Saya Elizabeth Lamrida Sihotang
mahasiswi  Fakultas Ilmu Komunikasi
Pembelajaran Teori Komunikasi
Dosen pengampu Ibu Surti Wardani S.Sos.,M.Si
UNIVERSITAS PAMULANG
____________________________________________________
"Strategi Marketing Komunikasi Dalam Sebuah Kelompok Kecil "
    Strategi Marketing  Komunikasi adalah kumpulan ide atau gagasan yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan pemasaran dengan sasaran yang efektif
Komunikasi kelompok merupakan suatu proses interaksi antara tiga orang atau lebih secara langsung, di mana setiap anggota saling berinteraksi
Meskipun tidak ada batasan pasti untuk jumlah anggota, komunikasi kelompok melibatkan komunikasi antarpribadi.
 Proses ini seringkali spontan dan tidak terstruktur , sehingga setiap anggota memiliki peran yang fleksibel dalam komunikasi kelompok kecil tersebut.
Strategi marketing dalam sebuah kelompok kecil termasuk dalam teori -- teori komunikasi yaitu teori Pemikiran Kelompok Â
Teori Pemikiran Kelompok (Groupthink Theory) pertama kali dijelaskan oleh Irving L. Janis melalui bukunya "Victims of Groupthink: A Psychological Study of Foreign Decision and Fiascoes".
 kelompok keil dilihat sebagai tempat atau wadah untuk saling bertukar ide atau sumber daya  baik bersifat materi maupun non materi agar tercipta nya suatu tujuan Bersama
Penerapan Strategi Marketing komunikasi  ini bisa menjadi dasar untuk suatu langkah dalam penerapan marketing komunikasi , berikut ini adalah langkah umum strategi Marketing Komunikasi
Memahami Profil kelompok kecilÂ
Dalam suatu kelompok harus mengetahui jumlah anggota yang terlibat dan menentukan tujuan yang akan dicapai dalam sebuah kelompok
Mengunakan Bahasa yang relevan
Mengunakan gaya bahasa yang baik dan sesuai dengan audiens dan memastikan pesan yang disampaikan jelas dan dapat diterima oleh audiens
Bangun hubungan personal
Dalam membangun hubungan personal dapat meningkatkan sebuah kepercayaan dan efektiv dalam sebuah komunikasi serta menindaklanjuti pembahasan untuk memastikan pesan yang disampaikan dipahami oleh audiens
Evaluasi dan adaptasi
Meminta pendapat anggota dan melakukan pendekatan berdasarkan hasil evaluasi
Strategi marketing komunikasi mengutamakan sebuah komunikasi 2arah dan relasi yang erat untuk sebuah kelompok kecil
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H