Mohon tunggu...
Elok Firdaa
Elok Firdaa Mohon Tunggu... Freelancer - Renungi, jalani, nikmati dan syukuri. manusia bisa mengubah takdirnya jika ia mau untuk berusaha.

Mahasiswa Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2018

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Tiada Perbedaan karena Kita Sama

9 Desember 2020   10:12 Diperbarui: 9 Desember 2020   10:35 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tidak sedikit kita temui anak memiliki ketidakmampuan fisik maupun motorik. Seperti ketidakmampuan dalam berbicara atau biasa disebut dengan bisu, ketidakmampuan dalam melihat atau biasa disebut dengan buta atau tunanetra, ketidakmampuan dalam mendengar atau biasa disebut dengan tuli atau tunarungu.

Sebagian orang mungkin berfikir mereka is different with me. Padahal sebenarnya, mereka sama dengan kita. Karena tidak ada perbedaan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Kita sama-sama hidup di dunia dan sama-sama memiliki hak untuk hidup dan hak untuk belajar. 

Sebagian dari kita juga mungkin akan memandang buruk kepada mereka yang memiliki kekurangan atau ketidakmampuan. Mereka dianggap lemah, mereka dianggap berbeda, dan mereka dianggap buruk.

Kita belum tau, bahwasannya tekad mereka lebih besar dari kita. Dari kekuarangan yang mereka miliki, mereka gunakan sebaik mungkin untuk menunjukkan kepada kita bahwa mereka tak seburuk kita dan mereka dapat menjadi lebih baik dari kita.

Sekarang, coba kita intropeksi diri. Apa kelebihan yang kita miliki dan apa kekurangan yang kita miliki. jika dibandingkan dengan mereka yang tidak dapat bicara, tidak dapat melihat, tidak melihat dan kekurangan-kekurangan lainnya hal yang paling terlihat perbedaan antara kita dan mereka adalah rasa syukur. Terkadang kita yang sudah diberikan kesempurnaan hidup masih mengharap hal yang lebih. Selalu merasa kurang dan tidak pernah melihat mereka yang benar-benar kurang.

Banyak atlit di luar sana yang memiliki keterbatasan hidup namun dapat menjadi sang juara. Seperti Dian David sang juara olahraga tenis meja, Habibie Afsyah sang bisnis online yang kaya raya, Tarjono Slamet yang mempunyai perusahaan kerajinan, Fanny Evrita Royua Ritongga penyandang tunadaksa dan memiliki bisnis kecantikan, dan masih banyak lainnya.

Kekurangan yang mereka miliki menjadi semangat untuk meraih kesuksesan. Prilaku negative yang sempat mereka dapatkan dari masyarakat menjadi batu loncatan untuk menggapai kesuksesan.

Lalu, bagaimana dengan kita yang memiliki kondisi fisik yang sempurna? Akankah tetap diam dan menunggu mukzizat datang? Sayangnya hal itu tidak dapat tercapai, cukup halusinasi yang selalu mengitari, namun bertindaklah menggapai asa.

Sedikit cerita, di rumah saya memiliki tetangga yang kata orang-orang beliau itu tidak dapat melihat. Beliau sudah tua renta. Namun, beliau dapat berjalan tanpa bantuan dan dapat menghafal jalan tujuan menuju tempat ibadah yaitu masjid.

Setiap datang waktunya sholat, beliau datang ke masjid untuk berjamaah. Pulang pergi beliau sendiri dan tanpa membawa tongkat sebagai alat bantu melihat. Kegigihan dalam menggapai yang diinginkan menjadikannya dapat melakukan hal  perbedaan dan tidak ada yang layak untuk diberi cacian maupun memberi cacian.

Saling membantu dan saling menyayangi tentulah penting dilakukan sebagai makhluq sosial. Menolong antar sesama yang membutuhkan tanpa memandang fisik dan perilaku.

Berbicara tentang anak berkebutuhan khusus, terdapat beberapa klasifikasi yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya, diantaranya tunarungu yaitu kelainan ketidakmampuan atau tidak berfungsinya indra pendengaran, tunanetra yaitu ketidak berfungsinya indra penglihatan, tunadaksa yaitu gangguan gerak, tunagrahita yaitu keterbelakangan mental, kesulitan belajar, autis, disleksia yaitu gangguan belajar, dispraksia yaitu gangguan motorik halus yang tidak terkendali, dangguan komunikasi, gangguan multi sensor, cacat fisik dan kekurangan lainnya.

Kebutuhan khusus yan dimiliki seseorang dapat diobati dengan beberapa terapi. Jika kekurangan sangat parah dapat diobati melalui terapi khusus atau bahkan menggunakan alat bantu, seperti menggunakan tongkat untuk berjalan, kursi roda, alat pendengaran telinga yaitu hearing aid.

Terapi yang digunakan untuk menyembuhkan dan meringankan kekurangan dari anak berkebutuhan khusus biasanya melalui sekolah di sekolahan luar biasa. Sekolah luar biasa terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan anak.

SLB (Sekolah Luar Biasa) umumnya terbagi menjadi 6 bagian, yaitu SLB bagian A dikhususkan untuk tunanetra, SLB bagian B diberikan untuk pelayanan tunarungu, SLB bagian C untuk pelayanan tunagrahita. SLB bagian C terbagi menjadi 2 yaitu bagian C dan bagian C1, bagian C untuk tunagrahita ringan dan bagian C1 untuk tunagrahita sedang.

Selanjutnya SLB bagian D yaitu untuk penyandang tunadaksa yang terbagi menjadi 2 yaitu SLB bagian D  penyandanag tunadaksa tanpa gangguan kecerdasan dan bagian D1 untuk tunadaksa yang disertai gangguan kecerdasan, SLB bagian E untuk penyandang  tunalaras, SLB bagian G untuk peyandang tunaganda yaitu menyandang dua atau lebih kelainan.

adanya Sekolah Luar Biasa tidak lagi menjadikan alasan keterbatasan pendidikan seseorang. setiap keinginan untuk menjadi lebih baik selalu ada jalannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun