Mulai dari diri
Hal yang saya pikirkan tentang topik bahasan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran adalah bagaimana saya mengajar dan bagaimana menyiapkan diri dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD masing-masing peserta didik. Alasannya karena ZPD sangat dibutuhkan dalam pembelajaran, dan melalui strategi ini memungkinkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara bertahap. Penerapan strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan bantuan scaffolding pada ZPD, guru dapat mengembangkan keterampilan peserta didik baik kognitif, social dan emosional peserta didik serta pendekatan ZPD dapat memastikan peserta didik dapat meraih potensinya secara optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Eksplorasi konsep
Hal yang saya pelajari dari konsep pada topik ini adalah menjelaskan tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam pendidikan di Indonesia yang diterapkan dalam pembelajaran oleh guru untuk untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik. Hal ini dapat terjadi apabila guru dapat menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan konsep ZPD secara maksimal dalam pembelajaran dan merancang konsep ZPD dalam kegiatan pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan belajar, karakteristik peserta didik dan kemampuan peserta didik agar menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.
Pendidikan serta pengajaran di Indonesia yang mulai menerapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum pemerintah yaitu kurikulum merdeka sehingga dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pengajaran dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pemberian scaffolding dengan konsep ZPD adalah seorang guru atau pendidik terlebih dahulu harus memahami dan mengetahui konsep ZPD pada masing-masing peserta didik sebelum memilih bantuan yang akan diberikan. Guru dapat memberikan bantuan berupa pendekatan, seperti menerapkan pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan TaRL yang dalam penerapannya, mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuan masing-masing peserta didik berdasarkan hasil asesmen diagnostic yang dilakukan.
Scaffolding pada ZPD juga dapat dilakukan oleh pendidik dan teman sebaya. Scaffolding yang diberikan seperti memberikan contoh, memberikan tutor penyelesaian, menjelaskan hal rumit menjadi Bahasa yang lebih sederhana yang dapat diterima oleh peserta didik. Selain itu, metode PBL sangat cocok diterapkan dalam memunculkan scaffolding dengan alasan pada fase 4 pada sintaks PBL membimbing peserta didik dalam menyelesaikan, memudahkan, memberikan scaffolding dari pendidik dan mengajar dengan menerapkan konsep ZPD dengan bantuan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan konsep ZPD dengan bantuan scaffolding akan dirasa lebih efektif dan tepat dalam membantu peserta didik dalam pembelajaran ketika menghadapi kesulitan.
Ruang kolaborasi
Hal yang saya pelajari lebih lanjut bersama rekan-rekan dalam ruang kolaborasi yaitu pandangan masing-masing anggota kelompok dan persamaan serta perbedaan tentang pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. Selain itu, pandangan masing-masing anggota kelompok tentang kesiapannya mengajar dan persamaan serta perbedaan tentang mengajar dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD pada peserta didik.
Demonstrasi kontekstual
Hal yang penting saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang anda jalani bersama kelompok yaitu penerapan tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan latar belakang pesreta didik guna menciptakan pembelajaran yang efektif.
Elaborasi pemahaman
Hal yang sudah saya pahami tentang topik bahasan ini adalah dalam melaksanakan pembelajaran, guru perlu melakukan persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. Hal yang perlu diperhatikan guru dalam melakukan persiapan adalah mempertimbangkan semua aspek seperti pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, dimana semua aspek tersebut harus menyesuaikan dengan ZPD peserta didik dan pertimbangan kesalahan dalam memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran karena dapat menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. Guru dalam memberikan jenis bantuan scaffolding kepada peserta didik juga perlu diperhatikan karena harus memberikan sesuai dengan kondisi peserta didik secara bertahap selama proses pembelajaran. Hal yang dapat dilakukan guru dengan kondisi seperti hal tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan yangs sesuai seperti pembelajaran berdiferensiasi dan pendekatan TaRL.
Hal baru yang saya pahami dan berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran adalah pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran scaffolding pada ZPD bahwa seorang guru dalam melaksanakan pengajaran harus mempertimbangkan semua aspek seperti pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran scaffolding pada ZPD yang harus menyesuaikan dengan karakteristik dan latar belakang peserta didik. Â Selain itu, guru juga perlu mempertimbangkan bantuan dan bimbingan secara bertahap selama proses pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat kepada peserta didik.
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana memastikan bahwa semua aspek seperti pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran scaffolding pada ZPD yang dilakukan oleh guru dapat berhasil dalam proses pembelajaran?, Apa kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran scaffolding pada ZPD?, Apa yang akan dilakukan oleh guru ketika salah dalam memilih pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran scaffolding pada ZPD?.
Koneksi antar materi
Keterkaitan topik 5 dengan topik lain: kaitan dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan, setiap anak berasal dari latar belakang yang berbeda dengan karakteristik dan kebutuhan belajar yang berbeda. Scaffolding pada konsep ZPD sebagai jembatan untuk menyelaraskan kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga scaffolding pada ZPD dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan latar belakang peserta didik dapat meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan kemampuan mereka dan kemandirian mereka dalam belajar yang dilakukan secara bertahap. Sehingga diharapkan peserta didik dapat beradaptasi dengan situasi belajar, memiliki kemandirian belajar dalam pemecahan masalah dan terjadinya perubahan dalam pengalaman belajar.