Mohon tunggu...
Elsa Ajarwati
Elsa Ajarwati Mohon Tunggu... Administrasi - Student

Bachelor of Business Administration, University of Indonesia | Cares about education and environment.

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengembangan Bisnis Joolyd, Multifunction Makeup Stick

30 Mei 2019   00:05 Diperbarui: 30 Mei 2019   01:43 432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar belakang

Berkembangnya teknologi informasi memudahkan kita untuk memperoleh berbagai informasi, terutama bagi kaum millennial. Banyak hal di dunia maya yang dengan mudah menjadi trend, salah satu yang sedang berkembang pesat adalah trend kecantikan millennial. 

Perkembangan industri kecantikan di Indonesia yang pesat dipengaruhi juga oleh permintaan produk yang meningkat baik dari kalangan millennial maupun Gen Z dan generasi yang lebih tua pun kini semakin fasih dalam menggunakan teknologi e-commerce. Perkembangan industri ini mendorong munculnya banyak produk kosmetik dan brand baru yang menawarkan beragam produk inovatif. Selain teknologi, perkembangan dan hal-hal baru dalam industri kecantikan juga dipengaruhi oleh target pelanggan yang sebagian di antaranya adalah generasi millennial.

Peluang bisnis

Generasi millennial (dan Generasi Z) cenderung menyukai segala sesuatu yang praktis dan instan, termasuk juga dalam urusan kosmetik. Kebiasaan baru yang sedang disukai oleh millennial dan Generasi Z adalah menggunakan kosmetik yang multifungsi dan praktis. Trend ini mendorong pelaku usaha industri kosmetik untuk menciptakan inovasi. Hingga saat ini, sudah ada beberapa produk inovatif yang berupa skin care multifungsi, makeup multifungsi, hingga gabungan antara makeup dan skin care dalam satu produk. 

Beberapa contoh produk multifungsi yang banyak diminati adalah tinted moisturizer, BB cream, multipurpose oil/balm, hingga eye, lip & cheek makeup. Namun demikian, produk makeup multifungsi yang tersedia saat ini terbatas pada beberapa fungsi saja, rata-rata fungsi yang dimiliki ada tiga hingga empat fungsi. Hal inilah yang menjadi inspirasi Joolyd untuk menciptakan produk makeup yang memiliki fungsi lengkap untuk makeup. Joolyd adalah produk makeup yang berbentuk seperti pensil yang terbagi atas beberapa potongan yang dapat dibongkar pasang. Beberapa bagian tersebut akan diisi oleh berbagai jenis makeup berbentuk stik seperti lip & cheek crayon, highlighter, browcara, dan concealer.

Hambatan yang mungkin akan muncul

Hambatan dalam melakukan pengembangan bisnis ini adalah bagaimana menemukan rumah produksi yang tepat untuk membuat produk yang bebar-benar baru ini agar kualitasnya sesuai keinginan pasar.

Key activities

  • Produksi: kegiatan utama yang akan dilakukan tentunya adalah memproduksi pensil makeup multifungsi Joolyd. Adapun yang akan menjadi rumah produksi adalah pengrajin yang biasa membuat produk botol minum.

  • Pemasaran: tahap selanjutnya adalah melakukan pemasaran di berbagai saluran baik online maupun offline. Di saluran online, Joolyd akan memasarkan produk melalui Instagram, Twitter, dan YouTube. Sementara untuk pemasaran offline, joolyd akan melakukan cosignment dengan toko dan kafe lokal di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Pekanbaru. Kami juga akan bergabung dalam beberapa komunitas sebagai upaya community building.

  • Penjualan: adapun yang akan menjadi saluran penjualan adalah online marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan marketplace khusus produk kecantikan, yaitu Sociolla. Kami juga menjual secara offline di toko dan kafe yang telah menjadi mitra kerja sama kami.

  • Evaluasi: dalam menjalankan bisnis, tentu akan ada kekurangan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan secara rutin dengan periode tertentu mulai dari evaluasi mingguan, evaluasi bulanan, dan evaluasi tahunan.

  • Improvement: hasil dari evaluasi akan dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi selama proses bisnis.

  • Business development: tidak hanya memperbaiki yang belum baik, Joolyd juga akan terus mengembangkan produknya serta meningkatkan kualitas produk yang sudah ada agar dapat menciptakan inovasi untuk terus bersaing di industri yang berkembang sangat pesat ini.

Customer relationship

  • Co-creation: pada dasarnya bisnis adalah upaya pemenuhan kebutuhan pasar. Oleh sebab itu, apa yang dilakukan bisnis harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Co-creation adalah cara yang tepat untuk menciptakan produk-produk dengan permintaan yang tinggi. Aktivitas co-creation akan dilakukan dengan menanyakan keinginan pelanggan melalui konten interaktif di media sosial.

  • Personalization: millennial dan Gen Z dikenal sebagai generasi yang menginginkan produk yang autentik. Terlebih lagi, Joolyd menjual produk makeup yang memiliki banyak fungsi. Setiap orang memiliki preferensi produk makeup yang berbeda-beda sehingga Joolyd melayaninya dengan memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memilih brand makeup yang mereka inginkan.

  • Personal assistance: pada saat transaksi jual-beli, layanan pelanggan sangatlah dibutuhkan untuk memberikan customer experience yang baik bagi pelanggan. Oleh sebab itu, personal assistane sangat diperlukan untuk memberi pelayanan terbaik pada pelanggan. Personal assistance akan dilakukan melalui fitur chat di marketplace dan WhatsApp.

Key partners

  • House of production (pencil): pengrajin yang biasa membuat botol minum karena bentuknya yang serupa.

  • Cosmetics supplier: berbagai brand lokal Indonesia yang menjual kosmetik multifungsi seperti Rollover Reaction, Wardah, dan Mad for Makeup

  • Printing: mitra untuk memasok berbagai keperluan pengemasan seperti stiker, thank you notes, dan kemasan.

  • Shipping partner: mitra pengiriman mulai dari pengiriman konvensional seperti JNE, Tiki, dan J&T hingga pengiriman cepat seperti GrabExpress dan GoSend.

  • Payment partner: mitra untuk melakukan pembayaran seperti bank, GoPay, dan OVO.

Value proposition

  • Newness: produk ini merupakan inovasi baru sehingga dapat membawa nilai kebaruan.

  • Simplicity: produk ini memiliki fungsi yang memudahkan penggunanya untuk makeup sehingga dapat membawa nilai kemudahan.

  • Local-made: komposisi produk ini terdiri dari produk-produk makeup lokal Indonesia sehingga dapat membawa nilai ini.

Customer segmentation

  • Wanita: target utama makeup adalah wanita, namun tidak menutup kemungkinan untuk laki-laki.

  • Millennial dan Gen Z: seperti yang telah diapparkan di latar belakang, produk ini terinspirasi oleh gaya hidup millennial yang menyukai kemudahan dalam segala hal.

  • Kota-kota besar di Indonesia: kota besar cenderung memiliki gaya hidup yang menyukai produk-produk kecantikan.

Cost structure

  • Biaya bahan baku: bahan baku yang dibeli di mitra usaha yakni brand makeup lokal Indonesia.

  • Biaya produksi: biaya untuk pembuatan produk Joolyd.

  • Biaya pemasaran: biaya untuk melakukan berbagai aktivitas pemasaran baik online maupun offline.

  • Biaya operasional: biaya yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya bisnis.

  • Biaya manajemen: biaya lain yang dibutuhkan untuk keperluan manajerial.

Key resources

  • Modal pribadi: sebagai usaha rintisan, Joolyd akan membangun bisnis dengan modal pribadi pemilik usaha.

  • Pengetahuan dan keterampilan dalam industri kecantikan: pengetahuan dan keterampilan adalah kunci utama suksesnya suatu bisnis.

  • Koneksi dengan mitra: kolaborasi akan membuat segalanya semakin mudah. Dengan kolaborasi, akan terbentuk jaringan yang dapat mendukung satu dengan yang lainnya.

Channels

  • Instagram, Twitter dan YouTube untuk pemasaran: lebih dari setengah penduduk Indonesia sudah mengenal gadget dan sebagian besar dari mereka menggunakan media sosial sebagai tempat bersosialisasi dan mencari informasi. Oleh sebab itu, pemasaran digital sangatlah tepat untuk memasarkan produk.

  • Tokopedia, Shopee, dan Sociolla untuk penjualan: di era digital ini e-commerce berkembang sangat pesat, semua kalangan sudah mengenal online shopping. Online marketplace adalah platform yang tepat untuk menjual produk di era digital ini.

  • Pop-up store di offline event: pengalaman yang berbeda akan dirasakan ketika pelanggan melihatlangsung produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, Joolyd tidak akan melupakan layanan offline untuk memasarkan produknya.

  • WhatsApp untuk layanan purnajual: pengalaman pelanggan tidak berhenti sampai saat transaksi jual-beli saja, pendampingan purnajual sangat diperlukan untuk meningkatkan kepuasan dan membangun loyalitas.

Revenue streams

Transaction-based revenue: Joolyd sebagai usaha rintisan hanya akan memperoleh pendapatan dari kegiatan jual-beli produk makeup multifungsi.

Penutup

Saat ini penduduk Indonesia didominasi oleh generasi milennial dan Gen Z. dengan demikian, milennial dan gen z adalah pasar yang paling besar untuk dijadikan target market. Oleh sebab itu, Joolyd akan menjawab kebutuhan dan keinginan generasi ini melalui produk inovatif yaitu makeup multifungsi yang sesuai dengan trend masa kini. 

Joolyd juga mendukung usaha-usaha lokal dengan cara menjalin kemitraan sebagai supplier makeup. Namun tidak hanya mengandalkan market-based view saja, Joolyd percaya bahwa pengetahuan dan keterampilan pengelola bisnisnya adalah kunci keberhasilan dalam membangun suatu bisnis. Dengan mengandalkan orang-orang kreatif dalam menjalankan bisnis, Joolyd percaya akan dapat terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun