Mohon tunggu...
Elisabeth Christina
Elisabeth Christina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Masih belajar menulis, bercerita, dan membagikan tanggapan untuk Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Content Creator sebagai Pesona Baru dalam Jurnalistik?

19 Desember 2023   01:43 Diperbarui: 19 Desember 2023   01:52 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa sangka bahwa perkembangan era menjadikan setiap orang bisa dalam banyak hal termasuk dalam membuat konten ataupun karya sesuai minat. Sehingga di era saat ini kemunculan profesi atau sebutan Content Creator menjadi hal yang menarik minat masyarakat. Pembuatan konten yang kian digemari dengan mengelaborasikan foto, video, tulisan hal lainnya menjadi variasi dalam beberapa bentuk seperti film dokumenter, infografis, atau lainnya dan menarik masyarakat. Namun, ketika content creator berhasil memberikan informasi dan mendapat audiens yang pasti, apakah hal tersebut bisa menjadi tantangan bagi para jurnalis ?

Jika membedah dari segi pembuatan, para Content Creator menghasilkan konten dengan sumber informasi yang bisa saja hanya berasal dari Internet, kemudian menghasilkan konten yang viral dan menarik. Bagi Jurnalis, pembuatan berita membutuhkan adaptasi dan mengalami dinamika sehingga bisa mendengar dari beberapa perspektif untuk bisa menghasilkan berita yang kredibel dan akurat.  Bahkan dalam peliputan sampai publikasi masih ada kode etik dan perlu penyuntingan yang teliti untuk bisa bertahan ke depan. Dituntut untuk cepat namun tepat, dan mmiliki tanggung jawab etis serta menjaga privasi dan nama baik. Proses ini yang tidak dapat disamakan antara Jurnalis dan Content Creator kedepannya, tantangan akan pergeseran industri media.

Misalnya dari segi platform, apakah Content Creator atau Jurnalis yang akan adaptif lebih duluan sehingga peran akan mempertahankan audiens atau kepercayaan dari masyarakat masih bisa terjaga ? Sedikit melirik ke dunia Content Creator, ide - ide dan penyampaian informasi bisa lebih menarik karena ringkas dan visual yang asik.  Bahkan jika ditelusuri lebih lanjut ada istilah KOL (Key Opinion Leader) yang menjelaskan bahwa ada orang -orang yang dinilai sebagai orang kunci dalam pengendalian opini masyarakat yang dari segi pengikut media sosial (Safitri & Ramadanty, 2019) . KOL bisa menarik bahkan jadi acuan dalam melakukan seustu hal hingga dampak yang diterima. Sederhananya bahwa Content Creator bisa menjadi Influencer yang memberikan dampak atau mempengaruhi tindakan yang akan dilakukan oleh masyarakat (Andrews & Shimp, 2018)

Memahami bahwa Content Creator saat ini adalah salah satu pengendali akan informasi yang dimana menghadirkan potensi industri yang sangat tinggi. Dilansir dari  laman Katadata, bahwa "Potensi Industri Konten Kreator Indonesia Ditaksir Senilai Rp 7 Triliun" (Burhan, 2022). Pada laman tersebut bahwa nilai ini bisa meningkat sekitar lima kalilipat di tahun 2027 yang dilijat bahwa nilai pasar akan merek sudah mulai meningkat, terutama di platform media sosial. Uji Kreativitas jadi tantangan para Content Creator, namun setiap hari mau tidak mau Content Creator juga akan berusaha menampilkan hal yang terbaik. Maka Content Creator berani menampilkan ciri khas yang menjadi pembeda dan bisa punyai nilai tersendiri dalam setiap hal yang disampaikannya. Keahlian ini perlu ditekuni tergantung dari minat atau taregt audiens kedepannya, bisa berjangka panjang.

Faktor utama bahwa masyarakat melihat konten atau tulisan bisa bermula dari c ra pengemasan atau ada hal yang di-highlight kedepannya, yang menimbulkan rasa penasaran. Ketika seseorang membukannya, hal ini berhasil mendapatkan awareness yang sekiranya mampu menjadi pengingat bahwa adanya berita tersebut atau perlu dan penting diketahui. Melalui langkah kecil ini, setiap orang akan paham bahwa kebutuhan informasi menjadi kebutuhan sehari - hari untuk mencoba peduli terhadap perkembangan ataupun perubahan. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Content Creator dapat menjadi bentuk ancaman bagi seorang Jurnalis. Dimana posisi ini, memberikan keuntungan bagi Content Creator yang mudah menarik audiens, misalnya dengan konten yang menghibur dan bervariasi. Salah satunya contoh Content Creator yaitu Jerhemy Owen yang merupakan Mahasiswa Teknologi Lingkungan dan Energi Terbarukan di Avans University, Breda, Belanda.

Sumber : Instagram @jerhemynemo
Sumber : Instagram @jerhemynemo

Content Creator ini menampilkan informasi tentang isu lingkungan dan berita - berita teknologi yang ringan dan mudah dipahami oleh Audiens, sehingga media sosial seseorang bisa penuh jika mengikuti content creator tersebut. Sehingga jurnalis bisa berjalan dengan melihat sudut pandang secara lebih kreatif untuk mencoba berbagi tulisan. Para jurnalis bisa mencoba melaporkan dengan kaidah jurnalistik untuk tetap menjaga kredibilitas jika begerak bersama dengan para Content Creator. Sehingga para netizen tidak kebingungan dan meningkatkan rasa kepercayaan bahkan minat literasi, jika setiap produsen informasi bisa tetap adaptif untuk mengelola atau menyampaikan konten. Jadi setiap tayangan atau konten yang disampaikan perlu pengawasan yang jelas, karena mau tidak mau masyarakat juga memilih media massa online sebagai sumber berita ataupun dari sumber media arus utama yang masih bertahanhingga sekarang

Sumber Referensi :

Andrews, J. C., & Shimp , T. A. (2018). Advertising, Promotion and Other Aspect of Integrated Marketing Communication 10th Edition. USA Amerika: Cengage Learning

Burhan, Fahmi Ahmad. (2022). Potensi Industri Konten Kreator Indonesia Ditaksir Senilai Rp 7 Triliun. Katadata.co.id

Safitri, Y., & Ramadanty, S. (2019). Strategi kampanye public relations melalui peran key opinion leader di indonesia. Warta ISKI, 2(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i02.35

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun