Mohon tunggu...
elisa zahra putri
elisa zahra putri Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswi UPN Veteran Jakarta

Explore hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bermodal Keberuntungan, Pemuda Ini Mendapatkan 100 Juta Pertamanya di Usia 18 Tahun

7 Juni 2023   21:55 Diperbarui: 7 Juni 2023   22:00 1187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta - Siapa mengira, anak berusia belasan tahun dapat menghasilkan ratusan juta dalam satu bulan. Hal tersebut terjadi pada Ahmad Daffa Urrofi, pria kelahiran 31 September 2002 ini memulai karirnya sejak usia 14 tahun. Saat ini Urrofi adalah seorang Content Creator Tiktok yang cukup terkenal dibidang photography dan videography.

Dalam wawancara terbaru pada Sabtu, 01 April 2023 Urrofi menceritakan bagaimana ia mendapatkan uang 100 juta pertamanya diusia yang sangat muda yaitu 18 tahun. Berawal dari menekuni hobinya, dan mulai berbagi berbagai tips-tips photography melalui media sosial. Penasaran dengan kesuksesan Urrofi di usia muda? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

cc : Instastory @Urrofi
cc : Instastory @Urrofi
Urrofi mengungkapkan bahwa awal kesuksesannya ini hanya mengikuti trend yang sedang viral pada masa itu. Pada saat ia berusia 14 tahun, ia sangat tertarik untuk mengulik tentang videography yang kala itu sedang populer di masyarakat. Dengan bekal hobi photography, Urrofi mulai membuat video travel dan menguggahnya di media sosial. Selain itu juga ia mengunggah youtube pertamannya dengan judul "Bikin Hyperlapse (tanpa) Tripod Tutorial'.

Video yang diunggah pada tahun 2018 ini langsung mendapatkan ratusan ribu penonton. Hal itu dikarenakan content yang dibuat Urrofi ini dikemas sangat menarik dan tentunya berbeda dari creator-creator lainnya. Perlahan nama Urrofi mulai naik, namun Urrofi memilih untuk lebih berfokus pada pendidikannya.

Memasuki tahun 2020 Urrofi mendapat kabar bahwa ia diterima di Universitas Pembangunan Nasional dengan jalur SNMTN. Hal inilah yang membuat tekat ia ingin lebih berfokus Pendidikan. Namun pada saat itu COVID-19 mulai menyebar dan membuat kita semua WFH. Urrofi mulai jenuh dengan kondisi seperti ini, secara tiba-tiba Urrofi merasa penasaran dengan aplkasi tiktok yang dimana pada tahun tersebut juga mulai ramai digunakan di masyarakat.

Merubah pikirannya, ia ingin kembali mengembangkan bakatnya. Dengan aplikai tiktok yang sedang ramai, ia mengunggah content tips-tips foto dan video. Tak disangka public menyukai content tersebut, dan untuk video pertama tersebut ditonton hingga I juta pengguna tiktok. Semenjak itu Urrofi berkomitmen untuk tetap berfokus membuat konten dan menjalani Pendidikan secara berdampingan.

Dengan semangatnya ia memutuskan untuk mengunggah konten minimal satu hari sekali. Sejak saat itu tawaran endorse dan pekerjaan pun mulai berdatangan. Penghasilan pertamanya ialah Rp1,2 juta dari endorse dengan sebuah brand.

cc : Instagram @Urrofi
cc : Instagram @Urrofi

"Kalau gue bisa bilang penghasilan gue dari content creation itu 80 persen dan 20 persen itu gue sebagai freelance videografer. Jadi kan gue emang basic-nya freelance videografer nah emang gue udah ngulik bisnisnya juga," ujar Urrofi pada sabtu, 01 April 2023.

Urrofi mencatat semua penghasilan dan pengeluaran keuangannya. Ia mengatakan bahwa proyek videografi yang ia buat, mematok harga Rp15 juta. Ia juga menarik kliennya dengan cara menunjukkan portfolio dan mencantumkan bahwa ia pernah bekerja sama dengan brand-brand besar. Berkat hal itu, Urrofi pun bisa memiliki uang Rp100 juta pertamanya di usia 18 tahun.

cc : Instagram @Urrofi
cc : Instagram @Urrofi

Urrofi mengatakan bahwa dia tidak ingin menghambur-hamburkan uangnya di masa muda namun ketika masa tua nanti ia kekurangan. Ia membelanjakan uangnya demi kebutuhan yang menunjang pekerjaan seperti membeli kamera dan lensa.

"Gue mending sekarang sederhana-sederhana aja. Gue gak mau menghabiskan ke hal-hal yang bersifat depresiatif, gak mau gue. Yaudah gue maunya yang produktif dan untuk jangka panjang," kata Urrofi.

Perkataan Urrofi dibuktikan dengan ia mendirikan PT pada 25 Juni 2021 yang bernama PT.URRO Kreasi Indonesia. PT.URRO Kreasi Indonesia ini terbagi lagi di dalamnya yaitu URRO Films dan URRO Academy. Untuk URRO Films ini di khususkan untuk brand-brand yang membuat iklan videography dan semacamnya. URRO Films sudah bekerja sama dengan brand-brand besar seperti Honda, Daihatsu, betadine, dan masih banyak lagi. Jika URRO Academy berfokus sebagai wadah untuk orang-orang yang ingin mengembangkan skill di bidang photo dan video.

Ditengah kenaikan Urrofi ini, orang tuanya hanya berpesan agar Urrofi tetap menjalankan bisnis namun tidak meninggalkan kuliah. Kini, Urrofi pun semakin aktif di media sosial dan telah mendapatkan 339 ribu pengikut Instagram serta 998,2 ribu pengikut di TikTok. Urrofi juga pernah masuk nominasi di TikTok Awards Indonesia 2020 dengan kategori Best of Technlogy. Selain itu Urrofi juga banyak mengisi berbagai workshop.

cc : Instagram @Urrofi
cc : Instagram @Urrofi

"Mungkin ada beberapa anak muda yang bilang "mumpung masih muda mending main-main dulu" menurut gua statement kayak gitu yang membuat kita tembah malas dan kurang memikirkan impact kedepannya. Jujur gua sebagai anak muda juga sering memanfaatkan masa muda gua yang mengasyikan, tapi gua juga tetep menyeimbangkan untuk masa depan gua, hehe. Ucap Urrofi pada Sabtu,1 April 2023.

"Hal-hal yang menghibur gua disaat penat soal pekerjaan adalah touring naik motor ke antar kota/pulau, kayak ke Bandung, Bali dan Lombok. Selain motor gua juga suka banget otak-atik mobil. Setelah gua ngejalanin itu semua jujur hati dan perasaan gua bener bener plong dan bisa lanjut kerja. Dengan gua pergi-pergi kayak gitu gua gak melulu menghabiskan uang, karena gak jarang juga gua cari peluang cuan nya, jadi tetep ngejalanin beberapa project. Lebih ke memanfaatkan keadaan sih." Lanjut ucap Urrofi.

Tidak berhenti di tahun 2021, Urrofi baru saja mengeluarkan produk baru dengan brand sendiri. Pada 25 Maret 2023 Urrofi launcing produk tas untuk camera yang bermerk The Urf. Dengan design yang sangat elegant dan limited stock, The Urf hanya memproduksi 300 tas untuk satu Indonesia.

"Tas ini bisa gua bilang tas paling sexy si di 2023, karena bahan, kegunaan dan designya yang ganteng banget. Kalian semua bisa banget cari lebih banyak info untuk tas ini di www.the-urf.id." Ujar Urrofi sambil mempromosikan tasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun