Mohon tunggu...
Elvira Siti Azzahra Nurbasari
Elvira Siti Azzahra Nurbasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be Grateful

Mahasiswa kelahiran 2000 asal Ciamis yang sedang menempuh kuliah jurusan Pendidikan Ekonomi di UPI yang sangat termotivasi untuk mengembangkan keterampilan dan tumbuh secara profesionaldalam kegiatan organisasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Miftahul Ulum Kab. Tasikmalaya

15 Agustus 2021   11:00 Diperbarui: 15 Agustus 2021   17:19 777
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Mengajar Siswa kelas II (Dokpri)

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2021.

 Kegiatan Kampus Mengajar ini berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di beberapa Sekolah Dasar di daerah 3T (Terdepan, Terpecil, dan Tertinggal), salah satunya adalah di SD Mifahul Ulum yang bertempat di Kp. Pereng RT/RW 02/01 Ds. Margahayu Kec. Manonjaya Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat. 

SD Miftahul Ulum merupakan Sekolah Dasar Swasta baru yang didirikan pada tahun 2015. Sistem pendidikan di SD Miftahul Ulum ini pada dasarnya sama dengan sekolah pada umumnya, siswa melakukan kegiatan belajar mengajar yang dibimbing atau diajari oleh setiap guru, mengingat sekolah ini merupakan sekolah rintisan maka perlu ada upaya yang cukup besar dalam meningkatkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. 

SD Miftahul Ulum masih berakreditasi C yang masih jauh dari kata baik dibandingkan sekolah lainnya. Maka dari itu, masih perlu adanya bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan akreditasi SD Miftahul Ulum agar menjadi lebih baik. Di SD tersebut saya dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yakni Ibu Ike Widiastuti, S.T.,M.T beliau merupakan dosen program studi teknik mesin di Universitas Merdeka Malang. 

Selain itu, saya juga ditemani dengan beberapa mahasiswa yang berasal dari Universitas Islan Bandung, Universitas Merdeka Malang, dan Universitas Siliwangi.

Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggungjawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi covid-19. 

Sistem pembelajaran yang menarik dan tidak monoton diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa terutama dalam literasi dan numerasi. Hasil yang diperoleh dari program Kampus Mengajar untuk sekolah yakni mengajar siswa yang terfokus pada bidang literasi dan numerasi dengan belajar berbasis permainan agar siswa tidak cepat bosan, membantu adaptasi teknologi dengan mempresentasikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran agar efektivitas kegiatan di sekolah menjadi lebih baik, dan membantu melengkapi administrasi sekolah yang belum lengkap. 

Sedangkan, manfaat untuk mahasiswa yaitu dapat lebih peka terhadap permasalahan kehidupan sekolah maupun masyarakat yang ada di sekitarnya; menambah wawasan; bekerjasama lintas bidang ilmu, dan menambah soft skills mahasiswa. Secara rinci kegiatan kami selama 3 bulan dari tanggal 29 Maret 2021 hingga 26 Juni 2021. 

Kegiatan SD Miftahul Ulum ini yakni pertama dalam kegiatan mengajar saya di SD Miftahul Ulum memegang kelas II. Siswa di kelas II berjumlah 9 orang diantaranya Angga, Awalaisya, Natasya, Zepsi, Erwin, Natasya, Giri, Ridzwal dan Gina. Selama kegiatan mengajar siswa yang selalu hadir selalu 4 sampai 5 orang saja dan terkadang orang yang hadir selalu sama. 

Kegiatan pembelajaran dilkukan secara luring di sekolah dengan jadwal dua kali dalam seminggu yakni hari selasa dan rabu pada pukul 09.00-10,00 WIB. Pembelajaran selalu dilakukukan secara luring terjadwal karena beberapa siswa kelas II tidak memiliki gawai dan kurang memahami beberapa aplikasi pembelarajan. 

Selama proses pembelajaran saya menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan dan media pembelajaran laptop guna mendukung siswa agar aktif dan termotivasi dalam pebelajaran. Beberapa minggu saya mengajar siswa kelas II, mereka tertarik dan lebih semangat dengan pembelajaran tersebut dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah. 

Hambatan dalam kegiatan pembelajaran di kelas II yakni saya agak kesulitan dalam mengelola kelas dikarenakan siswa sangat hiperaktif, membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengelola kelas agar suasana kembali kondusif. 

Kegiatan Mengajar Siswa kelas II (Dokpri)
Kegiatan Mengajar Siswa kelas II (Dokpri)
Kedua, dalam segi adaptasi teknologi pada hari Kamis, 24 Juni 2021 di SD Miftahul Ulum dilaksanakan sosialisasi Adaptasi Teknologi dengan dilakukan pembukaan pada pukul 10.15-10.25 WIB oleh Mufti selaku ketua kelompok. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh delapan guru, dengan tujuh guru kelas dan kepala sekolah serta tujuh mahasiswa sebagai penyelenggara kegiatan sosialisasi. Kemudian dilaksanakan Sosialisasi Adaptasi Teknologi mengenai Mind Map dan Desain dan Canva yang disampaikan oleh Mufti. Sosialisasi kedua dilakukan oleh Ghisa mengenai penggunaan Google Meeting sebagai solusi pembelajaran daring. 

Sosialisasi ketiga dilakukan oleh Elvira mengenai penggunaan Power Point sebagai media pembelajaran. Sosialisasi keempat dilanjutkan oleh Ola mengenai penggunaan Learning Management System (LMS) yaitu Classroom untuk mempermudah kegiatan pengumpulan tugas atau pembagian materi saat pembelajaran khususnya di masa pandemi. 

Sosialisasi ke lima oleh Hari mengenai Penggunaan Google Form sebagai alternatif dalam melakukan evaluasi kepada siswa khususnya di masa pandemic serta membahas mengenai penggunaan scanner mobile untuk mempermudah keperluan menscan suatu dokumen yang diperlukan.

 Sosialisasi selanjutnya dilakukan oleh Cyntia mengenai beberapa tips untuk keperluan guru dalam pemenuhan kebutuhan aplikasi sesuai dengan kendala-kendala yang terjadi di sekolah. Sosialisasi terakhir dilakukan oleh Dea mengenai penggunaan aplikasi tatap maya yaitu Zoom sebagai alternatif lain untuk keperluan virtual meeting. 

Hambatan yang saya alami yakni sosialisasi adaptasi teknologi ini dilakukan diakhir kegiatan program Kampus Pengajar karena di awal kegaiatan kami fokus dalam perapihan administrasi sekolah. Terakhir, perpihan admnistrasi sekolah yang mahasiswa lakukan yakni menyebaran proposal kratif ke beberpa lembaga secara online maupun offline dan pamflet donasi melalui media sosial masing-masing. 

Namun, setelah beberapa pekan di follow up kembali hanya beberapa lembaga saja yang merespon proposal kreatif tersebut. Lalu, mahasiswa merapihkan ruang perpustakaan dan member kode untuk buku tematik, ktsp, dan buku hasil donasi. Selanjutnya, mahasiswa diberikan tugasnya masing-masing untuk mengerjakan beberapa format Buku Sekolah, Buku Kesiswaan, dan Buku Kepegawaian. Untuk kegiatan terkahir mahasiswa memaparkan beberapa administrasi yang telah dibuat beserta cara-cara pengisian Buku Administrasinya. 

Hambatan yang saya alami dalam program administasi yakni dalam mencari format administrasi yang jelas sesuai dengan ketentuan, hal ini dikarenakan sekolah tidak memliki format yang jelas. Selain itu, kegiatan ini memerlukan waktu yang banyak, karena dalam pembagian waktu Mahasiswa sibuk dalam kegiatan mengajar.

Kegiatan Perapihan Administrasi Sekolah (Dokpri)
Kegiatan Perapihan Administrasi Sekolah (Dokpri)
Diadakanya program tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan. Lembaga Pengembangan Penelitian Mahaiswa (LPPM) UPI juga berkerjasama dengan pihak Kampus Merdeka. Kegiatan ini juga dapat direkognisi dengan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN) UPI. Harapan saya melalui program ini diharapkan terjadi proses pembelajaran secara optimal kepada semua siswa dalam kondisi terbatas selama pandemi covid-19 terutama sekolah di daerah 3T.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun