Mohon tunggu...
Elitawati Purba
Elitawati Purba Mohon Tunggu... -

saya mahasiswi dari STKIP Muhammadiyah Sorong

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Pembelajaran

3 Juli 2013   14:48 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:04 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

1.Latar Belakang

Saat ini terdapat beragam inovasi baru di dalam dunia pendidikan terutama pada proses pembelajaran salah satunya adalah kontruk truktivisme,sisitem belajar ini lebih di karenakan agar pembelajaran membuat siswa antusian terhadap masalah yang ada  sehingga mereka mau mencoba memcahkan persoalanya .pembelajaran di kelas masih dominan menggunakan metode ceramah & Tanya jawab sehimgga kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi terhadap benda-benda konkret. Perlunya  seorang guru memperhatikan konsep awal siswa sebelum pembelajaran mengajar bukan hanya untuk menguruskan gagasan-gagasan pendidikan pada siswa melainkan sebagai proses mengubah konsepsi siswa yang sudah ada dan mengemebang siswa mengkostruk konsep si tersebut agar lebih matang maka dari permasalahnya  tersebutsaya tertarik melakukan  penelitian  konsep untuk mengetahui bagaiman sebenarnya hakikat teori belajar kontruktivisme ini bias mengembangkan  keaktifan siswa  dalam mengonstruk  pengolahanya sendiri

2.Teori Kontruktivisme

Kontruksi berartimembangun dalam konteks filsafat pendidikan dapat diartikan kontruk tivisme adalah suatau upayah membangun tatah susunan hidup berbudaya moderen,
kontruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) dan juga merupakan pengetahuan yang di bangun oleh manusia sedikit demi sedikit yanghasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong pengetahuan bukanlah seperangkat fakta konsep atau kaida yang siap di ambildan diingat tetapi manusia harus mengkontruksi pengetahuan itu dan member makna melalu pengalamn nyata dan mempunyai pemaham tentang belajar yg lebihmenekankan proses dari pada hasil jadi kontruktisme didevinisikan sebagai pembelajaran yang bersifan generative yaitu tindakan menciptakan

sesuatu makna dari apa yang dipelajari.

3.Perbandingan dengan kajian atau penelitian

Ada banyak penelitian yang meniliti tentang teori belajar ini tetapi yang saya ambil menurut Von Glasersfeld menyatakan bahwa kontruktivisme adalah salah satu fil safat pengetahuan yang menentukan bahwa pengetahuan kita adalahkontruksi (benrikan) kita sendiri pengetahuan di bentuk oleh stuktur konsepsih seseorang sewaktu berinteraksi dengan lingkungan dan menurut Jean Praget menyatakan bahwa pengetahuan dibangun dalam pikiran anak pandangan’

Jean Piaget seorang psikog kelahiran swiss (1896-1980), percaya bahwa pelajan akan lebih berhasil apabila di sesuaikan dengan taham perkembanga kognitif peserta didik.

4.OBJEK

Teori pelajar kontruktivisme bisa di aplikasikan kedalam pembelajaran B.Inggris dan untuk mengetahui bagaiman hakekat pembelajaran teori kontruktivisme terhadap pembelajaran B.Inggris di MTSN Mariyai sp 2 bahkan teori ini oleh Ivan Ptrokvich Pavlov merupakan satuan hasil karya nyata mendapat respon positif oleh para ahli spikologi di bidan sains.
oleh karna itu saya mengaplikasikannya/menera khususnya di MTS N Mariayai sp 2 teori ini siswa akan lebih berantusias dalam pelajaran dan membuat siswa menjadi aktif.

5.Hasil Observasi

Di harapkan dapat di jadikan kontribusi epistimonologi untuk para pendidikan siswa itu sebenarnya bukanlah kertas putih kosong dimana guru bias secara bebas membentuk pengetahuan siswa namun sudah terdapat pengetahuan yang luar dan hanya tinggal mengembangkan sesuai funsinya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun