Mohon tunggu...
P3E Suma
P3E Suma Mohon Tunggu... Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan -

Alamat Kantor: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17 Makassar Tlp. 0411-555701,702 Fax.0411-555703 Alamat Website: p3esuma.menlhk.go.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Manajemen Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital

25 Maret 2018   07:10 Diperbarui: 25 Maret 2018   08:37 1095
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)

P3E Suma, KLHK-Kepala P3E Suma, Darhamsyah hadir sekaligus mengapreasiasi kegiatan bertajuk Peningkatan Kapasitas Media Sosial KLHK Wil. Sulawesi, Maluku dan Papua. Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai 22-23 Maret 2018 di Novotel Resort Makassar.

Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan pelatihan "Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Media Sosial untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK Wilayah Sulawesi, Maluku Papua. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ASN KLHK yang menangani Kehumasan untuk menyampaikan pesan kepada publik didukung dana hibah Norway yang dilaksanakan oleh Kemitraan.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Sebanyak tiga narasumber dari Sinau Agency, yaitu Wiwik Woeryanti, Agnes Marlita, dan Rully Prayoga. Ketiganya kenyang makan asam garam dunia digital. Sekilas ketiga praktisi media sosial:

Rully Prayoga praktisi, specialist analisist perubahan perilaku di UK Media Intellegence, Instruktur pengelolaan informasi publik di Pusdiklat MA, Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI. Menjadi warga tetap lini massa, twitter dan penikmat instagram.

Wiwik Woeryanti, adalah praktisi digital content, berpengalaman lebih dari 10 tahun dan juga konsultan digital PR, serta blogger handal, dikenal dalam strateginya menangani crisis dalam PR.  Wiwik juga sering tampil sebagai pembicara dan trainer di event sosmed seminar dan workshop.

Agnes Marlita, memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun dalam dunia komunikasi digital, digital marketing, public speaking dan public relations. Selain menjadi konsultan personal branding. Ia juga berpengalaman dalam social media branding, sering juga menajdi trainer dan pembicara dalam acara seminar dan workshop.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Dihadapan peserta pelatihan, Kapus P3E Suma yang juga minded dalam hal Media Sosial ini, menyatakan, "pelatihan media sosial ini sangat penting dan melalui pelatihan ini seluruh peserta agar mengaplikasikan di unit kerjanya masing-masing." Tuturnya.  

"Trainernya dari Sinau, sinau artinya belajar, kita semua disini belajar, belajar itu harus selalu berulang-ulang atau elearning. Ada juga namanya unlearning atau membuka kembali pelajaran yang sudah lama dipelajari dengan memasukkan wawasan baru." Imbuh Kapus P3E Suma.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pada era digital dimana ruang dan waktu sudah tidak lagi menjadi sebuah batasan, yang sebenarnya orang yang akan memberikan sambutan tidak harus berada di tempat. "Saya pernah ketika ada acara lain, saya menitipkan video singkat sambutan, bisa juga dari jarak jauh."  Jelasnya.

Kita akan belajar bagaimana digital life style yang sebenarnya sudah mempraktekannya dalam kehidupan sehari-harinya, tetapi kita jangan hanya menjadi pemakai saja, bahkan "korban" digital. Tetapi bagaimana justru kita bisa memanfaatkan untuk sebesar-besarnya pengembangan diri dan pengembangan institusi

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Digital government itu sebenarnya sangat sederhana, merubah informasi layanan publik yang sederhana, cepat dan mudah.

"Saya melihat masih banyak sekali web-web pemerintah yang penuh dengan gambar dan video, memang bagus menarik, tetapi apa yang terjadi? Begitu orang mau membuka web kita menjadi berat dan lama, maka orang akan mencari alternatif web yang lain."

"Website punya gov.uk itu simple, nantinya isinya itu yang harus bernas, laman-laman depannya simple, tetapi ada link-link ketika kita klik bisa langsung masuk, pun demikian pembuatan video jangan terlalu banyak intro. Langsung to the poin jadi ada pesan yang ditangkap." Ungkap Kapus P3E Suma

"Ada satu materi menarik, Social Media Crisis Management. Ini penting untuk diikuti, karena banyak sekali isu-isu di masyarakat yang kalau kita tidak pandai memanage, apalagi sekarang sosial media, kta akan menjadi korban bully netizen. Kita harus bsa tampil sebagai pemenang bukan sebagai pecundang, tentu saja essensi masalahnya harus diselesaikan, harus ditangani. Inilah pentingnya sosial media crisis management." Tutup Kapus P3E Suma.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Beberapa materi penting dalam pelatihan ini dibawakan masing-masing trainers dari Sinau Agency, seperti "My Digital Life and Digital Content, Expressing Thourgh Digital Content, Cheking The Fact, Publishing My Self, Clicic Session dan "Social Media Crisis Management". Selain itu, juga dilakukan praktek langsung untuk para peserta.

Di kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Media Sosial KLHK agenda hari kedua arahan dari Kepala Biro Humas KLHK, Ir, Djati Witjaksono Hadi. Ditengah kesibukannya beliu masih menyempatkan diri untuk menghadiri acara Peningkatan Kapasitas Media Sosial KLHK Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)
Arahan Presiden Jokowi kegiatan yang sedang dan sudah dilakukan, segera diinformasikan secara cepat kepada masyarakat. Jangan menunggu lama.

Agenda prioritas pemerintah Jokowi terkait Nawa Cita, membangun Indoensia dari pinggiran, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan masyarakat pinggiran.

Dengan adanya pelatihan ini setiap pegawai yang memegang akun media sosial lingkup KLHK dapat mengoptimalkan penyebarluasan informasi, khususnya informasi kinerja UPT KLHK, agar publik selalu mendapatkan informasi terkini pembangunan bidang KLHK, seperti pesan Kepala Biro Humas KLHK, Ir. Djati Witjaksono Hadi, M.Si.

"Rekan-rekan pengelola medsos UPT sudah dibekali ilmu kelola medsos, silahkan diaplikasikan dengan baik untuk menyajikan informasi kinerja UPT KLHK, agar publik bisa sepalu mendapatkan info terkini perkembangan pembangunan bidang LHK." Jelas Kepala Biro Humas KLHK.

"Kita harus menjadi agen kehumasan di unit masing-masing kata MenLHK disampaiakan Kabiro Humas KLHK." pesan Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun