Mohon tunggu...
Ekha Listiyawati
Ekha Listiyawati Mohon Tunggu... Guru - Guru BK

Saya seorang guru BK di SMP Negeri 1 Gajah Kab. Demak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

22 Januari 2023   13:00 Diperbarui: 22 Januari 2023   13:16 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salah satu tugas mahasiswa fakultas pendidikan adalah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), termasuk saya sebagai mahasiswa PPG Daljab 2022 Kategori 1 gelombang 2 jurusan BK di LPTK UKSW Salatiga. Berikut saya akan berbagi best practice dari pelaksanaan PPL Layanan Bimbingan Klasikal Metode Problem Based Learning dengan topik Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Gajah pada tanggal 12 Desember 2022. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam praktik ini yaitu melalui layanan bimbingan klasikal model problem based learning, peserta didik mampu mempunyai motivasi belajar yang tinggi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari praktik layanan BK ini adalah:

Berdasarkan hasil analisis AKPD, 67,3% peserta didik kelas VIII B masih malas untuk belajar. Akar penyebab masalahnya adalah rendahnya motivasi belajar pada diri peserta didik.

Ditambah dengan hasil penelitian sebelumnya oleh Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. ( 2017) menunjukkan bahwa ada perubahan nilai pada hasil pengisian angket motivasi belajar siswa pada saat belum menerapkan bimbingan klasikal model problem based learning dan sesudah menerapkan layanan bimbingan klasikal model problem based learning. 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena :

  • Untuk mengatasi permasalahan peserta didik  menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai dengan baik.
  • Dari hasil kajian literatur dan wawancara, guru mendesain pembelajaran inovatif menggunakan metode problem based learning untuk membantu mengatasi permasalahan peserta didik.
  • Selain berguna untuk memotivasi diri sendiri, praktik baik ini juga diharapkan dapat dijadikan referensi bagi rekan guru yang lain untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan layanan BK.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah :

  • Memberikan layanan bimbingan klasikal sesuai dengan Analisis Kebutuhan Peserta Didik.
  • Menerapakan model-model pelayanan BK inovatif yang sesuai dengan permasalahan yang dialami peserta didik.
  • Merancanag Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal dengan metode problem based learning.
  • Melaksanakan kegiatan layanan sesuai dengan RPL yang telah disusun sebelumnya.
  • Melakukan penilaian proses dan hasil.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan tersebut diantaranya:

  • Bagaimana caranya untuk membuat media layanan yang inovatif sehingga peserta didik lebih antusias dalam mengikuti layanan.
  • Kekurangmampuan dalam pengelolaan waktu yang terbatas.
  • Masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan layanan.
  • Kondisi ruangan yang kurang mendukung kegiatan layanan bimbingan klasikal akibat suara dari luar terdengar dan mengganggu.

Dalam praktik ini melibatkan beberapa pihak diantaranya adalah :

  • Kepala sekolah sebagai pemberi ijin dan memfasilitasi sarana prasarana sekolah untuk digunakan dalam praktik layanan bimbingan klasikal.
  • Rekan sejawat yang membantu dalam perekaman dan editing video.
  • Peserta didik kelas VIII B SMP N 1 Gajah
  • Dosen pembimbing dan guru pamong.

Langkah-langkah dan strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut antara lain:

  • Membuat media layanan yang menarik yaitu melalui slide power point dan link google form.
  • Memperbaiki manajemen dalam penggunaan waktu yang tepat.
  • Metode layanan BK yang digunakan harus sesuai dengan langkah-langkah.
  • Mengkondisikan suasana di luar kelas agar kegiatan layanan lebih kondusif.

Proses yang dilakukan dalam praktik layanan bimbingan klasikal ini menggunakan metode problem based learning, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengorientasi peserta didik pada masalah.
  • Mengorganisasi peserta didik untuk belajar.
  • Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
  • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

  • Kajian literatur dan wawancara
  • Materi layanan bimbingan klasikal melalui slide power point
  • Penilaian proses yang diisi melalui link google form
  • Alat perekam, laptop, LCD proyektor, dan ruang kelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun