1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Belajar adalah petualangan seumur hidup, perjalanan eksplorasi tanpa akhir untuk menciptakan pemahaman personal atau pengenalan jati diri kita sendiri. Belajar bukan hanya mencari jawaban-jawaban, juga bukan hanya mengetahui serpihan dan penggalan dari suatu batang tubuh pengetahuan. Masa depan adalah milik mereka yang mampu untuk tetap berlatih dan belajar (Daniel dalam Rose & Nicholl, 1997). Jadi belajar adalah suatu proses yang terus menerus untuk mencari jati diri dalam upaya untuk dapat bertahan dan memaknai kehidupan.
Belajar sebagai sebuah proses, baik formal maupun non-formal merupakan bagian dari suatu sistem yang disebut pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan sebagai salah satu wahana dalam upaya mengembangkan sumber daya insani sepatutnya mendapat perhatian secara terus menerus dalam upaya peningkatan mutunya. Peningkatan mutu pendidikan berarti pula peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Keberhasilan dalam meningkatan mutu SDM merupakan cermin keberhasilan suatu bangsa dalam upaya memajukan peradaban manusia.
Indonesia sebagai suatu bangsa juga wajib mengutamakan pendidikan sebagai modal dasar dalam pembangunan peradaban manusia. Berbagai upaya dalam rangka mereformasi pendidikan terus dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan berbagai elemen yang erat kaitannya dengan pendidikan. Salah satunya adalah memperbaharui kurikulum secara rutin. Namun hal ini tetap tidak bisa mengurai masalah pendidikan di Indonesia yang sepertinya sudah menjadi “benang kusut”. Yang paling akhir adalah dicabutnya kembali pemberlakuan kurikulum 2013, setelah diterapkan selama 1 semester (kecuali sekolah yang telah menerapkan selama 3 semester). Jika kita renungkan kembali ada hal mendasar yang perlu diperbaiki bukan hanya sekedar pergantian kurikulum yaitu dari sisi siswa dan guru, karena merekalah yang menjadi bagian inti dari sistem pendidikan, sedangkan kurikulum adalah kendaraan untuk menuju tujuan dari pendidikan itu.
Sudah banyak ulasan dari berbagai pihak terutama para ahli pendidikan mengenai perbaikan pendidikan Indonesia. Salah satunya yang terjadi saat ini adalahpenyeragaman pendidikan, bahkan tanpa kita sadari hal ini terkadang membuat anak didik kita merasakan ketidaknyamanan dalam mengenyam pendidikannya. Padahal hal ini akan berdampak pada psikologi siswa yang akan menjadi antipati dalam belajar.
Sesuai uraian di atas maka perlu kita pikirkan bersama bagaimana menemukan solusi dari semua permasalahan tersebut, sehingga akan tercipta sebuah sistem pendidikan yang akan memberikan kenyamanan serta kebahagian semua pelaku pendidikan. Dalam tulisan ini akan diberikan beberapa uraian yang nantinya diharapkan menjadi landasan dalam reformasi pendidikan sehingga menciptakan pendidikan yang berkualitas di Indonesia.
2. PEMBAHASAN
2.1. Peranan Guru dalam Menunjang Reformasi Pendidikan
Kaisar Jepang Hirohito ketika kalah pada perang dunia ke dua tahun 1945 menanyakan kepada para menterinya pertama kali adalah “Berapa banyak guru yang masih hidup?”. Setelah itu Jepang melesat begitu pesatnya dalam bidang ekonomi, bahkan lebih maju sebelum mereka kalah. Hal ini diakibatkan karena mereka memiliki kesadaran pendidikan dan secara konsisten membangunnya dengan visi pendidikan yang jelas.
Dari kisah di atas dapat kita ambil hikmah bahwa pendidikan menjadi pondasi dasar untuk pembangunan dalam segala bidang kehidupan. Guru merupakan ujung tombak dari pendidikan itu sendiri, kualitas guru akan menentukan arah pendidikan tersebut (Runtuwene, 2011). Dalam mengemban visi dan misi pendidikan Guru dituntut mampu menjadi insan yang kreatif dalam membelajarkan anak didik. Menerapkan model pembelajaran yang variatif, sehingga anak didik akan menjadi bahagia dalam mengikuti proses pendidikan tersebut. Guru juga diharapkan dapat selalu “mendengarkan dari dekat” apa yang dikehendaki anak, sehingga guru akan mampu menyelami apa yang menjadi keinginan anak dalam belajar (Stefee, 1996)
Berbicara mengenai peranan guru dalam proses reformasi pendidikan, ini tidak lepas dari berbagai kompetensi guru yang harus dikuasai, diantaranya adalah kompetensi pedagogis dan profesional.Kompetensi pedagogis menuntut guru agar memiliki seni dalam membelajarkan siswa, kreatif memilih media pembelajaran serta memberikan penilaian se-obyektif mungkin kepada siswa. Kompetensi profesional mewajibkan guru mampu menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam.
Terkait dengan reformasi pendidikan mari kita cermati apa yang dilakukan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia yaitu Finlandia. Mereka melakukan reformasi di bidang pendidikan sejak akhir tahun 1970an hingga awal tahun 1980an. Kemdikbud (2014) menyebutkan terdapat 3 fase yang dilakukan oleh Finlandia dalam mereformasi pendidikan yaitu Berpikir ulang tentang dasar-dasar teoritis dan metodologis persekolahan, Peningkatan melalui platform berjejaring dan perubahan yang dikelola secara mandiri oleh satuan pendidikan, Efisiensi administrasi dan struktur pendidikan dan persekolahan. Reformasi pendidikan di Finlandia dilepaskan dari kepentingan poitik. Pemerintah yang berganti-ganti tidak membatalkan arah reformasi. Beberapa poin penting pendidikan Finlandia setelah reformasi pendidikan dilaksanakan diantaranya: Guru adalah profesi yang sangat dihormati dan memiliki otonomi dalam mengendalikan konten dan arah pembelajaran, Pendidikan berusaha mengejar kesetaraan bukan kesempurnaan dan mendorong kooperasi bukan kompetisi, serta Finlndia menggunakan close loop system yang mendukung lifelong learning.
Melihat kesuksesan yang diperoleh Finlandia tidak ada salahnya kita mengikuti jejak mereka dalam mengelola pendidikan yang salah satunya menjadikan guru sebagai pemilik konten dan arah pembelajaran. Dengan sistem pendidikan yang ada saat ini dimana siswa dituntut agar memiliki kemampuan yang sama dan diwaktu yang sama, maka perlu para guru perlu memikirkan inovasi pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih tertarik dalam belajar.
Ki Hajar Dewantara (dalam Kemdikbud, 2014) mengatakan bahwa “jangan menyeragamkan hal-hal yang tidak perluatau tidak bisa diseragamkan. Perbedaan bakat dan keadaan hidup anak dan masyarakat yang satu dengan yang lain harus menjadi perhatian dan diakomodasi”. Hal ini berarti bahwa anak didik kita memang memiliki perbedaan baik gaya belajarnya maupun kemampuan mereka dalam memahami pembelajaran yang diberikan di kelas, sedangkan secara tidak sadar kita membatasi mereka dengan waktu yang diberikan di kelas. Khan (2012.a) mengatakan bahwa guru lebih tertarik untuk memamerkan kemampuannya disamping itu kebanyakan dari guru lebih sering tidak sabar dan cenderung merendahkan anak didik ketika mereka tidak memahami dengan cepat. Ini akan menambah dampak psikologi anak didik kita sehingga mereka cenderung untuk membenci guru dan mata pelajaran tersebut. Kita harus sadari bahwa terkadang siswa kita hanya bisa fokus selama 15 menit awal di dalam pembelajaran yang kita berikan. Artinya kita perlu memberikan waktu lebih diluar jam pelajaran agar siswa memahami pembelajaran yang kita berikan, dimanapun mereka inginkan dan kapanpun mereka berkehendak untuk belajar. Pola pembelajaran seperti ini perlu dibangun dan dikembangkan sebab model pendidikan yang sudah kita jalani sejak berabad-abad lalu hanya mementingkan aspek ekonomis tanpa melihat kenyamanan anak didik itu sendiri sebagai objek dari pendidikan.
Untuk mewujudkan ide tersebut guru sudah seharusnya dapat memanfaatkan teknologi dalam mendukung pembelajaran di kelas sehingga mampu mengelola konten dan arah pembelajaran yang dimaksud. Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, berbagai media baik sifatnya gratis (free) ataupun berbayar (premium) yang berkaitan dengan dunia pendidikan harusnya mampu memberikan inspirasi bagi guru sehingga mampu menyederhanakan proses pembelajaran yang ada di kelas. Internet sebagai produk dari teknologi harus memberikan dampak yang positif bagi dunia pendidikan. Dengan internet, pembelajaran sebenarnya bisa dibagi menjadi lebih pendek dan sisanya akan disampaikan di luar kelas. Jadi apa yang kita lakukan dengan waktu kelas? Di sini kita bisa memberikan inspirasi tentang humaniora, sehingga waktu di kelas sepenuhnya ditujukan untuk diskusi yang dimoderatori guru. Pada pembelajaran teknik atau sains, waktu di kelas dapat digunakan bagi siswa untuk bersama-sama menangani pertanyaan-pertanyaan yang lebih menantang atau proyek (Khan, 2012.b). Poin utama adalah bahwa ketika manusia berkumpul untuk belajar, kita harus mengganti pasif dengan interaktivitas.
Selanjutnya adalah langkah kongkrit yang dapat dilakukan guru dalam rangka mengubah paradigma pendidikan yang tidak terbatas ruang dan waktu adalah bagaimana guru mampu memanfaatkan media yang ada dalam menunjang pembelajaran siswa di kelas ataupun di luar kelas. Guru dapat membentuk komunitas belajar dengan siswanya melalui media sosial yang berbasis pendidikan sehingga komunikasi itu akan dapat berjalan sepanjang waktu yang memiliki fleksibilitas dari segi ruang. Ada beberapa media yang dapat dimanfaatkan guru seperti blog, facebook, ataupun google+ yang bersifat opensourcebagi penggunanya. Ada pula media yang memang khusus untuk pendidikan seperti moodle dan quipper school. Media ini akan memberikan kemudahan bagi guru dalam memberikan pembelajaran kepada anak didik, menambahkan tugas, serta melihat kemajuan pendidikan anak didik. Dengan teknologi seperti ini siswa tidak akan menjadi terikat dalam belajar, mengumpulkan tugas serta mengikuti ulangan atau ujian karena mereka dapat mengerjakananya dalam rentang waktu yang terbatas hanya di kelas saja.
Dengan desain pembelajaran yang berbasis e-learning seperti di atas anak didik akan lebih termotivasi karena diberikan kesempatan yang lebih luas dalam mengembangkan dirinya. Berikut adalah perbedaan sistem pembelajaran tradisional (seperti yang kita lakukan sekarang umumnya) dengan sistem pembelajaran modern (tanpa batas ruang dan waktu).
Tabel 1. Perbedaan antara Pembelajaran Tradisional dan Modern
Pembelajaran Tradisional
Pembelajaran Modern
Terbatas di ruang kelas dengan waktu yang sudah ditentukan.
Tidak terbatas ruang dan waktu karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
Siswa cenderung cepat bosan dengan metode yang digunakan yang mengharuskan dalam 2 atau 3 jam pelajaran mampu memahami seluruh pelajaran yang diberikan
Siswa menjadi lebih nyaman dalam belajar karena diberikan kesempatan yang luas dalam memahami pembelajaran tidak hanya 2 atau 3 jam pelajaran tapi siswa dapat menggali kembali pemahamannya di luar kelas
Siswa cenderung menjadi individu yang teks book karena pembelajaran di dalam kelas lebih menekankan pada hafalan mengingat waktu yang diberikan tidak sepadan dengan banyak kompetensi yang harus dikuasai
Siswa akan menjadi individu yang kreatif dalam menemukan sousi terhadap permasalahan, hal ini disebabkan pengembangan materi pembelajaran ada di luar kelas sementara didalam kelas terfokus pada kegiatan yang sifatnya pembentukan karakter dan pemecahan masalah
Guru lebih sering memposisikan diri sebagai knowledge transfer, hal ini diakibatkan oleh tuntutan yang harus dipenuhi oleh kurikulum sehingga jarang seorang guru berposisi sebagai mediator ataupun fasilitator meskipun kadang terlihat.
Guru lebih memposisikan diri sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa sebab pengetahuan sudah didapatkan siswa melalui pemantapan materi pembelajaran di luar kelas dengan media yang berbasis sosial media yang dipandu oleh gurunya. Kelas akan menjadi lebih dinamis dan terfokus pada masalah humaniora dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Proses komunikasi antara siswa dan guru lebih minim dan terbatas hanya pada materi pembelajaran yang diberikan
Proses komunikasi antara siswa dan guru menjadi lebih fleksibel dan memberikan kesempatan pada guru untuk mendengar lebih banyak keluh kesah siswa mengenai permasalahn yang sering dihadapinya. Guru dapat menjawab sewaktu-waktu pertanyaan dari siswa tanpa harus menunggu bertemu di sekolah
Guru hanya dapat menilai perkembangan anak selama pembelajaran berlangsung atau paling tidak selama jam sekolah berlangsung.
Guru meiliki kesempatan yang luas untuk menilai perkembangan anak apalagi media berbasis moodle atau quipper school dapat merekam jejak kemampuan mereka termasuk kerajinan mereka dalam mengerjakan tugas yang diberikan ataupun dari diskusi-diskusi di luar kelas yang dilakukan
Melalui reformasi dibidang pendidikan dan pembelajaran ini diharapkan guru akan mampu mengambil peran yang strategis didalamnya sehingga akan mampu mengembalikan fungsi guru yang sesungguhnya yaitu memberikan inspirasi bagi semua anak didiknya. Dengan reformasi ini pula kita akan dapat mengembalikan sekolah itu menjadi taman yang menyenangkan dan membahagiakan bagi siswanya sehingga akan tumbuh insan yang berkarakter dan memiliki tujuan hidup yang jelas.
2.2. Homeschooling Terintegrasi sebagai Alternatif Pendidikan Modern
Setiap hari sekolah, jutaan siswa bergerak serempak dari kelas ke kelas di mana mereka melakukan pembelajaran 4 sampai 5 jam. Meskipun hal ini adalah hal yang biasa dimana ada 20 sampai 50 anak didik di dalam ruangan, namun terkadang ada sedikit interaksi yang aktual. Model pendidikan ini sudah sangat umum dan juga kita telah menerimanya sebagaimana adanya. Selama berabad-abad, system ini telah menjadi cara yang paling ekonomis untuk "mendidik" sejumlah besar siswa.
Sekolah yang selama ini kita pikir harus berada di tempat dan ruangan yang berbeda selain di rumah ternyata bisa juga terjadi di kediaman kita. Asosiasi yang kemudian muncul biasanya adalah tentang home schooling. Trend saat ini memang pendidikan home schooling menjadi anti tesis dari sebuah kebiasaan tradisional yang sudah berlangsung sejak lama bahwa sekolah adalah sekolah dan rumah adalah rumah. Sekolah adalah tempat seseorang belajar dan bertemu dengan seorang guru, sedangkan, rumah adalah tempat seorang beristirahat. Lalu, bagaimana jika kemudian dikembangkan sebuah metode baru yang mengandalkan teknologi masa kini bahwa belajar tetap di sekolah dan rumah adalah sebuah tempat memperdalam ilmu yang dipelajari atau yang tidak diserap ketika seorang siswa berada di sekolah?
Seperti yang telah disampaikan di atas perlu adanya transformasi model pendidikan yang ada sekarang ini. Khan (2012.a) mengatakan bahwa tidak perlu membenturkan antara pendidikan di sekolah regular dengan homeschooling dalam artian bahwa pendidikan di sekolah masih tetap diperlukan, dimana bagian-bagin pelajaran yang tidak bisa terlalu diserap oleh anak didik disekolah dapat dimaksimalkan melalui kegiatan belajar di bus, di taman, ataupun dirumah tanpa batas waktu. Hal ini justru lebih efektif karena siswa yang sudah paham bisa langsung berlanjut ke materi selanjutnya. Khan (2012.a) juga menekankan bahwa tidak bisa menafikan peranan guru sebagai pembimbing anak didik, hanya saja sebagai guru dituntut menjadi lebih kreatif dalam membelajarkan anak didik serta menunjukkan kesabaran dalam membimbing anak didiknya.
Perlu digaris bawahi homeschooling yang dimaksud disini adalah model pendidikan di luar jam sekolah dengan memanfaatkan teknologi sehingga siswa merasa tetap belajar disekolah bersama komunitas kelasnya. Homeschooling ini nantinya akan berintegrasi dengan kegiatan persekolahan yang sudah biasa dilakukan sehingga diharapkan akan memberikan tambahan pengetahuan melalui kegiatan-kegiatan yang lebih bermakna.
Melalui inovasi pembelajaran yang dilakukan guru maka pola sekolah regular dan homeschooling yang terintegrasi akan dapat diwujudkan. Guru dapat membuat video pembelajaran yang berisikan tentang konsep-konsep yang harus dikuasai oleh anak didik dan menguploadnya ke youtube ataupun mengintegrasikannya ke dalam moodle. Sifat moodle yangmerupakan media sosial di bidang pendidikan akan memberikan kesempatan siswa mendiskusikan materi yang telah di lihatnya. Disini juga akan terjadi komunikasi dan interaksi seperti di sekolah regular dan tentu saja guru juga bisa menjadi pembimbing dalam diskusi tersebut. Jika memang dalam diskusi belum menemui titik temu, maka diskusi ini bisa dilanjutkan pada pertemuan tatap muka di kelas.Hal ini sangat membantu dalam menuntaskan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dengan waktu yang tersedia menjadi lebih banyak dibandingkan sistem pendidikan tradisional.
Melalui media yang inovatif seperti moodle guru akan dapat memberikan tugas kepada siswa setiap saat dan siswa diberikan kesempatan mengumpulkannya setiap saat namun tetap memberikan batas akhir.Namun batas akhir yang diberikan menjadi lebih fleksibel karena tidak harus bertemu guru secara langsung namun cukup mengupload apa yang telah dikerjakannya dalam batas waktu yang diberikan. Media pembelajaran moodle atau sejenisnya akan mampu merekam aktivitas siswa setiap harinya sehingga guru juga bisa menilai aspek sikap dari siswa misalnya kerajinan dan tanggung jawabnya. Guru juga akan dapat merevisi atau menambahkan materi pembelajaran setiap saat sehingga siswa dapat mendiskusikannya setiap saat.
Konsep homeschooling seperti yang dipaparkan di atas sangat menuntut juga peran orang tua yang seharusnya sebagai bagian yang paling dekat dengan anak didik itu sendiri. Kemdikbud (2014) menyataka
n bahwa keluarga sebagai salah satu dari trisentra pendidikan adalah tempat pendidikan yang pertama dan utama. Kinerja akademik anak di sekolah pun sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar sekolah, utamanya di rumah. Sangat penting untuk melibatkan orangtua secara aktif dalam proses pendidikan anak didik agar pembelajaran yang diterima anak bisa selaras dan tidak saling menegasikan. Perlu disebarkan program-program yang mendukung orangtua mendapatkan panduan dan bimbingan dalam mengawal proses pendidikan dan tumbuh kembang anaknya. Ini mengakibatkan juga interaksi antara guru, orang tua dan sekolah mutlak diperlukan dalam proses transformasi pendidikan ini.
Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengintegrasikan antara pendidikan sekolah dan homeschooling sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
Tabel 2.Fungsi Pendidikan Sekolah maupun Pendidikan Homeschooling
Pendidikan Sekolah
Pendidikan Homeschooling
Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermakna dalam membangun soft-skill dari peserta didik seperti interaksi sosial, pemecahan masalah dan kegiatan-kegiatan keemimpinan
Kegiatan difokuskan pada penanaman konsep-konsep setiap kompetensi dan diskusi bersama orang tua dan gurunya melalui media yang berbasis teknologi
Pembelajaran dilaksanakan dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan
Pembelajaran dilaksanakan di luar jam sekolah reguler baik di bus, taman ataupun di rumah.
Guru menjadi motivator dan inspirator bagi anak didik dalam mengembangkan dirinya dan mewujudkan cita-citanya. Guru menjadi pembimbing yang sabar jika siswa masih kurang mampu dalam memahami konsep.
Guru menjadi fasilitator bagi pengerjaan tugas yang diberikan dan ikut dalam diskusi-diskusi yang dilakukan siswa
Penilaian siswa difokuskan pada interaksi sosial dan keaktifan dalam menyampaikan sebuah masalah ataupun memberikan pemecahan masalah atas masalah yang diberikan disamping penilaian kognitif
Penilaian siswa difokuskan pada tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Penilaian juga dilakukan terhadap ketepatan siswa dalam mengumpulkan tugas-tugas.
Dari uraian di atas terlihat bahwa antara pendidikan di sekolah regular maupun homeschooling sama-sama saling melengkapi sehingga siswa akan mampu menyerap pelajaran secara maksimal disamping mampu mengembangkan kemampuan personal dan sosialnya.
3. SIMPULAN
Belajar merupakan sebuah proses, baik formal maupun non-formal merupakan bagian dari suatu sistem yang disebut pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan sebagai salah satu wahana dalam upaya mengembangkan sumber daya insani sepatutnya mendapat perhatian secara terus menerus dalam upaya peningkatan mutunya.Peningkatan mutu pendidikan mutlak dilakukan melalui sebuah kegiatan yang salah satunya adalah mereformasi sistem pendidikan itu sendiri.
Untuk mewujudkan reformasi pendidikan tersebut maka, guru sudah seharusnya dapat memanfaatkan teknologi dalam mendukung pembelajaran di kelas sehingga mampu mengelola konten dan arah pembelajaran. Langkah kongkrit yang dapat dilakukan guru dalam rangka mengubah paradigma pendidikan yang tidak terbatas ruang dan waktu adalah bagaimana guru mampu memanfaatkan media yang ada dalam menunjang pembelajaran siswa di kelas ataupun di luar kelas. Guru dapat membentuk komunitas belajar dengan siswanya melalui media sosial yang berbasis pendidikan sehingga komunikasi itu akan dapat berjalan sepanjang waktu yang memiliki fleksibilitas dari segi ruang.
Melalui inovasi pembelajaran yang dilakukan guru maka pola sekolah regular dan homeschooling yang terintegrasi akan dapat diwujudkan. Guru dapat membuat video pembelajaran yang berisikan tentang konsep-konsep yang harus dikuasai oleh anak didik dan menguploadnya ke youtube ataupun mengintegrasikannya ke dalam moodle.
4. DAFTAR RUJUKAN
Kemdikbud.2014. “Gawat Darurat Pendidikan Indoensia”. Makalah diseminarkan tanggal 1 Desember 2014 dalam silaturahmi dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia.
Khan, Salman. 2012.a. The One World Schoolhouse. New York: Twelve Hachette Book Group
Khan, Salman. 2012.b. Why Long Lectures Are Ineffective. Tersedia pada http://ideas.time.com/2012/10/02/why-lectures-are-ineffective/
Rose, C.& Nicholl, M.J. 1997. Accelerated Learning for the 21st Century. Bandung: Nuansa.
Runtunewe, Lastiko. 2011. “Kebijakan Reformasi Pendidikan Indonesia”. Makalah diseminarkan tanggal 3 Desember 2011 di Universitas Negeri Yogyakarta
Steffe, LeslleP. 1996. Theories of Mathematical Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H