perluasan merek atau biasa kita kenal dengan sebutan Brand Extension untuk dapat bersaing dan dapat mempertahankan brand di masa sekarang ini.
Di jaman sekarang ini, ada banyak sekali brand serta bidang bisnis yang sudah tersebar di tengah-tengah masyarakat. Hal ini membuat persaingan bisnis semakin ketat dikarenakan banyak bidang bisnis yang hadir dalam sektor bisnis. Jika kamu termasuk salah satu pemilik brand atau bidang bisnis tertentu, alangkah baiknya untuk menerapkan strategiAPA ITU BRAND EXTENSION?
Menurut Rangkuti (2006), di kutip dari jurnal Aulia Danibrata (2008), Brand Extension merupakan bagian dari strategi merek yang digunakan oleh perusahaan untuk meraih kesuksesan suatu produk. Perusahaan yang ingin meluncurkan produk baru ataupun dengan kategori baru atau juga produk yang dimodifikasi ke dalam pasar dengan menggunakan nama merek sebelumnya sebagai merek paying atau merek induk. Jadi dapat disimpulkan bahwa Brand Extension adalah suatu pengembangan merek yang sudah ada pada suatu produk dengan tetap menggunakan merek asal tetapi dengan katagori produk yang berbeda.Â
MENGAPA HARUS BRAND EXTENSION?
Lenk dan Wedel (2010) mengatakan bahwa konsumen cenderung mencoba produk dari perluasan merek. Hal ini karena banyak konsumen yang sudah mempercayai merek tertentu untuk kategori yang diinginkan dibandingkan harus mencoba produk tersebut dengan brand lain. Brand Extension juga membawa beberapa manfaat bagi bisnis. Perusahaan dapat memperoleh citra merek yang meningkat, menghemat dana untuk pengembangan merek baru, penggunaan biaya promosi yang efisien, dan dapat memperoleh lebih banyak keuntungan.
BAGAIMANA PENERAPAN STRATEGI BRAND EXTENSION?
Sebelum melakukan strategi Brand Extension, alangkah baiknya lakukan beberapa tips ini:
- Ukur ekuitas brand terlebih dahulu - Hal ini bertujuan untuk melacak kemungkinan dan dampak perluasan merek di masa mendatang.
- Menimbang potensi dan risiko - Melakukan analisis bisnis untuk mengidentifikasi efek positif maupun negatif pada keberlangsungan brand extension.
- Manfaatkan kompetensi inti bisnis - Tujuannya untuk memperoleh keuntungan yang kompetitif, memperoleh efisiensi, dan membangun diferensiasi pasar.Â
- Lakukan riset pemasaran: Analisis potensi, peluang, dan kebutuhan pasar.
Hal penting yang perlu diketahui sebelum melakukan strategi perluasan merek  atau Brand Extension adalah menciptakan brand awareness, brand equity, dan brand loyalty yang tinggi. Tentu saja, salah satu cara meningkatkan aspek-aspek tersebut adalah dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk demi mendapat kepuasan pelanggan.Â
APA SAJA JENIS-JENIS BRAND EXTENSION?
- Product Form - ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk mengubah bentuk produk yang ada. Hal ini memungkinkan suatu produk untuk bersaing dalam kategori yang berbeda. Contoh: Brand Snickers biasa dikenal dengan coklat bar, kini juga meluncurkan produk baru es krim dengan rasa Snickers.
- Companion Product - Produk yang melengkapi produk utama. Mereka termasuk dalam fungsi yang sama dan berhubungan dengan produk asli. Contoh: Brand Colgate yang biasa dikenal dengan pasta gigi juga ikut meluncurkan produk baru yaitu sikat gigi.
- Company Expertise - Perusahaan yang memperluas produksinya dan merancang produk baru dengan nama yang sudah mapan. Contoh: Brand Fender, merek yang terkenal dengan gitar berkualitas tinggi. Kini memperluas keahliannya untuk membuat earbuds.
- Brand Prestige - Strategi ini melibatkan merek yang menciptakan produk yang tidak terkait dengan keahlian utama perusahaan. Contoh: Brand BMW yang dikenal dengan memproduksi kendaraan mobil mewah dan motor mewah, namun sekarang mulai beroperasi di industri pakaian dengan menjual jam tangan.
- Transfer of Components - Strategi ini perusahaan mencoba menggunakan elemen sukses dari produk lama mereka dengan yang baru. Mereka berusaha untuk memanfaatkan elemen ini dan mendapatkan kesuksesan yang sama. Komponen-komponen tersebut adalah rasa, bahan, aroma, dan warna. Contoh: Brand Fanta yang menjual minuman berkarbonasi dengan pilihan lebih dari 100 rasa di seluruh dunia.
(Sumber: https://kledo.com/blog/brand-extension/)
APA KEUNTUNGAN DARI PENGGUNAAN STRATEGI BRAND EXTENSION?