Mohon tunggu...
Eka Nuryani
Eka Nuryani Mohon Tunggu... Guru - Guru Tetap Yayasan

Saya menyukai jalan - jalan terutama ke tempat pariwisata, menonton, makan, dan belanja.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practise Eka Nuryani

15 Februari 2024   12:50 Diperbarui: 15 Februari 2024   12:52 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) 

UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI STRUKTUR BUMI

 

A. Pendahuluan

Berdasarkan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran (PPL) Siklus 1 saya sebagai mahasiswa PPG menemukan masalah yaitu minat peserta didik dalam pembelajaran masih kurang dan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam pembelajaran saya sudah menggunakan media yang menarik serta sesuai dengan materi yang diajarkan, menerapkan model pembelajaran yang inovatif, dan memanfaatkan teknologi selama pembelajaran. Namun minat peserta didik dalam pembelajaran masih kurang ditandai dengan adanya 4 peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran terlihat sering melihat ke luar jendela dan tidak fokus ketika ditanya. Sedangkan untuk hasil penilaian kognitif berupa soal evaluasi (asesment formatif) pada materi energi dan perubahannya topik perubahan energi yang terdiri dari 26 peserta didik didapatkan data 17 peserta didik tercapai (65,38%) dan 9 peserta didik tidak tercapai (43,62%). Dari dua identifikasi tersebut, maka dipilih salah satu yang akan diselesaikan dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang rendah, maka guru menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

 

B. Pembahasan

Setelah dilakukan identifikasi masalah melalui refleksi diri, ditemukan beberapa tantangan yaitu : 1) peserta didik kurang memiliki minat dalam kegiatan pembelajaran, 2) peserta didik kurang memahami materi menggunakan model pembelajaran yang digunakan, 3) jaringan internet kurang stabil, 4) belum optimalnya guru dalam menerapkan model pembelajaran inovatif.

Untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu membuat perencanaan aksi dengan merancang rencana pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Sumber daya / materi yang diperlukan seperti modul ajar, bahan ajar, media, LKPD, dan asesmen. Peralatan yang digunakan seperti perekam video/gambar, perekam audio, alat editing, LCD, proyektor, gawai, laptop, speaker aktif, kabel olor.

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) membuat peserta didik lebih bersemangat dan tidak bosan karena dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk membuat proyek sederhana dan mempresentasikan hasil proyek di depan kelas. Hasil nilai belajar (soal evaluasi pembelajaran) terdiri dari 30 peserta didik didapatkan data 28 peserta didik tercapai (93,33%) dan 2 peserta didik tidak tercapai (6,67%). Melalui tugas proyek membuat lebih leluasa dalam mengeksplorasi materi/tugas, terlihat dari kreatifitas membuat proyek sederhana. Melalui presentasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum sehingga menambah rasa percaya diri.

C. Kesimpulan

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik karena ada proyek sederhana berupa media pop up struktur bumi yang dihasilkan. Selama proses membuat proyek sederhana maka diperlukan minat dan kreatifitas peserta didik yang tinggi, dan secara signifikan juga akan mempengaruhi hasil belajar. Sehingga penerapan model  pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi struktur bumi.

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id) 

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)

 

Daftar Pustaka

 

I Ketut Sudiatmika. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X RPL 1 SMKN 1 Negara Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari Jurnal Pendidikan Vol. 21 No. 1 (April 2020). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/694/522 

Wahyudi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis. Journal of Education Action Research, Vol. 5, No. 1, Tahun 2021, pp. 57-66. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/31997/17750 

Jhon Simon Rudi Simangunsong. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Jurnal Lingkar Pendidikan, Vol. 2 No. 2 Tahun 2023. https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/14888/5174

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun