Mohon tunggu...
Elisabeth Icha A. P.
Elisabeth Icha A. P. Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Hai :)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Karakteristik Media Online: Portal Berita

11 Maret 2016   12:31 Diperbarui: 11 Maret 2016   14:25 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Munculnya jenis media baru berupa internet mengakibatkan adanya pencarian informasi yang lebih mudah dan cepat. Informasi dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan dalam bentuk apa saja, salah satunya berita. Berbagai media yang menyediakan berita dalam portal online sangat beragam dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Dalam tulisan akan dibahas persamaan dan perbedaan dari dua portal berita online republika.co.id dengan tempo.co dalam 5 kriteria. Kriteria tersebut adalah; content, functionality, navigation, audio/video quality, dan interactivity.

Content

[caption caption="Konten sesuai dengan ideologi media"][/caption]

Konten web republika.co.id dan tempo.co memiliki perbedaan yang mencolok dalam gaya pemberitaan, baik angle berita, isu yang diangkat, maupun pilihan berita unggulan yang terdapat di dalam kedua portal berita online ini. Republika.co.id lebih sering menampilkan berita yang berkaitan dengan agama. Hal ini melekat dengan sejarahnya yang tak lepas dari ideologi agama sejak pertama didirikan. 

Dapat dilihat dalam kolom berita unggulan, lebih banyak menampilkan isu agama seperti isu tentang ISIS, hak-hak muslimah, dan isu kebebasan beragama. Hal ini berbeda dengan konten portal berita di tempo.co. Konten dalam tempo.co lebih cenderung menyoroti kebijakan pemerintah, kesejahtaeraan publik, dan cenderung kritis dengan isu-isu pemerintahan. Hal ini tidak lepas juga dari sejarah Tempo sejak sebalum Orde Baru hingga kini yang kerap mengkritisi jalannya pemerintahan.

Functionality

[caption caption="Functionality"]

[/caption]

Berita yang terdapat dalam kedua media online ini befungsi untuk menginformasi khalayak dengan bentuk media baru, yakni internet. Selain berupa berita, konten yang terdapat dalam tampilan kedua portal berita online tersebut juga terdiri dari iklan. Sesuai dengan jenisnya yakni portal berita, Republika.co.id dan tempo.co tidak banyak menampilkan iklan, sehingga lebih menginformasi khalayak. Hanya terdapat 3-4 iklan yang ada di kedua portal berita tersebut.

Navigation

Navigasi dalam kedua portal berita tersebut cukup memadai. Hal ini ditandai dengan adanya kolom search yang memudahkan khalayak untuk mencari berita khusus sesuai yang diinginkan. Selain kolom search, kedua portal berita online tersebut juga menyediakan kolom berita unggulan dan populer, seperti pada gambar pembahasan konten.

Audio/Video Quality

[caption caption="video ditampilkan berbeda layout"]

[/caption]

            Konvergensi media juga mengakibatkan adanya audio atau video dalam portal online, begitu pula dalam kedua berita online tersebut. Terdapat sedikit perbedaan konten video dalam kedua portal berita online tersebut, yakni berupa tampilan. Jika dalam tempo.co tampilan video sama dan mengikuti tampilan web yang memuat berita lainnya. Namun, dalam republika.co.id tampilan video berbeda jika dibandingkan dengan tampilan berita lain. Seperti terlihat pada gambar, video diputar dalam tampilan berwarna dasar khusus hitam. 

Interactivity

[caption caption="Terdapat kolom opini publik"]

[/caption]

Dilihat dari segi interaktifitas terhadap khalayaknya, kedua portal berita online tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Republika.co.id memiliki tingkat interaktifitas lebih rendah jika dibandingkan dengan tempo.co. Pada republika.co.id fitur yang memungkinkan khalayak juga aktif berinteraksi dengan redaksi atau pihak republika hanya berupa kolom Find Us yang memuat kontak redaksi. Sedangkan dalam tempo.co, selain kolom Find Us, khalayak juga diikutsertakan dalam opini publik yang menyangkut isu pemerintahan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa republika.co.id dan tempo.co memiliki persamaan dan perbedaan sesuai dengan ideologi media yang dianut. Kelima kriteria yakni, content, functionality, navigation, audio/video quality, dan interactivity dijalankan secara berbeda di antara kedua portal berita online tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun