Author: Elvina Mutiara
Adanya kebijakan-kebijakan Pemerintah seperti PSBB dan PPKM, nampaknya telah berdampak pada banyak sektor, salah satunya pada sektor Pendidikan. Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edatan No.15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (BDR) Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Covid-19.
Dengan begitu, sudah seharusnya pihak sekolah memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi yang cukup berpengaruh besar terhadap sektor pendidikan. Kemajuan tersebut dapat ditunjukan oleh pemanfaatan Electronic Learning (E-Learning), seperti menghadirkan platform-platform yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu platform yang dapat digunakan yaitu game/quiz online Kahoot!. Kahoot! merupakan aplikasi online dimana game/quiz dapat dikembangkan dan disajikan dalam format permainan.
Kahoot! dapat digunakan untuk memantau kemajuan wawasan peserta didik, mengetahui seberapa fokus mereka dalam menjawab sebuah pertanyaan dengan cepat, serta meningkatkan antusiasme dan animo peserta didik dalam belajar karena tampilannya yang sangat menarik dengan warna-warna ceria serta iringan musik yang menyenangkan. Kahoot! juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran digital untuk melakukan penilaian asesmen formatif. Skor yang ada di Kahoot! merupakan jawaban-jawaban yang dipengaruhi oleh kecepatan para peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Pendidik dapat memanfaatkan akurasi dalam bentuk persen sebagai nilai, selain itu pendidik juga dapat melakukan analisis butir soal dengan hasil skor yang telah diraih oleh peserta didik.
Lantas bagaimana cara Kahoot! dapat digunakan?
Kahoot! memiliki dua tipe permainan, yaitu Classic Mode dan Team Mode. Classic Mode, masing-masing peserta bermain menggunakan satu perangkat saha, sedangkan untuk Team Mode, satu tim terdiri dari dua orang atau lebih yang dapat menggunakan satu perangkat yang sama. Kunjungi laman web Kahoot.com melalui desktop, laptop, maupun smartphone, kemudian masukan kode permainan dan tulis nama peserta. Selain itu, aplikasi Kahoot! juga dapat lebih mudah dan cepat digunakan melalui aplikasi yang dapat diunggah di AppStore dan PlayStore. Dengan begitu, aplikasi Kahoot! dapat digunakan kapan pun dan dimana pun.
Pada hari Selasa, 27 Juli 2021 Elvina dan ketiga temannya melakukan kegiatan KKN Tematik dengan melaksanakan program unggulan #BelajarSambilBermainBersamaKahoot via Zoom Meeting bersama dengan siswa siswi SDIT At-Taqwa. Terlihat sekali antusiasme siswa siswi saat kami menjelaskan apa itu Kahoot!, “ayo dong kak ini gimana caranya”, “iya kak gak sabar nih” ujar beberapa anak yang sepertinya sudah sangat tertarik dengan media pembelajaran kali ini.
Setelah semuanya mengunjungi laman web Kahoot.com dan mengisi nama masing-masing, permainan pun dimulai dengan mengisi soal-soal Bahasa Sunda sesuai dengan mata pelajaran yang sedang berlangsung.
Saat permainan sudah dimulai, suasana kompetitif pun dirasakan oleh para siswa, “musiknya bikin tegang tapi seru” ujar salah satu siswa.
Semangat siswa siswi kelas 5 SDIT At-Taqwa semakin terlihat ketika skor ditampilkan. Bahkan, mereka terus meminta kami mengulangi permainan tersebut hingga tiga kali, saking semangatnya.
Tidak terasa, hampir 120 menit kami melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Kahoot!, akhirnya kami mengakhiri dengan melakukan Closing Statement berupa kesimpulan pembelajaran hari ini, dimana para siswa siswi kelas 5 SDIT At-Taqwa diminta memberikan kesan mereka setelah merasakan pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot!. Dan mereka pun terlihat sangat senang dengan memberikan respon-respon positif kepada kami.
Terimakasih dan Semoga Bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H