Mohon tunggu...
Eka Nurita
Eka Nurita Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswi Magister Akuntansi Universitas Pamulang

Ibu dari 3 anak yang mempunya hobi Travelling

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Coffee Shop di Pasar Lokal

9 Oktober 2024   18:20 Diperbarui: 9 Oktober 2024   22:09 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
From IG Litericaresto

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis coffee shop mengalami pertumbuhan pesat dibeberapa kota besar maupun daerah di Indonesia. Coffee shop bukan lagi sekedar tempat menikmati minum kopi, tetapi telah berkembang menjadi ruang sosial, tempat bekerja, serta destinasi gaya hidup bagi masyarakat urban. Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah coffee shop, persaingan di pasar local juga semakin ketat. Untuk dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan , coffee shop harus meningkatkan strategi pemasaran yang tepat dan menarik untuk mempertahankan pelanggan.

Berikut beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan strategi pemasaran yang tepat dan menarik untuk mempertahankan pelanggan. :

1. Penggunaan Media Sosial dan Konten Kreatif

  • Coffee shop dapat menggunakan Instragram, Facebook, dan Tik Tok untuk mempromosikan produk. Seperti Foto menarik dari menu dan suasana Coffee shop atau Video Behind the scenes pembuatan kopi bisa menarik perhatian pelanggan.
  • Mengajak Food Blogger, Food Flogger maupun Influencer  untuk mengulas Coffee shop dapat meningkatkan eksposur dan menarik konsumen baru.

2. Innovasi menu dan Penyajian Kreatif

  • Dengan cara mengembangkan menu yang unik dengan menggunakan bahan-bahan lokal atau khas setempat akan memberikan Diferensiasi di pasar.
  • Menghadirkan penyajian yang estetik seperti latte art yang menarik

3. Kolaborasi dengan UMKM setempat

     Coffee shop dapat bekerjasama dengan UMKM setempat seperti Bakery, Florist atau yang sudah memliki Brand untuk menawarkan paket produk dan mengadakan event bersama.

4. Program Promo dan Loyalitas

     Menawarkan Promosi dan diskon khusus pada hari-hari tertentu dapat mendorong pelanggan untuk sering datang Kembali.

5. Desain interior yang nyaman dan Instagramable

     Coffee shop dengan desain yang menarik dan nyaman dapat membuat pelanggan betah berlama-lama dan menjadikan tempat pilihan untuk bekerja atau bersantai.

6. Pelayanan yang ramah dan personal.

     Dengan pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai dan bisa meningkatkan loyalitas.

7. Memanfaatkan teknologi dan Aplikasi.

     Coffee shop dapat mengintegrasikan dengan aplikasi online atau membuat website yang informatif dan mudah digunakan, sehingga dapat memudahkan dalam menjangkau pelanggan yang lebih banyak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun