 Karna Sejatinya  Rindu  adalah  idealisme  CintaÂ
Yang  nayata  terpancar  dalam kesunyiaanÂ
terkadang  dia  tak  menetap
tetapi ia tetap  dituntun dengan wujud yang termasyur.
seperti Gubuk  bambuÂ
Dia  menampung segalah kecukupan cinta
Dia tidak menampung  rindu  dengan segalah ruangÂ
tetapi dia mampu membiaskan  rindu kepada siapapun.
 Â
#Pondok Cinta Baduy# Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H