Mohon tunggu...
Elsya Febi Tbr
Elsya Febi Tbr Mohon Tunggu... Guru - mazawa

manajemen zakat dan wakaf

Selanjutnya

Tutup

Money

Kenaikan dan Penurunan Kosmetik di Asia

24 Desember 2019   11:46 Diperbarui: 24 Desember 2019   12:02 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

klaster farmasi dan kosmetik halal

farmasi dan kosmetik halal merupakan produk yang terbuat dari bahan yang sesuai dengan syariat islam. kandungannya terbebas dari unsur binatang yang diharamkan dan yang disembelih tidak sesuai dengan tuntunan islam. komoditas itu harus diproduksi dan diproses menggunakan alat yang tidak tercampur oleh zat yang tidak sesuai dengan syariat islam. dengan demikian, farmasi dan kosmetik halal merupakan harmonisasi dari syariat islam, good manocakturing practice (GMP) serta bahan bakunya sudah halal.

kondisi global dan nasional klaster farmasi dan kosmetik halal

pada tingkat global industri kosmetik dan farmasi mengalami trend perkembangan yang baik dari tahun ke tahun. pada tahun 2017 nilai industri kosmetik naik sebesar 5 %. saat ini trend industri kecantikan menawarkan kesempatan premiumisasi tidak hanya melalui harga tinggi dan lebel mewah. melainkan dengan meningkatkan kualitas. produk perawatan kulit diprediksikan akan tumbuh sebesar 31% selama 2017 - 2022 dan akan dipimpin oleh area asia pasifik. hal ini dilatar belakangi oleh naiknya kesadaran terhap perawatan kulit, exspansi perusahaan serta naiknya konsumen kelas menengan di area pasifik, timur tengan, dan area afrika. ada 5 kunci utama mengembangkan industri kosmetik global yaitu :

  1. kecantikan yang sudah menjadi gaya hidup seseorang. hal ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran gaya hidup sehat.
  2. aspek kebersihan, kesesuaian dengan etika, dan kecantikan yang inklusif. trend yang berkembang pesat adalah kosmetik yang natural dengan bahan baku organik yang mendukung berkelanjutan lingkungan sekaligus memenuhi tujuan sosial. sementara etika akan mendorong produsen untuk mengaktualisaikan ajaran agama dan budaya sebagai nilai tambah dalam produknya.
  3. pengalaman dan pemberdayaan. pengalaman berfokus pada menaikkan ikatan emosional dengan konsumen. salah satu upaya pendekatan secara digital dengan ditingkatkannya pemilihan produk, pendidikan dan pemantauan.
  4. digital dan teknologi yang direncanakan. interaksi antara produsen dan konsumen saat ini gencar dilakukan secara digital. 
  5. berkembangnya persepsi premium pada produk kosmetik.

pada industri farmasi global terdapat empat peluang yang dapat dimanfaatkan. penjualan obat  over the counter atau OTC (obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter) diperiksakan akan didominasi oleh asia pasifik sebesar 36% hingga 2022. kategori obat tidur dan penenang juga diprediksikan mengalami kenaikan penjualan selama 2017 - 2020.

faktor yang mempengaruhi, hal ini yaitu meningkatnya tingkat stres pada masyarakat, tingginya tingkat kesibukan dan gaya hidup yang serba cepat dan modern. penjualan obat secara online dengan kategori vitamin dan suplemen diprediksikan akan tumbuh pada priode yang sama. jika dibandingkan dengan industri kosmetik, farmasi cedenderung lebih cepat tumbuh dinegara berkembang,karna secara agregat mengukuti indikatormakro ekonomi.Hal ini menyebkan indonesia masuk pada posisi ke-3 dari 10 negara dengan perkembangan pasar industri farmasi tercepat.

Secara global,berdasarkan state of global islamic report konsumsi muslim terdapat produk farmasi dan kimia dari tahun 2013-2017 menunjukkan trean yang meningkat.

Saat ini indonesia berada di posisi ke-4 sebagaoi negara dengan kosmetik produk farmasi terbanyak. Sementara pada sektor kosmetik,indonesia merupakan negara ke-2 dengan jumlah konsumsi kosmetik terbesar setelah india.Pada tahun 2023 di perkirakan pangsa pasar farmasi akan naik sebesar 7.1% menjadi USD 131 miliyar dan pangsa kosmetik naik sebesar 6.9% menjadi USD 90 miliyar.

Farmasi dan kosmetik telah masuk pada daftar sektor industri andalan kementrian perindustrian.dari tahun 2013-2017 pangsa pasar produk farmasi di indonesia mengalami kenaikan.Namun,performa menjualannya penurun.

Pengertian Kosmetik

Kosmetik halal merupakan kosmetik yang bahan pembuatannya sesuai dengan aturan yang telah di perbolehkan oleh Allah.Halal berasal dari kata halla yang berarti hukum yang sah, yang di izinkan bagi muslim (jallad dalam borzoe dan azgari 2013) hal ini juga ditegaskan oleh imam al - ghazali (2002 :12) yang mendefinisikan halal sebagai sesuatu yang diperbolehkan dalam ajaran islam. dalam islam halal tidak dapat ditolak, hal ini telah menjadi ketentuan mutlak yang harus dipatuhi bagi seluruh umat islam. 

syarat - syarat kosmetik halal 

  1. tidak mengandung DNA  babi dan bahan - bahan yang berasal babi (tradisional)
  2. tidak mengandung bahan - baha yang diharamkan seperti darah hewan 
  3. semua bahan yang berasal dari hewan yang disembelih dengan syariat islam.
  4. semua tempat penyimpanan, tempat penjualan, tempat pengolahan dan transportasinya tidak boleh digunakan untuk daging babi, jika pernah digunakan untuk daging babi atau barang yang tidak halal lainnya terlebih dahulu dibersihkan dengan tata cara yang diatur menurut syariat islam. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun