Eko Mauludin
Guru SD Negeri 33 Pontianak Barat
Pembelajaran yang Bermakna
Pembelajaran yang bermakna adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang signifikan dan relevan kepada peserta didik sehingga mereka dapat memahami dan mengaitkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki. Pendekatan ini menekankan pemahaman mendalam dan aplikasi konsep-konsep dalam konteks kehidupan nyata, daripada sekadar menghafal informasi tanpa makna.
Berikut beberapa prinsip dan karakteristik pembelajaran yang bermakna:
1. Relevansi Konteks:
Materi pembelajaran dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Konsep-konsep diajarkan dalam konteks yang relevan dengan pengalaman hidup peserta didik.
2. Aktivitas Berbasis Masalah:
Peserta didik diajak untuk memecahkan masalah nyata menggunakan konsep yang dipelajari.
Pembelajaran berpusat pada proyek atau tugas yang menantang.
3. Pemberian Arti:
Peserta didik diberi kesempatan untuk memberikan arti pada konsep-konsep yang dipelajari.
Hubungan antara konsep baru dengan pengetahuan sebelumnya dijelaskan.