Mohon tunggu...
Elva Sulastri
Elva Sulastri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pekerjaan sebagai guru di SDN 15 Sidang Tangah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Hobi menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Contoh LK 1.1 Identifikasi Masalah, PPG Daljab 2023

3 Februari 2024   23:30 Diperbarui: 3 Februari 2024   23:31 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 1.1 Identifikasi Masalah

Nama Guru                 : Elva Sulastri, S.Pd

Asal Institusi               : SDN 15 Sidang Tangah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Petunjuk: Silakan identifikasi masalah-masalah pembelajaran yang mungkin terkait dengan penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan siswa, melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS (High Order Thinking Skills), literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman Anda saat menjadi guru.

No

Jenis permasalahan

Masalah yang diidentifikasi

Analisis identifikasi masalah

1.

Literasi Numerasi

  • Rendahnya minat baca siswa (Literasi)
  • Siswa lebih senang bermain dari pada membaca buku.
  • Siswa tidak tertarik memilih bahan bacaan.
  • Siswa sering menanyakan kembali informasi tanpa membaca dahulu.
  • Kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian masih rendah (Numerasi)
  • Siswa masih menggunakan alat bantu seperti tabel perkalian.
  • Siswa tidak mengulang pembelajaran perkailian dirumah.

2.

Membangun hubungan antara guru dan orang tua siswa

  • Komunikasi antara guru dan orangtua siswa terbatas.
  • Belum optimalnya kerja sama guru dan orang tua
  • Orang tua siswa banyak yang sibuk bekerja sehingga kurang memperhatikan pola belajar anaknya.
  • Jarak rumah dengan sekolah cukup jauh.
  • Orang tua tidak ikut membimbing anak dirumah.

3

Pemahaman/pemanfaatan model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa

  • Guru belum mengoptimalkan  pembelajaran inovatif sesuai dengan karakteristik materi.
  • Guru belum memahami dari tiap-tiap model pembelajaran
  • Kegiatan belajar satu arah atau terfokus pada guru masih dominan

4

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran

  • Sarana dan prasarana disekolah tidak memadai
  • Guru belum menguasai TIK sebagai sumber belajar yang menyenangkan
  • Sekolah tidak menyediakan sarana dan prasarana seperti infocus dan lain-lain.
  • Kurangnya pemahaman mengenai teknologi/TIK
  • Guru tidak mengikuti pelatihan terkait dengan teknologi.

5

Materi HOTS ( High Order Thinking Skills )

  • Materi pembelajaran dikelas belum berbasis HOTS.
  • Siswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal HOTS.
  • Guru belum memahami pembelajaran berbasis HOTS
  • Siswa tidak terlatih menyelesaikan soal-soal HOTS.

Catatan: Identifikasi masalah pembelajaran yang tercantum di atas bersifat umum dan dapat berbeda-beda dalam setiap konteks kelas. Disarankan untuk mengadakan diskusi lanjutan dengan rekan guru dan mempertimbangkan pengalaman pribadi serta kebutuhan spesifik di lingkungan pembelajaran Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun