Mohon tunggu...
Eka MP
Eka MP Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis - Blogger

Pecandu Teh dan Penikmat Buku

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel Kelir dan Prasa Lahir dari Misteri Berbalut Politik

14 November 2023   22:03 Diperbarui: 14 November 2023   22:13 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saya sedikit memiliki pemahaman tentang kejawen karena ayah dulu saya sering bercerita tentang orang-orang Jawa penganut kejawen. Tapi tak banyak memang orang yang tahu. 

Dalam novel Kelir, Yon Bayu Wahyono ingin menjelaskan arti kejawen yang sebenarnya melalui kisah makam keramat yang tiba-tiba marak bermunculan sekitar tahun 70an. Latar belakang misteri inilah yang menjadi awal penelitian hingga terbitlah Novel Kelir. 

Menurut Sunu Wasono, politik ikut bermain dalam keyakinan yang ada di masyarakat. Menunggangi kepercayaan masyarakat sebagai alat legitimasi kekuasaan. 

Prasa

Kreasi pribadi 
Kreasi pribadi 

Sementara Novel Prasa memiliki latar belakang politik yang lebih eksplisit. Berawal dari sebuah tugas yang dibebankan kepada Probo Subagyo untuk menggusur sejumlah perkampungan. Namun disaat banyak korban berjatuhan akibat tindakan tersebut dia justru menyelamatkan dan membawa pulang seorang anak perempuan yang diberi nama Prasa. 

Doc pribadi 
Doc pribadi 

Nukilan Prasa dibacakan oleh Davie Matahari dengan penuh perasaan. Membuat pendengar ikut merasakan angin sepoi-sepoi yang menerpa gadis kecil dalam kisah tersebut. 

Bedah Novel Prasa oleh Isson Khairul seorang mantan jurnalis. Novel ini berisi tentang kejahatan kemanusiaan, tentang seorang gadis bernama Prasa yang mempertanyakan eksistensi dirinya di tengah keluarga Probo Subagyo, serta tentang setiap orang terlahir baik ketika menjadi jahat ada faktor di luar dirinya yang membuat dirinya menjadi jahat. 

Isson Khairul juga mengatakan Novel Prasa memiliki unsur drama dan politik yang kental. Antara kecamuk emosi Prasa mengetahui jati dirinya serta tragedi yang dihadapi keluarganya dan orang -orang di kampungnya. Bagaimana emosi ketika Prasa tergambar dengan apik melalui dialog saat mengetahui bahwa ayah angkatnya meninggal dunia. Orang yang membesarkannya adalah pembunuh ayah kandungnya. 

Acara peluncuran Novel Kelir dan Prasa yang dipandu moderator Nuyang Jaimee dan MC, Nanang R. Supriyatin ini diakhiri dengan ditanggung jawaban proses kreatif oleh penulis dan penyerahan fisik Novel sebagai tanda sahnya kedua novel diluncurkan. 

Setelah menyimak bedah novel ini saya mengambil kesimpulan, meskipun novel Kelir dan Prasa tidak memiliki kaitan secara isi namun keduanya memiliki benang merah bahwa yang kita lihat belum tentu yang sebenarnya terjadi. Orang yang kita tuduh melakukan ini itu hanyalah wayang yang tampak di mata orang namun dalang di balik kelir sulit diungkapkan karena penonton tersihir terkesima dengan tokoh -tokoh yang berseliweran silih berganti memainkan perannya. Kita sering kali lebih sibuk mengomentari jalinan cerita dan karakter para tokoh hingga lupa menyibak siapa dalang di balik semua itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun