Dalam dunia pendidikan, contoh media pembelajaran kreatif dan menarik menjadi salah satu hal paling penting dalam kegiatan belajar mengajar. Guru sebagai seorang pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan media dalam pembelajaran.Â
Akan tetapi faktanya terkadang para pengajar lupa bahwa contoh media pembelajaran kreatif dan menarik bisa memudahkan proses belajar menjadi efisien. Maka guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran yang akan digunakan. Tanpa media, kegiatan pembelajaran terasa kurang menarik dan membuat siswa cepat merasa bosan.
Manfaat dari penggunaan media dapat memudahkan guru dalam menjelaskan materi yang sulit dipahami siswa. Dengan alat peraga atau media siswa dapat memperagakan secara langsung sehingga pembelajaran akan lebih bermakna untuk peserta didik dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai. Mata pelajaran Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar (SD) yang mempunyai ciri-ciri khusus antara abstrak, deduktif, konsisten, hirarkis, dan logis dikutip dari daulat.co (19/6/21). Sebagian siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Sebagian siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, Siswa belum mampu mengoperasikan perkalian dan pembagian, beberapa siswa Sekolah Dasar belum mampu memahami konsep satuan panjang mengenai cara menghitung satuan panjang.
Dikutip dari kita lulus (23/12/22) Â ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan sebagai berikut :
- Terciptanya lingkungan belajar yang rileks dan tanpa stres
- Materi pembelajaran yang diberikan sesuai dan relevan dengan tingkat perkembangan anak
- Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara emosional dan empati dengan menyelipkan humor dan/atau dukungan semangat ke para murid atau pelajar
- Melibatkan semua indera serta otak kiri (analitis) dan otak kanan (sosial)
- Murid atau pelajar dapat mengekspresikan apa yang sedang dipelajari
 Media pembelajaran yang penulis terapkan dikelas 2 MIS Muhammadiyah Beran untuk meningkatkan peserta didik yaitu dengan "Tangga Pintar". Media pembelajaran Tangga Pintar adalah media yang dibuat menyerupai tangga berbentuk 3 dimensi. Sebagai media menghitung, media Tangga Pintar dilengkapi dengan stik bergambar sebagai media menghitungnya.Â
Hal tersebut, untuk membuat peserta didik tertarik dan ikut berperan aktif dalam proses penggunaan media pembelajaran Tangga Pintar. Langkah penggunaan media Tangga Pintar adalah dengan menaiki setiap anak tangga berarti menambahkan jumlah (penjumlahan) dan menuruni setiap anak tangga akan mengurangi jumlah (pengurangan). Media pembelajaran ini dilengkapi dengan gambar-gambar menarik yang disesuaikan dengan materi serta penggunaan warna yang tepat disesuaikan dengan karakteristik peserta didik kelas rendah.
Penggunaan berbagai media dalam pembelajaran diperlukan agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran. Permainan atau game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan. Game edukasi merupakan salah satu jenis permainan yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan dan kreatif serta dapat mentransfer atau memperluas pengetahuan dengan penggunaan media yang menarik dikutip Kompasiana (21/11/22).
Game sebagai salah satu media dalam pembelajaran yang dapat terintegrasi dengan substansi penilaian atau soal-soal yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Game juga dapat menambah rasa ingin tahu dan semangat siswa dalam pembelajaran. Salah satu virtual game yang dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran adalah Quizziz. Quizizz merupakan aplikasi kuis multipemain yang menarik.
Selain Tangga Pintar penulis juga menerapkan Quizziz yang dapat diakses melalui website www.quizziz.com atau bisa juga di download di playstore bagi pengguna HP yang berbasis android. Quizziz mempunyai banyak fitur yang menarik diantaranya lagu, avatar, gambar, tema dan meme yang bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. selain itu quizziz memberikan latihan berupa lomba antara satu sama lain sehingga dapat mendorong semangat kompetisi siswa dalam pembelajaran. Quizziz dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti mengadakan pre-test, postes, soal Latihan, penguatan materi untuk mengukur pemahaman siswa, remidial dan pekerjaan rumah dikutip dari kompasiana (21/11/22).
Oleh karena itu, media pembelajaran harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi agar siswa tidak mengalami hal yang monoton dan membosankan dalam proses pembelajaran. Tangga Pintar dan Quizziz dalam satuan panjang sangat efektif digunakan dalam media pembelajaran dan untuk menanamkan konsep satuan panjang sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. Media tangga pintar juga mampu meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar pada mata pelajaran Matematika.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H