LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
 TK Dharma Wanita 1 Barang
Lingkup Pendidikan
PAUD
Tujuan yang ingin dicapai
Kemampuan penjumlahan sederhana pada anak kelompok B
Penulis
Elen Deviyanti, S.Pd
Tanggal
25 November 2022
Situasi :Â
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kemampuan numerasi pada anak kelompok  B, dari 10 anak terdapat 6 anak dalam kemampuan penjumlahan sederhana masih rendah.
- Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini :
- Proses pembelajaran yang monoton
- Motivasi peserta didik belum maksimal
- Guru belum memanfaatkan media pembelajaran secara optimal
- Anak masih kesulitan dalam proses penjumlahan karena hanya menggunakan LKPD saja
Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran yaitu:
- Model pembelajaran kelompok lebih bervariasi
- Media papan hitung lebih inovatif dan menarik perhatian peserta didik
- Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus dan pembelajaran lebih menarik
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kemampuan penjumlahan sederhana
Tantangan :Â
- Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah :
- Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik dalam penjumlahan
- Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran
- Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat
- Proses pembuatan media papan hitung yang membutuhkan waktu lama
- Menerapkan pembelajaran dengan mengacu kurikulum merdeka
Adapun pihak pihak yang terlibat pada praktek pembelajaran ini yaitu:
- Anak sebagai subjek praktik
- Guru sebagai fasilitator
- Kepala sekolah sebagai koordinator dalam praktik baik
- Dosen pembimbing dan guru pamong yang memberikan pengarahan sebelum proses PPL aksi 4
- Teman sejawat yang membantu dalam proses perekaman video
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah
- Pemilihan media sesuai dengan karakteristik peserta didik
- Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik terkait kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
- Memilih model pembelajaran inovatif
- Media papan hitung dibuat sebelum proses berlangsung
- Mencari referensi mengenai penerapan pembelajaran kurikulum merdeka
Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:
- Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yang mengacu pada pendekatan pembelajaran saintifik, TPACK, metode yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
- Menggunakan metode bermain sambil belajar
- Mengajak anak anak untuk lebih aktif bertanya saat menjelaskan materi melalui media konkrit.
Sumber daya yang diperlukan :
- Kompetensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan Modul ajar, LKPD dan instrumen penilaian
- Materi pembelajaran dari youtube untuk mengembangkan pemahaman peserta didik mengenai tema jagung
Refleksi Hasil dan dampak :
Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat positif hal ini dapat dilihat:
Berdasarkan hasil PPL siklus 4, kemampuan anak dalam penjumlahan sederhana dengan menggunakan media papan hitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Barang sebanyak 7 anak sudah muncul dalam kemampuan penjumlahan dan sebanyak 1 anak belum muncul dalam kemampuan penjumlahan. Dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dalam penjumlahan sederhana dengan menggunakan media papan hitung dinyatakan efektif karena kemampuan anak sudah dapat memenuhi kriteria keberhasilan
- Tingkat keaktifan peserta didik yang meningkat pada kegiatan pembelajaran dengan media konkrit (jagung)
- Motivasi dan minat belajar peserta didik mulai meningkat
- Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:
- Respon dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang dan antusias dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan penjumlahan menggunakan media papan hitung anak-anak merasa lebih mudah memahami dan media yang digunakan juga menarik minat anak untuk belajar penjumlahan
- Respon Teman sejawat, untuk kegiatan yang sudah disediakan sangat menarik minat anak dan penggunaan media pembelajaran memudahkan peserta didik dalam memahami materi dengan membawa benda konkrit.
Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain :
- Situasi dan kondisi lingkungan sekolah sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL siklus 4
- Penggunaan metode dan media yang tepat dan inovatif serta guru mampu melaksanakan langkah-langkah pembelajaran
Pembelajaran dari keseluruhan proses:
- Peserta didik termotivasi dalam belajar dan hasil belajar meningkat
- Peserta didik lebih tertarik dengan kegiatan pembelajaran menggunakan media konkrit
- Pendidik harus dituntut untuk melakukan pengembangan diri untuk mengupdate diri dalam perkembangan teknologi juga memperhatikan budaya dan nilai kearifan lokal
Â
RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
Â
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) MELALUI MEDIA PAPAN HITUNG DI TK DHARMA WANITA 1 BARANG KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK
I. PENDAHULUAN
  A. Latar Belakang
    Berdasarkan pengataman di TK Dharma Wanita 1 Barang kelompok B (usia 5-6 tahun), masih terdapat 6 dari dari 10 anak dalam kemampuan berhitung masih belum optimal dalam perkembangannya. Salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran yang monoton, motivasi peserta didik belum maksimal, guru belum memanfaatkan media pembelajaran secara optimal, anak masih kesulitan dalam proses penjumlahan karena hanya menggunakan LKPD saja. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak juga kurang bervariasi. Selain itu, media yang digunakan guru juga terbatas. Anak anak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang diberika oleh guru. Hal ini terlihat ketika anak anak menjumlahkan bilangan masih sering keliru dengan hasil yang diperoleh.
    Oleh sebab itu sangat perlu adanya Alat Permainan Edukatif yang awet, tidak membahayakan bagi anak serta anak dapat belajar secara konkret. Anak dapat memahami berbagai konsep dengan baik jika guru memberi pengalaman langsung kepada anak. Oleh karena itu, pada saat kegiatan pengenalan angka, sebaiknya anak-anak dilatih untuk menghitung benda yang nyata. Guru diharapkan mamapu mengatasi kesulitan tersebut dan melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan sederhana dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan penggunaan media pembelajaran yang lebih bervariasi.
B. Tujuan
- Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:
- Menyusun perangkat pembelajaran yang menarik minat belajar siswa
- Memahami tata cara pengambilan video dan mengedit video secara sederhana
- Menambah wawasan bagi kami tentang pengoperasian komputer
- Memberikan materi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar anak, kreatifitas dan imajinasi anak
C. Garis Besar Kegiatan
     Pada kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran saya mendapatkan banyak tambahan ilmu dan pengetahuan baru tentang materi yang harus saya kuasai, mulai dari materi profesional dan pedagogik serta cara menyusun rencana pembelajaran yang sesuai  dengan keterampilan pembelajaran, pembelajaran berbasis HOTS, pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan TPACK. Setelah menyelasaikan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran, saya sangat bersemangat untuk memperpaiki proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dilapangan dan melakukan penilaian hasil proses yang saya sesuaikan dengan kemampuan yang saya peroleh dari kegiatan pendalaman materi dan perancangan pembelajaran.
Pada pendalaman materi dan perancangan pembelajaran ini yang telah mendapatkan  dan saran dari teman mahasiswa ppg , guru pamong serta dosen pembimbing untuk tahapan PPG dalam jabatan berikutnya yaitu PPL pada khususnya dan memperbaiki kinerja saya sebagai seorang guru ideal seperti yang diatur dalam Undang-undang. Untuk tahapan berikutnya yaitu Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL pada khusunya bertujuan untuk memperbaiki kinerja saya sebagai guru yang kreatif dan profesional, dalam pelaksanaan PPL ini saya berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat. Saya akan menyiapkan rencana perangkat pembelajaran yang bisa menarik semangat belajar siswa. Dalam pembuatan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dapat meningkatkan pemahaman saya mengenai pembelajaran yang menarik minat anak. Setelah kegiatan PPL selesai guru melakukan penilain hasil belajar siswa dengan menggunakan catatan anekdot, hasil kaya dan juga ceklis. Guru juga dituntut untuk bisa mengedit video pembelajaran dengan berdurasi 15 menit yang mencangkup kegiatan awal, kegiatan inti dan juga kegiatan akhir dan diunggah di media sosial Youtube atau GoogleDrive. Dari keseluruhan kegiatan PPL ini, guru membuat bestpractice dari kegiatan PPL yang sudah dilaksanakan.
II. KONEKSIÂ
A. Manfaat Menyusun RTL
     Sebagai peserta diklat PPG kategori 2 ini sangat perlu untuk menyusun RTL dimaksudkan untuk memandu guru melakukan  kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan setelah kembali ke sekolahnya masing-masing untuk diterapkan dalam kegiatan sekolah.
B. Hambatan Saat Menyusun RTL
Adapun beberapa hambatan dalam menyusun RTL berikut ini:
- Informasi yang diperoleh mengenai tata cara pengisian RTL masih belum jelas
- Keterbatasan waktu dalam penyusunan RTL
C. Komponen yang diperlukan dalam menyusun suatu RTL
- Lingkungan kelas yang aman dan nyaman untuk proses pembelajaran
- Cara kerja guru yang efektif dan efisien
- Cara kerja siswa yang aktif dan kreatif
- Kepemimpinan sekolah yang mendukung penuh proses pembelajaran, memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan.
- Sistem pembinaan profesionalisme guru yang baik
D. Kriteria RTL yang baik dan efektif
- Terarah yang artinya setiap kegiatan yang dicantumkan dalam rencana tindak lanjut hendaknya terarah untuk mencapai tujuan.
- Jelas yang artinya isi rencana mudah dimengerti dan ada pembagian tugas yang jelas antara orang-orang yang terlibat di dalam masing-masing kegiatan.
- Fleksibel yang artinya mudah disesuaikan dengan perkembangan situasi. Oleh karena itu rencana tindak lanjut menpunyai kurun waktu relative singkat.
III. PENERAPAN
A. Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran RTL-1
- Nama        : Elen Deviyanti, S.Pd
- Instansi       : TK Dharma Wanita 1 Barang
- Prodi        : PGPAUD
- Rencana Kegiatan
- Waktu
- Tempat Kegiatan
- Pihak yang terkait
- Kegiatan
- RPP 3
- Selasa, 22 November 2022
- Ruang Kelas B
- Teman Sejawat guru kel. B
- Pukul 09.00
- Kegiatan merancang perangkata yang akan digunakan untuk siklus ke 4
- Bahan Ajar
Selasa, 22 November 2022
- Ruang Kelas B
- Teman Sejawat guru kel. B
- Pukul 09.00
- Menyiapkan alat dan bahan serta media yang akan digunakan dalam praktik pembelajaran
- Media
Selasa, 22 November 2022
- Ruang Kelas B
- Teman Sejawat guru kel. B
- Media yang digunakan Papan Hitung dan Video pembelajaran
- LKPD
- Rabu, 23 November 2022
- Ruang Kelas B
- Teman Sejawat
- Mencari sumber informasi dari media sosial
- Instrumen
- Rabu, 23 November 2022
- Ruang Kelas
- Teman Sejawat
- Menyusun format penilaian
- Penilaian formatif meliputi ceklist,Foto berseri, catatan anekdot dan hasil karya
B. Diseminasi pembuatan dan edit video praktik pembelajaran RTL
- Nama        : Elen Deviyanti, S.Pd
- Instansi      : TK Dharma Wanita 1 Barang
- Prodi        : PGPAUD
- Rencana kegiatan
- WaktuÂ
- Tempat kegiatan
- Pihak yang terkait
- KeteranganÂ
- Pembuatan skenario video RPP 4
- Kamis, 24 November 2022
- Ruang kelas Bdan halaman bermain
- Kepala sekolah, teman sejawat dan peserta didik
- Menyiapkan segala perlengkapan yang digunakan saat Sit In,Melakukan persiapan dan briefing dengan teman sejawat yang membantu proses perekaman video siklus 4
- Latihan pembuatan video
- Kamis, 24 November 2022
- Ruang kelas B dan halaman bermain
- Kepala sekolah, teman sejawat dan peserta didik
- Latihan pengambilan video pembelajaran dan memberikan pengarahan kepada siswa yang akan dilibatkan dalam siklus ke-4
- Rekaman video
- Kamis, 24 November 2022
- Ruang kelas dan halaman bermain
- Kepala sekolah, teman sejawat dan peserta didik
- Pelaksanaan pembelajaran siklus ke-4 bersama dengan peserta didik. Pelaksanaan ini juga di sit in oleh dosen pembimbing dan guru pamong.
- Selama pelaksanaan siklus ke-4 juga dilakukan proses perekaman video sebagai bukti bahwa telah dilakukan proses pembelajaran.
- Untuk menghasilkan kualitas video dan pencahayaan yang maksimal maka proses perekaman dilakukan dikelas B serta suasana harus kondusif.
- Editing video
- Sabtu, 26 November 2022
- Dirumah
- Saya pribadi
- Proses editing video dilakukan setelah kegiatan Sit In. proses editing dilakukan diluar jam mengajar yaitu dirumah.
- Finalisasi Video
- Senin, 28 November 2022
- Dirumah
- Saya pribadi
- Hasil akhir editing video full di unggah melalui googledrive dan untuk editing video 15 menit melalui youtube untuk selanjutnya link pada tautan tersebut di salin dan di unggah pada tagihan LMS
C. Diseminasi penyusunan bestpractice pembelajaran dengan pendekatan STAR RTL
- Nama        : Elen Deviyanti, S.Pd
- Instansi       : TK Dharma Wanita 1 Barang
- Prodi        : PGPAUD
- Rencana Kegiatan
- WaktuÂ
- Tempat kegiatan
- Pihak yang terkait
- KeteranganÂ
- Koordinasi persiapan Best Practice
- Senin, 05 Desember 2022
- TK Dharma Wanita 1 Barang
- Kepala sekolah dan teman sejawat
- Menyiapkan materi dan perangkat yang akan digunakan untuk menyusun Best Practice
- Pelaksanaan PPL siklus 4
- Jum’at, 25 November 2022
- TK Dharma Wanita 1 Barang
- Teman sejawat dan peserta didik
- Melaksanakan PPL Siklus 4 dengan proses perekaman video pembelajaran dan sit in oleh dosen pembimbing dan guru pamong
- Analisis data
- Jum’at, 25 November 2022
- TK Dharma Wanita 1 Barang
- Peserta PPG
- Setelah dilakukan PPL dengan  siklus ke-4 kemudian peserta PPG melakukan penilaian hasil pembelajaran dan dimasukkan pada format penilaian yang sudah disiapkan. Dari hasil pelaksanaan PPL siklus ke-4 maka terjadi peningkatan perkembangan belajar anak.
- Pembuatan laporan Best Practice
- Sabtu, 26 November 2022
- TK Dharma Wanita 1 Barang
- Peserta PPG
- Pelaksanaan siklus ke-4 kemudian dimasukkan ke dalam laporan Best Practice yang sudah disediakan dan telah selesai sesuai batas waktu yang telah ditentukan.
IV. REFLEKSI
A. Pengalaman yang diperoleh dalam mengembangkan RTL
- Mendapatkan bimbingan dari dosen dan guru pamong untuk memahami isi dari penyusunan RTL
- Mempunyai pengalaman dalam hal penyusunan Rencana Tindak Lanjut setelah dilaksanakanya kegiatan PPL disekola
- Manfaat penyusunan RTL dari suatu kegiatan
- Menjadikan RTL sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan
- Dengan adanya RTL maka kita bisa merefleksi diri untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan setelah dilaksanakanya suatu kegiatan, dan
- Dengan adanya RTL kita bisa menyusun perbaikan sebagai dasar untuk dilaksanakan kegiatan selanjutnya.
B. Hambatan yang dialami dalam kegiatan menyusun RTL
- Karena ini adalah pengalaman saya dalam hal menyusun RTL, maka saya masih mengalami kesulitan mengaplikasikan maksud dan tujuan dari RTL
- Kurangnya informasi yang saya peroleh mengenai tata cara penysusunan RTL
- Waktu yang terbatas dalam hal penyusunan RTL
C. Hal yang dilakukan untuk mewujudkan keterlaksanaan RTL
- Mencari informasi dari berbagai sumber
- Melaksanakan diskusi  bersama kepala sekolah dan teman sejawat yang terlibat dalam kegiatan pelaksanaan PPL disekolah.
- Berkolaborasi dengan teman di kelompok untuk mendiskusikan isi dari RTL tersebut
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI