Mohon tunggu...
El Shania Ravitamala
El Shania Ravitamala Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb. Selamat datang di Blog saya 😊

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNEJ: Optimalisasi Pembelajaran Online Bagi Guru PAUD Menuju Era Digital

14 September 2021   03:19 Diperbarui: 14 September 2021   06:05 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara mandiri yang dilakukan di desa masing-masing mahasiswa. Kegiatan KKN tersebut mengambil tema kegiatan Program Literasi Desa pada Masa Pandemi Covid-19 dengan judul kegiatan Orientasi Media Pembelajaran Online pada Guru PAUD. Pelaksanaan program tersebut dilaksanakan pada lembaga pendidikan PAUD TP PKK Lengkong di Desa Lengkong, Kabupaten Jember.

Kegiatan KKN minggu pertama yang dilakukan adalah tahap perencanaan dan diskusi. Tahapan tersebut dilakukan diskusi dengan Kepala Desa Lengkong untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan suatu kondisi dan potensi dari desa.  Kemudian dilakukan diskusi bersama guru PAUD TP PKK Lengkong terkait permasalahan dalam bidang pendidikan selama pandemi tersebut. Berikutnya dilakukan perencanaan dan pemantapan program yang akan dilakukan kepada sasaran yaitu guru.

Ibu Asyati (54 tahun) sebagai salah satu guru PAUD, menyatakan bahwa permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran daring yaitu belum dapat menggunakan media pembelajaran online. 

Oleh karna itu, proses pembelajaran hanya berdasarkan pemberian tugas melalui whatsapp group. Berdasarkan hal tersebut, proses pembelajaran daring banyak mendapat keluhan dari wali murid siswa karna dinilai tidak efektif. Mencermati permasalahan diatas, dibutuhkan sebuah terobosan baru dalam pemanfaatan platform media pembelajaran online seperti zoom, google meet, google classroom, google form dan canva. 

Kegiatan minggu kedua adalah dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya menggunakan media pembelajaran online. Hal tersebut, untuk memaksimalkan kegiatan proses pembelajaran sehingga guru dapat berinteraksi dengan siswa secara virtual. 

Berikutnya dilakukan pelatihan kepada guru PAUD TP PKK Lengkong mengenai penggunaan media belajar zoom dan google meet. Kegiatan pelatihan tersebut mengenai cara pembuatan meeting menggunakan zoom dan google meet, mengontrol pertemuan saat menjadi host meet, cara berbagi layar (share screen) kepada semua partisipan dan cara menambahkan  partisipan yang masuk dalam room tersebut.

Kegiatan minggu ketiga adalah dilakukan pelatihan lanjutan yaitu pembuatan video animasi pembelajaran. Sasaran akan dikenalkan terkait penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan video pembelajaran yang nantinya dapat mendukung proses pembelajaran antara guru dan siswa. Berikutnya, sasaran akan melakukan praktik secara mandiri dalam membuat video yang kreatif dengan didampingi oleh mahasiswa KKN. 

Hasil dari video pembelajaran tersebut dapat dibagikan melalui whatsapp group sehingga siswa dapat menonton dan memahami melalui video tersebut. Selain itu, penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat ditonton kembali sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Kegiatan minggu keempat adalah dilakukan pelatihan lanjutan penggunaan platform media pembelajaran online seperti google classroom dan google formulir. Kegiatan tersebut dilakukan dengan dua kali pertemuan, pada pertemuan pertama yaitu pelatihan penggunaan media pembelajaran dengan google classroom untuk memudahkan guru dalam mengontrol tugas siswa. 

Kemudian, pada pertemuan kedua yaitu pelatihan penggunaan media pembelajaran dengan google formulir untuk membuat survei dalam pembuatan soal ulangan harian, soal ujian dan presensi kehadiran siswa. Sasaran akan didampingi mahasiswa KKN dalam penggunaan aplikasi tersebut untuk pengenalan dan pelatihan platform digital tersebut agar dapat memaksimalkan proses pembelajaran daring. 

Adanya pelatihan-pelatihan kelas KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN menjadi pengetahuan baru bagi guru PAUD dalam menggunakan media pembelajaran yang baru secara daring. Proses kegiatan belajar dan mengajar dengan menggunakan media digital akan memungkinkan untuk diimplementasikan pada tahun ajaran baru. 

Dampak dari pelaksanaan program pelatihan bagi guru PAUD TP PKK Lengkong media pembelajaran online seperti zoom dan google meet akan membantu guru dalam proses pembelajaran tatap muka menjadi virtual secara daring pada masa pandemi Covid-19 dan siswa akan mendapatkan penjelasan oleh guru sehingga mudah mengerjakan soal. 

Kemudian, media pembelajaran online lainnya seperti google classroom juga membantu guru dalam pelayanan pengumpulan tugas siswa secara teratur. Berikutnya, media pembelajaran online berupa google formulir dapat membantu guru sebagai media evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaan ulangan dan ujian kenaikan kelas. Kemudian, begitu juga dengan media pembelajaran melalui video menggunakan canva menjadi inovasi baru bagi guru untuk membuat materi pembelajaran berupa video yang menarik bagi siswa (El Shania Ravitamala/KKN 26/Jember/Azmi).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun