Oleh : Eka Feby SetiasariÂ
NIM : 1903016092
PAI 4 C
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
UIN Walisongo Semarang
A. PENDAHULUANÂ
Sosial Media itu adalah sebuah tempat untuk melakukan aktifitas bersosialisasi berbaur dan bergabung dengan orang lain. Tidak heran, jika mendengar kata Sosial Media maka pikiran orang orang tentu akan langsung tertuju pada Internet, Facebook, Twitter, Blogging, youtube dan semua fasilitas fasilitas lainnya yang menjembatani hubungan dan interaksi antar manusia.
Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dan lain - lain. Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi pelajar, karena dengan menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi-informasi secara cepat dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media dapat dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya, terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat diakses dari internet ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan tapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs porno. Begitu pula dengan jejaring sosial, jejaring sosial dapat menimbulkan kurang pekanya remaja dalam lingkungan terdekatnya karena mereka hanya terpaku dengan apa yang ada didalam gadget mereka.
Dengan adanya internet dan jejaring sosial yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk membahas topik ini, sekaligus menganalisis dampak media sosial terhadap pelajar. Pada esai ini penulis akan mencoba mengaitkan pengaruh internet dan media sosial bagi pelajar terhadap perilaku belajar berdasarkan teori perkembangan psikososial yang dikembangkan oleh Erik Erikson.
B. ISI / PEMBAHASAN DAN SOLUSI