Perkembangan kognitif (3-6)
Perkembangan kognitif adalah perkembangan kemampuan ank untuk mengeksplorasi lingkungan karena bertambah besarnya koordinasi den pengendalian motorik, maka dunia kognitif akan berkembang dengan pesat, kreatif, bebas dan imaginatif.
1. Perkembangan kognitif menurut Piaget
Perkembangan kognitif pada masa awal anak-anak dinamakan tahap pra-operasional yang berlangsung dari usia dua hingga tujuh tahun. Pada tahap ini konsep yang stabil dibentuk, penalaran mental muncul, egosentris mulai kuat dan kemudian mulai melemah, serta terbentuknya keyakinan terhadap hal yang magis. Dalam istilah pra-operasional menunjukkan bahwa pada tahap ini teori Piaget difokuskan pada keterbatasan pemikiran anak. Istilah “operasional” menunjukkan pada aktifitas mental yang memungkinkan anak untuk memikirkan peristiwa pengalaman yang dialami.
2. Perkembangan Persepsi
Pada masa perkembangan persepsi, seorang anak dapat melihat objek-objek yang jauh dan hampir sempurna tetapi disini mengalami kesukaran dalam memfokuskan penglihatan pada objek-objek yang dekat. (Cratty,1986) dalam Desmita (2005:133).
3. Perkembangan Memori (Daya Ingat)
Mengukur memori anak-anak jauh lebih mudah, karena anak-anak telah dapat memberikan reaksi secara verbal.
Komponen pentingnya yaitu :
a. Memori jangka pendek
Individu dapat menyimpan informasi selama 15 gingga 30 detik, dengan asumsi tidak ada latihan atau pengulangan.