Sekitar Bulan November 2021 lalu, anak ketiga saya yang berusia 9 tahun mengalami masalah kesehatan yang bagi saya sangat serius karena berulang kali muntah-muntah dan mengalami demam yang cukup tinggi. Tentu saja, saya merasa sangat khawatir apalagi sekolahnya baru beberapa hari memulai aktivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas setelah hampir dua tahun menjalani pembelajaran secara daring di rumah. Hmmm...mungkin karena jajanan yang kurang sehat nih, karena sejak kecil anak saya sangat sensitif dengan makanan atau camilan yang berbahan dasar susu sapi.
Langsung saya bawa berobat ke salah satu klinik rujukan dan diberikan obat anti mual serta penurun panas, tapi sampai sore hari kondisinya tidak ada perubahan, bahkan terlihat mulai lemas karena apapun yang masuk ke perutnya selalu dimuntahkan kembali. Sedikit agak panik, saya dan suami memutuskan untuk membawa ke rumah sakit rekanan terdekat agar bisa segera ditangani di IGD. Dokter jaga segera bertindak cepat, anak saya diinfus lewat tangannya untuk memasukkan obat dan diambil sampel darahnya untuk diperiksa. Setelah menunggu selama dua jam, hasil pemeriksaan darahnya terlihat, Leukositnya tinggi (di atas 25 ribu) yang menunjukkan banyak bakteri di pencernaannya, atau dengan kata lain anak saya mengalami infeksi pencernaan.
Syukurlah, setelah hampir tiga hari menjalani perawatan, akhirnya anak saya kembali sehat dan dokter yang merawat  pun mengizinkan pulang dengan catatan tidak boleh lagi jajan di luar rumah, yah...sepertinya nasihat dokter akan lebih didengar. Saya dan suami segera mengurus administrasi kepulangan, dan ternyata kami tidak perlu mengeluarkan biaya pengobatan karena semua tercover oleh asuransi kesehatan. Bahkan tidak hanya itu, biaya kontrol pun bisa diklaim dengan cara reimburse, membuat saya tidak hentinya bersyukur. Kondisi yang dialami ini membuktikan jika Asuransi Kesehatan Online yang dimiliki hampir dua tahun lalu sejak pandemi ternyata bisa memproteksi kesehatan saya dan keluarga dengan baik. Apalagi selama pandemi, dana simpanan yang kami miliki selalu tergerus kebutuhan tidak terduga karena suami mengalami penurunan penghasilan.
Tidak bisa dipungkiri, kondisi pandemi virus yang hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda akan usai berdampak pada segala lini kehidupan masyarakat, tidak hanya kesehatan tapi juga ekonomi. Di antara banyaknya kesulitan yang dialami masyarakat di masa pandemi, tetap saja terselip hal-hal baik yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, seperti meningkatnya penggunaan dan penguasaan teknologi digital dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan diri serta keluarga tercinta. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan di masa pandemi yang saat ini trend dikalangan masyarakat, seperti:
- Menerapkan pola makan sehat dengan memilih asupan nutrisi yang seimbang serta lebih banyak mengonsumsi buah, sayur, serta menu makanan yang sehat.
- Berolahraga secara teratur dengan memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan dari rumah.
- Pastikan selalu menerapkan Protokol Kesehatan ketat di mana pun berada, terutama saat keluar rumah apalagi saat ini banyak sekolah sudah memulai pembelajaran tatap muka.
- Memiliki Asuransi Kesehatan Online sebagai solusi mudah untuk memproteksi kesehatan diri serta keluarga tercinta.
Berbagai hasil penelitian menyebutkan selama Pandemi Virus COVID-19, semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya memiliki proteksi diri dalam bentuk Polis Asuransi Kesehatan. Bahkan, dari hasil survei Lembaga Nielsen menyebutkan ada kenaikan sebesar 35 persen orang yang ingin menambah asuransi kesehatan mereka. Dari hasil survei tersebut juga didapatkan data jika sekitar 5 persen masyarakat untuk pertama kalinya membeli produk asuransi kesehatan. Tidak hanya itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga merilis hasil surveinya bahwa dalam dua tahun terakhir terjadi pertumbuhan densitas atau premi terhadap jumlah penduduk pertahun. Jika tahun 2019 densitas tercatat Rp1,67 juta, pada tahun 2020 naik menjadi Rp1,74 juta dan terus mengalami peningkatan hingga akhir tahun 2021 lalu.
Dampak positif lainnya dari pandemi adalah meningkatnya penggunaan dan penguasaan teknologi digital dikalangan masyarakat yang membawa banyak perubahan dalam aktivitas dan kehidupan sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi dan berinteraksi, cara mengakses materi pembelajaran, cara belanja, hingga cara memiliki perlindungan atau proteksi diri dengan membeli produk Asuransi Kesehatan Online. Bisa dikatakan munculnya portal distribusi asuransi digital membuat masyarakat semakin bersemangat untuk memiliki proteksi diri.Â
Mudahnya Miliki Proteksi Diri Dengan Asuransi Kesehatan Online
Meskipun selama ini saya dan keluarga memiliki jaminan kesehatan wajib dari perusahaan yang dananya sebagian dipotong dari penghasilan suami, namun pengalaman menggunakan jaminan kesehatan tersebut di tambah kondisi pandemi mengajarkan saya bahwa satu asuransi kesehatan saja tidaklah cukup untuk memberikan perlindungan kesehatan yang maksimal. Sehingga saya berpikir harus memiliki jaring pengaman kesehatan yang lain, apalagi anak tertua saya tahun ini akan melanjutkan sekolah ke luar kota. Tapi adakah asuransi kesehatan dengan premi yang terjangkau dan mudah dalam membeli produknya?Â
Ada beberapa alasan mengapa saya sangat membutuhkan asuransi kesehatan lain selain jaminan kesehatan yang sudah dimiliki.
- Memberikan perlindungan atau proteksi kesehatan yang lebih OptimAll bila sewaktu-waktu saya atau anggota keluarga lainnya mengalami sakit (penggantian obat dan pemeriksaan) atau ingin melakukan pemeriksaan terhadap penyakit yang dialami.
- Mengurangi biaya yang dikeluarkan bila terpaksa harus rawat inap atau opname di rumah sakit dalam durasi waktu lebih lama.
- Jika sewaktu-waktu mengalami masalah dengan jaminan kesehatan yang ada, maka asuransi kesehatan bisa mengcover untuk memberikan proteksi atau perlindungan kesehatan.
Ternyata justru di masa pandemi ini membuat saya tidak mengalami kesulitan mencari produk asuransi kesehatan sesuai keinginan juga kebutuhan. Anjuran untuk beraktivitas di rumah membuat informasi seputar produk asuransi termasuk asuransi kesehatan bisa diakses dengan mudah melalui portal distribusi asuransi digital, salah satunya yang sangat saya rekomendasikan adalah Allianz OptimAll.
Allianz OptimAll merupakan produk asuransi yang berbasis teknologi digital dari Allianz Indonesia. Allianz sendiri memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981, dan pada tahun 1989 Allianz mendirikan PT. Asuransi Allianz Indonesia, perusahaan asuransi umum. Selanjutnya, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun dengan mendirikan PT. Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996, dan di tahun 2006 Allianz utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah. Sesuai tuntutan zaman, akhirnya Allianz Indonesia meluncurkan Asuransi Online dari Allianz OptimAll, yaitu portal distribusi asuransi digital yang menyediakan berbagai pilihan produk asuransi secara kebutuhan masyarakat.
Dengan peluncuran Allianz OptimAll, Allianz berkomitmen untuk memberikan perlindungan asuransi kepada masyarakat di mana saja dan kapan saja agar peluang memiliki proteksi atau perlindungan diri serta keluarga semakin besar. Hal ini sejalan dengan riset yang dilakukan Swiss Re Institute terhadap lebih dari 1.000 konsumen di Indonesia, Malaysia, dan India pada bulan Juni 2020 dengan angka yang menunjukkan 76 persen responden dari Indonesia menyatakan lebih tertarik membeli produk asuransi secara online, khususnya Asuransi Kesehatan Online.
Asuransi kesehatan online Allianz OptimAll dengan SmartCare Protection-nya menawarkan berbagai keunggulan, seperti berikut ini:
- Mudah, karena produk asuransi bisa dibeli secara online melalui aplikasi dan proses registrasinya juga mudah serta cepat.
- Cepat, karena jika klaim lengkap dan benar maka akan dibayarkan dalam 7 hari kerja.
- Komprehensif, karena jangkauan perlindungan sudah mencakup seluruh dunia.
- Efisien, di mana premi mulai dari Rp236.250/tahun.
- Praktis, karena tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan.
- Opsional, karena terdapat 2 pilihan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu Silver dan Gold.
Belum cukup? Masih ada lagi kok keunggulan lainnya dari Allianz OptimAll yang membuat saya sangat ingin membeli produk asuransi kesehatan online sebagai proteksi tidak hanya untuk diri saya tapi juga keluarga tercinta. Apa saja? Saat melakukan pembelian asuransi online, calon nasabah tidak perlu melakukan tatap muka dengan sales, cukup hanya mengisi formulir registrasi kurang dari 10 menit dan melampirkan scan/foto identitas diri, kemudian klik tombol untuk mengirimkan formulir tersebut.Â
Jangan khawatir soal keamanan data pribadinya ya! Karena Allianz OptimAll telah tersertifikasi ISO 27001 2013. Dengan jaminan keamanan ini, seluruh proses registrasi bisa dilakukan dengan mengisi e-form dan dokumen pendukung bisa disertakan dalam bentuk foto. Selanjutnya tinggal menunggu polis dalam bentuk elektronik yang akan dikirimkan melalui email aktif yang terdaftar.
Lalu, bagaimana cara pembayaran preminya? Pastinya mudah dan tersedia pilihan cara pembayaran yang beragam, bisa melalui Virtual Account, Kartu Kredit, dan pembayaran digital, yang sangat disukai generasi milenial. Ternyata tidak hanya proses registrasinya yang mudah, proses pengajuan klaim juga mudah dan dapat dilakukan secara online baik melalui Website Allianz Indonesia atau lewat Aplikasi Allianz eAZy Connect yang dapat diakses melalui smartphone kapan saja. Duh...mudahnya mulai dari proses registrasi, pembayaran premi, hingga pengajuan klaim.
Dengan kemudahan ini, yuk segera miliki proteksi diri dengan asuransi kesehatan online apalagi produk asuransi kesehatan yang ditawarkan Allianz OptimAll sangat terjangkau mulai dari Rp200 ribuan pertahun sehingga sangat cocok bagi yang baru pertama kali memiliki asuransi kesehatan, terutama generasi milenial yang baru mendapatkan penghasilan dan butuh proteksi diri. Saya saja yang seorang ibu rumah tangga bisa kok memiliki proteksi diri dengan asuransi kesehatan online dari Allianz OptimAll, apalagi bagi yang memiliki penghasilan! Tapi penghasilan saya masih UMR? Tenang, karena premi produk Allianz OptimAll sangat terjangkau dengan perlindungan lebih OptimAll.
Sumber foto: Pixabay dan Allianz Indonesia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H