Refleksi dan RTL PPG Daljab K1G2 - Matematika - Universitas Syiah Kuala
Emanuel Alek Sugiarto - SMA TALENTA BANDUNG
Fact
Saya Emanuel Alek Sugiarto, mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Puji Tuhan tahun 2022 merupakan tahun yang penuh berkat sekaligus tantangan bagi saya. Pada bulan April 2022 saya ditetapkan menjadi peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5, saya menjalani masa pendidikan bulan Mei - Desember 2022.Â
Di saat Pendidikan Guru Penggerak belum selesai, tepatnya di bulan November 2022 saya ditetapkan menjadi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab Kategori 1 Gelombang 2 setelah mengikuti serangkaian proses seleksi, mulai dari seleksi akademik, seleksi administratif, sampai proses Lapor Diri ke Universitas penyelenggara. Selama dua bulan saya menjalani secara bersamaan PGP dan PPG. Banyak tantangan yang saya hadapi selama proses pendidikan tersebut, khususnya pada bulan November - Desember 2022.Â
Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan berkat dukungan dari rekan-rekan sesama peserta PGP, akhirnya saya dapat menyelesaikan proses Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 pada bulan Desember 2022 yang lalu. PPG sendiri berlangsung selama 3 bulan, yaitu bulan November 2022 sampai dengan bulan Januari 2023 dan saat ini saya masih menjalani proses PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022.
Saya mendapatkan kesempatan mengikuti PPG di Universitas Syiah Kuala yang terletak di Jln. Teuku Nyak Arief, Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Saya mengikuti pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika.Â
Di Universitas Syiah Kuala ini saya berproses bersama dosen-dosen yang profesional, berpengalaman, dan senantiasa rendah hati dalam memberikan pelayanan bagi kami para mahasiswa. Kami melaksanakan proses perkuliahan secara daring (pendalaman materi) dan luring (PPL). Saat ini saya masih menjalani proses PPG, hari ini tepatnya tanggal 24 Januari 2023 adalah hari terakhir rangkaian kegiatan refleksi dan rencana tindak lanjut. Setelah ini saya bersama rekan mahasiswa lain akan mengikuti tahapan Uji Kinerja (UKin)Â dan Uji Pengetahuan (UP) yang masih kami tunggu jadwal pelaksanaannya.Â
Seperti yang kita ketahui bersama, Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Hal tersebut termuat pada Perdirjen tentang petunjuk teknis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2021. Sehingga kami berharap nantinya bisa lulus dan menjadi guru yang lebih profesional seperti yang diamanatkan Perdirjen tersebut di atas.
Program PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022 ini dilaksanakan dengan rangkaian (1) Pendalaman Materi (2) Pengembangan Perangkat Pembelajaran (3) Uji Komprehensif (4) Praktik Pengalaman Lapangan (5) Uji Kinerja, dan (6) Uji Pengetahuan. Tahap pertama, yaitu Pendalaman Materi yang terdiri dari Identifikasi Masalah, Eksplorasi Penyebab Masalah, dan Penentuan Penyebab Masalah. Dalam tahapan tersebut saya memulai dengan mengidentifikasi permasalahan yang saya rasakan/temui pada proses pembelajaran, baik yang pernah atau sedang saya alami.
 Kemudian setelah mendapatkan beberapa permasalahan saya melakukan eksplorasi penyebab masalah yang saya temui tersebut dengan cara melakukan kajian literatur, wawancara ke pihak terkait, menganalis, dan selanjutnya menentukan penyebab masalah dari permasalahan tersebut. Tahapan kedua, yaitu Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang terdiri dari Eksplorasi Alternatif Solusi, Penentuan Solusi, Pembuatan Rencana Aksi, dan Pembuatan Rencana Evaluasi.Â
Pada tahapan ini saya melakukan eksplorasi alternatif solusi melalui kajian literatur, wawancara, dan analisis yang dilanjutkan dengan penentuan solusi yang tepat berdasarkan hasil analisis. Setelah menentukan solusinya, kemudian saya menyusun perangkat pembelajaran inovatif mulai dari penyusunan Lintasan Belajar, RPP, LKPD, Bahan Ajar, Kisi-kisi Soal Evaluasi, dan Soal Evaluasi. Penyusunan perangkat pembelajaran inovatif ini terdiri dari 2 rencana aksi.Â
Penyusunan perangkat pembelajaran inovatif ini nantinya diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang sudah saya tentukan pada tahap sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan perangkat rencana evaluasi. Tahapan ketiga adalah Uji Komprehensif, pada tahap ini saya melakukan pertanggungjawaban terhadap perangkat pembelajaran inovatif yang sudah saya susun dan akan saya lakukan. Ujian ini merupakan persyaratan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tahapan keempat yaitu Praktik Pengalaman Lapangan.
Pada tahapan ini saya melaksanakan pembelajaran yang sudah saya siapkan pada tahapan pengembangan perangkat pembelajaran. Saya melaksanakan PPL sebanyak 2 kali yaitu pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Puji Tuhan pelaksanaan PPL 1 dan PPL 2 berjalan dengan lancar, mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai tahap pelaporan (editing dan unggah video pembelajaran). Pelaksanaan PPL pun mampu membantu menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang saya temui pada proses pembelajaran sebelumnya.Â
Tahapan kelima adalah Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan, namun saat ini kami masih menunggu jadwal pelaksanaanya. Walaupun jadwal pelaksanaan ujian belum ada, namun kami sudah harus mulai mempersiapkan portofolio. Semoga Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan nanti dapat kami selesaikan dengan baik, sehingga pada akhirnya nanti dapat lulus dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini dan menjadi guru yang semakin profesional dan lebih percaya diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik.
Feelings
Bahagia sekaligus merasa tertantang selama menjalani PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 ini. Bahagia karena diberikan kesempatan untuk menjalani proses pendidikan yang bertujuan menciptakan pendidik yang lebih profesional dan tangguh.Â
Merasa tertantang karena PPG bukanlah proses pendidikan yang mudah, banyak hal yang harus dilakukan, dikerjakan, dilaporkan, dan serangkaian ujian yang harus diikuti. Ditambah pada bulan November - Desember 2022, saya menjalani 2 pendidikan secara bersamaan, yaitu Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).Â
Selama menjalani proses PPG awalnya sempat khawatir apakah bisa menjalani bersamaan dengan PGP atau tidak, namun setelah dijalani Puji Tuhan bisa mengikuti proses pendidikan dengan baik. Semakin merasa bahagia dan bangga ketika mampu mengikuti perkuliahan (conference), menyelesaikan semua tugas-tugas, mampu menyusun perangkat pembelajaran inovatif yang melibatkan model pembelajaran PBL, TPACK, dan media pembelajaran interaktif.
Findings
Banyak hal yang saya dapatkan selama proses PPG ini. Semua kegiatan yang saya jalani semuanya bermanfaat bagi saya, khususnya sebagai seorang pendidik. Interaksi dengan dosen pengajar/pembimbing, guru pamong, rekan mahasiswa PPG sungguh merupakan pengalaman yang berharga. Interaksi tersebut memberikan banyak manfaat bagi diri saya. Berbagi pengalaman dari masing-masing rekan mahasiswa PPG juga memberikan banyak pengetahuan baru, khususnya praktik pembelajaran di berbagai daerah yang berbeda.Â
Hal baik lain yang saya dapatkan adalah ketika melaksanakan PPL, yaitu meningkatkan kemampuan saya dalam menyusun perangkat pembelajaran yang inovatif, mulai dari penyusunan RPP, LKPD, sampai evaluasi pembelajaran. Penerapan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal HOTS.Â
Dari semua proses PPG ini, saya semakin mampu menjadi seorang pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Future
Setelah selesai dan lulus dari PPG ini, tentu saja saya harus mampu dan konsisten dalam mengimplementasikan semua hal yang sudah dilakukan selama proses PPG. Mampu memetakan permasalahan yang ditemui selama proses pembelajaran. Menentukan penyebab dari permasalahan yang ditemui tersebut.Â
Menentukan solusi dari permasalahan. Menyusun perangkat pembelajaran inovatif sebagai bentuk solusi permasalahan pembelajaran, menyusun LKPD yang interaktif, memberikan soal-soal HOTS untuk mengasah berpikir kritis peserta didik.Â
Perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan TPACK, media interaktif, model inovatif, sehingga terwujud pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, dan berpihak pada peserta didik. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang disusun. Melakukan evaluasi dan perbaikan, serta melakukan refleksi pembelajaran. Hal lain yang akan dilakukan adalah melakukan diseminasi hasil PPG kepada kepala sekolah, rekan guru, dan menerapkannya dalam pembelajaran bersama peserta didik.
Pada akhirnya terima kasih saya ucapkan kepada kepala sekolah, rekan sejawat, peserta didik di SMA TALENTA BANDUNG. Terima kasih juga kepada dosen pengajar, dosen pembimbing, guru pamong, rekan-rekan mahasiswa PPG Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang senantiasa telah membantu, mendampingi, memberikan motivasi selama pelaksanaan PPG ini. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dengan semakin banyaknya guru-guru yang profesional, tangguh, dan inovatif. Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H