1.1 Penelitian Terlebih dahulu
Meneliti dan memperhatikan kesiapan belajar siswa dalam metode pembelajaran Flip Differential Learning.
1.2 Latar Belakang
Di zaman pendidikan modern ini, metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Banyak metode-metode tradisional yang seringkali tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda, sehingga mempengaruhi kesiapan belajar siswa.Â
Metode Flip Differential Learning merupakan metode pembelajaran terbalik, sehingga memungkinkan siswa untuk mempelajari materi pembelajaran secara mandiri dan sesuai kebutuhannya.
Kesiapan belajar siswa sangat penting, karena hal ini mencakup motivasi, keterampilan, dan hal yang dapat memengaruhi proses belajar. Metode Flip Differential Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar terlebih dahulu, sehingga mereka siap untuk menghadapi pembelajaran dikelas.
Metode pembelajaran  Flip Differential Learning merupakan model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi lebih dahulu di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru.
1.3 Rumusan Masalah
1.Bagaimana pengaruh metode pembelajaran Flip Differential Learning terhadap kesiapan belajar siswa?
1.4 Pertanyaan Penelitian
1.Bagaimana penerapan metode pembelajaran Flip Differential Learning di kelas?
2.Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa saat menggunakan metode Flip Differential Learning?
1.5 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan :
A) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Flip Differential Learning terhadap kesiapan belajar siswa yang ada di SMAK Assisi Samarinda?
B) Mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa saat menggunakan metode Flip Differential Learning?
2. Manfaat :
A) Menambah wawasan pengetahuan tentang faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan belajar siswa di SMAK Assisi Samarinda
B) Menambah wawasan tentang pengaruh metode pembelajaran terhadap kesiapan belajar siswa di SMAK Assisi Samarinda
2.2 Hipotesis
Kesiapan belajar siswa pada metode pembelajaran Flip Differential Learning ini mengacu pada sejauh mana siswa merasa siap untuk belajar, yang mencakup aspek motivasi, penguasaan materi, dan kesiapan dalam mengikuti proses pembelajaran.
2.3 Metode Penelitian
2.3.1 Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang peneliti ingin gunakan adalah jenis penelitian survei
2.3.2 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner
2.3.3 Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang saya akan saya gunakan adalah teknik analisis data kualitatif merupakan teknik analisis pada data yang tidak terukur dalam bentuk angka atau statistik. Data kualitatif dapat berupa kuisioner
2.3.4Unit Analisis
Unit analisis adalah satuan yang diteliti dalam penelitian, yang dapat berupa individu, kelompok, benda, atau latar peristiwa. Unit analisis yang saya pilih adalah siswa/i yang ada di SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H