Apa itu Desain Komunikasi Visual? Desain Komunikasi Visual (DKV) yaitu penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat.
Jurusan DKV sudah semakin berkembang dalam beberapa abad ini. Para desainer akan mempengaruhi sasaran kepada pembaca dengan desain yang unik, supaya mereka dapat memberikan respon positif terhadap pesan tersebut.
Menurut Dunia Grafika, yang merupakan salah satu saluran di aplikasi Youtube pada salah satu video yang berjudul "Rahasia Desain Grafis - Desain Komunikasi Visual" menyatakan bahwa DKV memiliki tiga fungsi dasar, yaitu :
1. Sarana identifikasi
2. Sarana informasi dan instruksi
3. Sarana presentasi dan promosi
Penjelasannya sebagai berikut :
Sarana Identifikasi
Yang pertama yaitu cara kita dikenali. Identitas perusahaan dan produk seharusnya mencerminkan nilai dan kualitasnya, membuat produk lebih mudah dikenali, dan berdampak positif pada penjualan.
Sarana Informasi dan Instruksi
Yang kedua adalah cara kita memberikan info dan petunjuk. Info menjadi lebih efektif jika disampaikan dengan jelas, seperti tanda jalan, simbol toilet, atau restoran yang bisa dimengerti semua orang
Sarana Presentasi dan Promosi
Yang ketiga adalah cara kita mempresentasikan dan mempromosikan sesuatu. Misalnya, promosi produk lewat pamflet yang singkat, jelas, dan menarik supaya mudah diingat oleh para pembaca.
Demikian,dengan adanya pembahasan ini, semoga dapat bermanfaat untuk membantu anda dalam memahami makna yang sebenarnya dari jurusan DKV.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H